in , ,

Cari Suasana Tenang di Akhir Pekan? Kebun Raya Purwodadi Bisa Jadi Pilihan

Nikmati Suasana Asri Ditemani Ribuan Tanaman di Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi
Kebun Raya Purwodadi (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Merasakan suasana segar nan asri, bisa jadi cara efektif untuk melepas semua penat. Bagi Teman Traveler yang butuh udara segar, bisa coba berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Kawasan hutan konservasi ini merupakan hasil pengembangan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Baca juga : Agar Hasil Foto Makanan Semakin Instagenic, Ini Caranya!

Kebun Raya Purwodadi berada di Jalan Surabaya-Malang Km 65, Desa Purwodadi, Kab.Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya tepat di
sebelah kiri jalan raya dari arah Surabaya. Papan namanya agak sedikit
menjorok ke dalam, jadi hati-hati terlewat ya.

Akses menuju sini sangat mudah, hanya jangan sampai melewatkan pintu masuknya. Sebab lalu lintas di sekitar jalan raya sangat padat. Selain itu, Teman Traveler juga harus memutar lumayan jauh. Jika tak membawa kendaraan pribadi, kalian bisa naik bus.

Di dalam kebun raya terdapat sebuah jalan utama memanjang yang membagi kawasan ini menjadi dua. Selanjutnya kita sebut dengan sisi sebelah kiri dan kanan. Dengan luas mencapai 85 hektar, Kebun Raya Purwodadi memiliki total 11.692 spesimen tanaman. Lantas seperti apa keseruan yang menanti? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Sisi Kiri

Rumah kaca di kebun raya (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sisi kiri kebun raya memiliki lebih banyak bangunan dan spot bermain. Selain fasilitas masjid, Teman Traveler juga akan menemukan taman anggrek, danau, lapangan hijau luas, dan sederet area menarik lain. Kawasan ini juga kerap digunakan untuk berfoto pre-wedding.

Bangunan menarik lain yang bisa ditemui adalah rumah kaca. Dari luar, bentuknya kelihatan unik dan megah. Asyik bukan? Selain relaksasi, Teman Traveler juga bisa berburu foto-foto keren di sini

Pepohonan rimbun di dalam kebun raya (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sementara itu, area belakang didominasi oleh pepohonan besar nan rindang, seperti palem, bambu serta pohon tropis lainnya. Para wisatawan biasanya hanya memadati bagian depan kebun raya. Jadi jika Teman Traveler ingin suasana lebih private dan tenang, bisa duduk-duduk di area ini.

Udara sekitar terasa sangat segar. Sama sekali tidak terdengar suara bising kendaraan. Sangat cocok untuk melepas penat, maupun mencari inspirasi baru.

Jalan Utama

Jalan utama di kebun raya (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Di depan gapura masuk, Teman Traveler akan melihat jalan besar panjang dikelilingi pepohonan hijau menyegarkan. Jika kalian tidak punya banyak waktu atau hanya penasaran dengan view di sekitar Kebun Raya, bisa menyusuri jalan utama ini.

Jangan lupa untuk menengok kedua sisi, karena ada banyak panorama apik yang patut disimak. Beberapa di antaranya bahkan Instagenic. Asyiknya lagi, selain jalan-jalan dan berfoto, Teman Traveler juga bisa piknik, berkeliling naik sepeda, atau bahkan belajar menyetir di sini, lho.

Anggrek rambat membentuk kanopi (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Begitu sampai di ujung jalan, Teman Traveler akan melihat tanaman anggrek merambat membentuk kanopi. Kalian bisa istirahat sejenak di sini, sebelum menjelajah area perkebunan lainnya.

Sisi Kanan

Dari ujung jalan utama, Teman Traveler bisa ambil jalan kecil sebelah kanan. Kalian bakal disuguhkan pemandangan hijau yang sedikit lebih dramatis dibanding sebelumnya.

Terdapat sebuah pohon besar yang sepertinya sudah sangat tua. Keberadaannya membuat tempat ini terasa eksotis, bagaikan di negeri dongeng. Kalian juga akan mendengar gemericik air dari sungai yang mengalir di sisi belakang.

Itulah sedikit gambaran mengenai keindahan dan suasana tenang di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Tempat ini buka tiap hari, mulai jam 08.00 hingga 16.00. Selamat berlibur, Teman Traveler.  Next

ramadan

Drink from the Real Fountain of Youth in Taman Narmada

Mengunjungi Desa Wisata Paksabali

Desa Wisata Paksabali, Indahnya Rumah Pengrajin Pulau Dewata