in , ,

10 Pilihan Kuliner Enak di Car Free Day Malang yang Bikin Ngiler

Berburu Kuliner di Ijen Car Free Day Malang

Apa sih kegiatan seru yang biasa Teman Traveler lakukan saat hari minggu pagi? Jangan terus-terusan bangun siang dan bermalas-malasan, cobalah untuk olaharaga dan menikmati udara segar. Jika Teman Traveler ada di Malang, langsung datang ke Car Free Day di sepanjang Jalan Ijen hingga Simpang Balapan. Puas berolahraga sempatkan untuk mengisi perut dengan berbagai macam kuliner enak. Dari yang khas hingga unik semuanya ada. Apa saja pilihannya? Simak ulasan berikut ini. 

Baca juga : Sigale Gale Carnival 2019, Budaya Samosir Bersatu dengan JFC

1. Sate 

Sate di CFD Malang (c)Hadfina Ella/Travelingyuk
Sate di CFD Malang (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Di Ijen Car Free Day, Teman Traveler akan menemukan beberapa penjual sate. Salah satu yang enak dengan bumbu kacang nikmat adalah penjual dengan rombong merah. Ada tulisan yang menyatakan harga Rp12.000 di bagian gerobaknya. Wangi asap khas sate sudah tercium dari kejauhan, dan begitu mencoba rasanya memang enak. 

2. Tahu Walik 

Tahu walik CFD Malang (c) Hadfina Ella/Travelingyuk
Tahu walik CFD Malang (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Dari sekian banyak jajajan yang ada di spot kuliner Malang ini, Tahu Walik adalah yang paling menyita perhatian. Bentuknya unik dan terkstur yang krispi begitu gurih ketika digigit. Penjual tahu walik pun banyak dan beberapa menyediakan menu dengan beragam isian. 

3. Soto Ayam Kuah Bening 

Soto Ayam Kuah Bening (c)Hadfina Ella/Travelingyuk.com
Soto Ayam Kuah Bening (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Soto Ayam Kuah Bening ini selalu ramai pengunjung. Sepanjang perjalanan, baru menemukan satu penjual saja. Hidangannya menyerupai soto pada umumnya dengan kuah yang lebih segar. Porsinya pun mini dan dihidangkan dalam mangkuk berukuran kecil. 

4. Soto Ayam Ceker 

Soto Ayam Ceker (c) Hadfina Ella/Travelingyuk
Soto Ayam Ceker (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Soto bisa jadi pilihan yang pas untuk sarapan. Kuahnya yang segar dengan isrisan daging ayam maupun sapi adalah kenikmatan tersendiri. Selain Soto Kuah Bening, ada juga Soto Ayam Ceker. Porsinya disediakan dalam mangkok ukuran biasa dengan porsi yang melimpah. Pembeli bisa menambahkan ceker yang dimasak dengan bumbu spesial. 

5. Pecel 

Pecel di CFD Malang (c) hadfina Ella/Travelingyuk
Pecel di CFD Malang (c) hadfina Ella/Travelingyuk

Di Malang, pecel adalah kuliner yang lumrah disantap untuk sarapan. Teman Traveler bisa menemukan penjual di pinggir jalan saat pagi. Begitu juga di CFD Malang, penjual pecel dengan berbagai macam lauk cukup banyak. Teman Traveler tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan selera. Lebih mantap lagi saat disandingkan dengan minuman segar seperti es jeruk. 

6. Klepon 

Klepon CFD Malang (c) Hadfina Ella/Travelingyuk
Klepon CFD Malang (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Pernah dengar dengan kuliner bernama klepon? Jajanan ini berbentuk bulat dengan bagian dalam berisi cairan gula merah. Sensasi saat menggigit klepon adalah ketika gulanya lumer di mulut. Di CFD ada Klepon Gajayana yang terkenal enak, bahkan saat kontributor Travelingyuk datang ke sana sektar pukul 8 pagi, kuliner legendaris ini sudah hampir habis. 

7. Manisan Medan 

Manisan Medan (c) Hadfina Ella/Travelingyuk
Manisan Medan (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Kalau enggan dengan yang berat atau gurih, bisa pilih asinan khas medan yang segar. Jenis buahnya pun banyak, ada anggur, mangga, pepaya, salak dan masih banyak lainnya yang pastinya menggiurkan. Kuliner ini sudah dibungkus plastik, jadi bisa langsung dibawa pulang.  

8. Siomay 

Siomay CFD Malang (c) Hadfina Ella/Travelingyuk
Siomay CFD Malang (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Siomay adalah kuliner yang enak disantap di segala suasana, baik untuk sarapan maupun makan malam. Teman Traveler bisa menemukan kuliner ini saat seru-seruan di cfd Malang. Hidangan yang disajikan dengan berbagai macam sayuran dan siraman saus kacang adalah pilihan nikmat setelah jogging atau ikut senam. 

9. Bubur Ayam 

Bubur Ayam CFD Ijen (c)Hadfina Ella/travelingyuk
Bubur Ayam CFD Ijen (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Kalau ditanya menu sarapan, biasanya tidak jauh dari bubur ayam bukan? Nah, kalau Teman Traveler ke Jalan Ijen saat hari minggu pagi, pasti bisa menemukan banyak penjual bubur ayam yang enak. Letak tepatnya ada di samping Mesueum Brawijaya. Tinggal pilih menu bubur ayam dengan berbagai macam lauk tambahannya.  

10. Es Asap 

Es Asap (c) Hadfina Ella/travelingyuk
Es Asap (c) Hadfina Ella/Travelingyuk

Kuliner terakhir adalah es asap. Dari namanya saja sudah unik dan bikin penasaran. Secara tampilan memang tersaji dalam porsi mangkuk kecil yang berisi berbagai macam snack. Uniknya, kuliner ini disajikan setelah disiram dengan nitrogen cair. Efek asap yang ditimbulkan membuat makanan ini jadi nampak lucu dan instagramable

Itulah beberapa pilihan kuliner yang bisa Teman Traveler coba saat berkunjung ke CFD Malang. Tentu saja, masih banyak pilihan kuliner lain yang patut dicoba. Ayo datang langsung ke sana dan pilih sendiri kuliner favoritmu.  Next

ramadan

Nikmati Indahnya Malam Lombok di Taman Sangkareang Mataram

Songgoriti, Nikmati Pemandian dan Candi dalam Satu Tempat