in , , , , , ,

Bikin Betah! Ini 3 Perpustakaan dengan Konsep Unik di Indonesia

Membaca menajadi salah satu hobi di Indonesia yang sudah tak asing lagi didengar bukan. Yup betul banget, tradisi membaca akan menambah ilmu pengetahuan yang kita milliki. Terkadang membaca sambil nongkrong juga asik lho. Salah satu tempat nongkrong yang biasa dipilih oleh penggemar buku adalah perpustakaan. Semakin nyaman perpustakaan maka minat baca semakin bertambah, apalagi bisa perpustakaannya memiliki konsep yang unik seperti 3 perpustakaan yang akan kita bahas.

Baca juga : Nusa Lembongan, Bali Rasa Ibiza yang Penuh Tempat Hangout Keren

1. Perpustakaan Universitas Indonesia (Jakarta)

Crystal of Knoledge via Instagram @fernandazezee

Perpustakaan Universitas Indonesia merupakan perpustakaan yang disebut sebagai crystal of knowledge ini memiliki buku lebih dari 4 juta koleksi lho. Disebut sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara, perpustakaan UI memiliki luas 2,5 hektare. Bukan berati karena bertempat di UI menjadikan perpustakaan ini hanya untuk mahasiswa UI saja, melainkan perpustakaan ini dibuka untuk umum, jadi Teman Traveler dari berbagai wilayah bisa berkunjung ke perpustakaan ini.

Perpustakaan UI via Instagram @aceville99

Tidak seperti perpustakaan kebanyakan yang membosankan, perpustakaan UI memiliki sisi unik juga teman. Contohnya saja, perpustakaan ini memiliki ruang terbuka hijau dimanjakan dengan pemandangan danau buatan. Selain membaca, perpustakaan ini akan memanjakan Teman Traveler dengan cafe, kedai kopi, dan lounge area yang mereka miliki. Wah jadi makin betah ya kalau membaca buku di perpustakaan ini.

2. Perpustakaan PDTS Kebun Binatang (Surabaya)

Perpustakaan PDTS Surabaya via Instagram @evilia_rosanti

Menawarkan suasana yang berbeda dan konsep yang unik, perpustakaan perumahan daerah taman satwa atau PDTS kebun binatang surabaya wajib Teman Traveler kunjungi jika berkunjung ke Surabaya. Hal unik yang ditawarkan oleh perpustakaan ini adalah konsep yang bernuansa hutan yang dilengkapi juga dengan rak yang berbentuk hewan yang beraneka ragam warna.

PDTS Kebun Binatang Surabaya via Instagram @syipandel._

Perpustakaan ini memiliki berbagai macam jenis buku seperti buku pengetahuan umum, satwa, hingga buku yang membahas fauna. Jumlah koleksi buku yang lebih dari 1.000 membuat Teman Traveler yang masih mahasiswa bisa menjadikan beberapa buku dari perpustakaan ini sebagai rujukan skripsi.

3. Perpustakaan Pondok Pekak Ubud (Bali)

Perpustakaan Pondok Pekak via Twetter @nilatanzil

Perpustakaan Pondok Pekak ini digunakan sebagai perpustakaan yang memberikan pengetahuan tentang lingkungan dan memiliki lebih dari 25 ribu koleksi. Seiring berjalannya waktu, perpustakaan menambah tujuannya sehingga tidak hanya membaca, kini perpustakaan ini digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan lingkungan, pengetahuan alam, dan budaya. Beberapa kegiatan yang bisa dipelajari disini ialah musik tradisional, pembuatan topeng, ukiran kayu khas bali, hingga berbagai macam tarian. Perpustakaan ini dapat diakses oleh berbagai kalangan seperti penduduk setempat, wisatawan asing, hingga ekspatriat yang tinggal di Bali. Next

ramadan

4 Kedai Kopi di Menteng yang Asyik Jadi Tempat Anti Pelik

10 Ayam Geprek Terfavorit di Pandaan, Pedasnya Bikin Ketagihan