in , , , , , , , ,

4 Kedai Kopi di Menteng yang Asyik Jadi Tempat Anti Pelik

Nikmati Malam dengan Secangkir Kopi di Tengah Hiruk Piruk Kota Menteng Tentunya di 4 Kedai Kopi Ini

Secangkir kopi akan mewarnai hari-harimu
Anomali Coffee (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Berwisata kuliner di sekitaran Menteng selalu memberikan kepuasan tersendiri. Teman Traveler akan disuguhkan dengan kafe-kafe yang menyediakan beragam menu. Kawasan Menteng juga dikenal dengan sederet kedai kopi yang menyediakan kopi enak dan tempat yang asyik untuk bersantai.

Baca juga : Lama Pacaran tapi Ditinggal Nikah? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Move On

Setelah ditelusuri, saya menemukan empat kedai kopi di Menteng yang bisa dijadikan referensi untuk Teman Traveler yang ingin menghabiskan waktu untuk browsing, ngobrol dengan sahabat atau mengerjakan tugas. Apa saja? Yuk simak.

1. Coffee 31

Es kopi susu 31 yang jadi favorit  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Kedai kopi yang baru buka akhir tahun 2019 ini sempat viral di Twitter karena menjual es kopi susu seharga Rp. 9 ribu saja. Meski sekarang harganya sudah menjadi Rp. 18 ribu, tapi Coffee 31 tetap tak kehilangan pesonanya. 

Coffee 31 berlokasi di Jalan Dr. GSSJ Ratulangi No. 31, tinggal lurus saja dari Goethe Haus. Lokasinya persis berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah untuk ditemukan. 

Suasana Coffee 31 yang homey  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Meski tempatnya kecil, Coffee 31 tetap memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya. Namun karena dikelilingi kaca, maka ambience-nya Coffee 31 jadi lebih cozy dan homey. Sayangnya untuk pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi akan kurang nyaman karena luas parkirannya yang tidak terlalu besar. 

Meja bar yang menghadap ke luar  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Tapi hal itu bisa diobati dengan rasa kopi yang ditawarkan di sini. Teman Traveler bisa mencoba es kopi susu, es kopi susu amen, dan es kopi susu regamen yang menjadi signature menu. Pilihan kopi lainnya juga ada kok seperi cappucino, espresso, americano, atau coffee latte. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp. 18 ribu sampai Rp. 35 ribu. 

Sebagai teman ngopi, saya rekomendasikan Teman Traveler untuk memesan risoles seharga Rp. 25 ribu isi tiga. Rasanya enak dan selalu fresh from the oven.

2. Anomali Coffee

Caffe Latte Anomali diracik dari kopi asli Indonesia  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Bisa dibilang Anomali Coffee adalah tempat ngopi favorit di kawasan Menteng. Selain karena tempatnya yang luas dan nyaman, Anomali Coffee berkomitmen untuk mengenalkan dan menggunakan kopi asli Indonesia seperti Aceh Gayo, Bali Kintamani, Jawa Cikuray, Flores Colol dan Sumatra Kerinci.

Karena kecintaannya pada kopi Indonesia, Anomali Coffee dikenal sebagai speciality coffee micro roaster. Bahkan pengunjung bisa membeli langsung kopi-kopi tersebut di Anomali Coffee. 

Aneka kopi lokal yang bisa dibeli di Anomali Coffee  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Dengan mengusung open bar, pengunjung juga berkesempatan untuk melihat langsung proses penyeduhan kopi oleh barista andal. Kalau Teman Traveler penasaran, para barista pun tidak keberatan untuk ditanya-tanya soal kopi Indonesia. 

Spot terasik untuk menikmati secangkir kopi sambil bersantai  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Selain kopi, Anomali Coffee juga menyediakan main course seperti rawon buntut, sup iga, hainan chicken rice, ayam sambal ijo, pasta, sandwich, dan salad. Karena segmentasi Anomali Coffee adalah menengah ke atas, maka harganya cukup menguras kantong mulai dari Rp. 38 ribu sampai Rp. 70 ribu. 

3. Workroom Coffee

Workroom paling pas untuk bekerja  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Coffee shop yang beralamat di Jalan Cikini No. 9 ini sangat populer di kalangan pekerja lepas. Selain karena namanya, Workroom memang mengambil konsep menyerupai coworking space. Kebanyakan pengunjung menikmati kopi ditemani dengan laptop. 

Saya sih jatuh cinta dengan cappuccino yang disajikan di Workroom. Kopinya pekat dan kuat. Sangat cocok untuk penikmat kopi sejati. Menurut salah seorang barista, Cappuccino juga jadi minuman favorit di sini setiap weekend. 

Untuk makanan berat, Teman Traveler bisa menemukan makanan seperti nasi goreng gila, sate maranggi, ayam sambel matah, dan chicken cordon bleu di daftar menu. Workroom buka setiap hari mulai jam 08.30 sampai 22.00. Untuk hari Minggu biasanya tutup lebih awal jam 20.00. 

4. Bakoel Koffie

Bakoel Koffie yang mengusung konsep vintage  (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Hanya beberapa langkah dari Workroom Coffee, Teman Traveler akan menemukan Bakoel Koffie yang hadir dengan gaya bernuansa klasiknya. Bakoel Koffie merupakan salah satu kedai kopi tertua yang ada di Jakarta. Bahkan kini pengelolanya sudah generasi keempat. Namun mereka benar-benar mempertahankan bangunan awal agar sejarah Bakoel Koffie tetap terasa. 

Minuman kopi yang bisa dinikmati di sini cukup beragam seperti espresso, americano, cappuccino atau latte. Untuk kategori Bakoel’s Klasik, caramello, mochamo, choco lover, avocado frost atau java mud bisa jadi pilihan Teman Traveler. Kopi yang disajikan di sini merupakan kopi nusantara dari Aceh Gayo, Toraja, Lintong, Kintamani, Mandheling dan Bajawa Flores. Harga minuman di sini masih cukup ramah di kantong dengan kisaran harga Rp. 25 ribu sampai rp. 80 ribu. 

Bingung kan mau ngopi di mana? Saran saya, Teman Traveler yang berencana ke daerah Menteng wajib datangi semua kedai kopi di atas. Nggak akan nyesel. Next

ramadan

Cuaca Buruk Indonesia, Gunung yang Tutup di Awal Tahun 2020

Bikin Betah! Ini 3 Perpustakaan dengan Konsep Unik di Indonesia