in , ,

Kebun Raya Cibinong, Menikmati Suasana dan Pemandangan Alam di Bogor

Kebun Raya Cibinong menawarkan pemandangan dan suasana alam yang asri di kota Bogor, terdapat danau yang indah dan tepinya cocok untuk piknik.

Kebun Raya Cibinong

Para warga Bogor atau sekitarnya, seperti Jakarta, yang ingin berlibur bersama keluarga tanpa harus mengeluarkan biaya banyak, bisa banget berkunjung ke Kebun Raya Cibinong. Di tempat wisata ini, kamu dan keluarga bisa menikmati keindahan alam, sekaligus berwisata edukasi.

Baca juga : Gunung Andong, Pendakian Ramah Pemula dan Memanjakan Mata

Letaknya berada di Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 46, Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kamu bisa berkunjung mulai pagi sampai sore, karena buka setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Nah, ada apa saja sih di Kebon Raya Cibinong yang bisa kamu nikmati? Simak ulasannya ya!

Danau Dora dengan Jembatan Instagenic

Hal yang paling menarik perhatian banyak wisatawan di Kebun Raya Cibinong adalah danaunya. Ada 3 danau, ialah Danau Dora, Danau Dori, dan Danau Walini. Ketiganya indah, namun yang menjadi primadona adalah Danau Dora. Danau buatan ini memiliki panjang 700 meter dengan lebar sekitar 10-50 meter. Kedalamannya dibuat hanya sekitar 1 meter, sehingga cukup aman saat wisatawan berada di dekatnya.

Tempat wisata di Bogor
Foto via Instagram

Terdapat jembatan kayu yang berada di tengah-tengah danau, sehingga memungkinkan kamu berjalan di atasnya sembari menikmati keindahan danau. Jangan lupa untuk mengambil foto di sini, instagenic banget! Kamu juga bisa melihat betapa indahnya bunga teratai yang tersebar di atas air danau. Airnya yang jernih, memungkinkan kamu untuk melihat ikan-ikan yang ada di bawah air.

Berwisata Edukasi dengan Mengenal Beragam Flora

Di tempat wisata ini, kamu juga bisa berwisata edukasi. Ada pusat konservasi flora di komplek Cibinong Science Center-Botanical Garden. Tempat ini memiliki koleksi beragam tanaman yang ada di Indonesia. Ada 1.147 spesies tanaman, dengan 86 famili, 328 marga, dan 733 jenis.

Kebun Raya Cibinong
Foto via Instagram

Menikmati suasana miniatur hutan tropis Indonesia sekaligus mendapatkan pengetahuan, tentu bisa banget. Di sini, terbagi menjadi 7 region, yaitu Sumatra, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, Irian, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Kegiatan Seru di Kebun Raya Cibinong

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Kebun Raya Cibinong. Jika kamu ingin bersantai sembari menikmati keindahan alam sekitar, kamu bisa menggelar tikar di rumput atau di bawah pohon di pinggir danau. Dengan dikelilingi pepohonan rindang, kamu bisa merasakan kesejukan berpiknik di tepi danau.

Kebun Raya Cibinong
Foto via Instagram

Kamu juga bisa berjalan dan berfoto ria di jembatan yang membentang di tengah danau. Tentunya kamu bisa mendapatkan foto keren nan instagenic. Jika kamu ingin kegiatan yang lebih seru, kamu bisa datang pagi hari. Manfaatkan jogging track dan bicycle track seluas 2,8 kilometer yang ada di sini. Kamu bisa berlari kecil atau naik sepeda, berolahraga sekaligus menikmati pemandangan dan suasana alam.

HTM Kebun Raya Cibinong

Jika kamu membawa serta anak-anak, tak usah khawatir mereka akan bosan. Terdapat tempat bermain yang tak jauh dari area danau. Taman bermain ini memiliki perosotan, jungkat-jungkit, halang rintang, dan ayunan yang bisa membuat anak-anak riang. Terdapat pula gazebo atau bangku taman untuk kalian beristirahat dan menyantap bekal.

Tempat wisata di Bogor
Foto via Instagram

Untuk bisa menikmati keseruan di Kebun Raya Cibinong, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000 di hari biasa dan Rp25.000 di akhir pekan. Ada retribusi parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda, Rp5.000 untuk motor, Rp10.000 untuk mobil, dan Rp50.000 untuk bus.

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk bisa menikmati hari libur bersama keluarga di Bogor. Kamu bisa datang ke Kebun Raya Cibinong dan menikmati suasana juga pemandangan alam yang indah. Next

ramadan
Turis India Tenggelam dan Meninggal di Perairan Gili Air

Seorang Turis India Ditemukan Mengambang dan Meninggal Dunia di Perairan Gili Air

Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin, Tempat Wisata Eksotis di Labuan Bajo