in , , , , , ,

Kegiatan Menarik Ketika Liburan di Johor Bahru

Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, kamu sudah bisa melakukan berbagai kegiatan menarik di Johor Bahru.

Kegiatan di Johor Bahru

Johor Bahru adalah kota di Malaysia yang menjadi salah satu destinasi wisata banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Tak terkecuali para warga negara kita. Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat kamu liburan di Johor Bahru.

Baca juga : Selain Belanja, Ini Hal Seru di Thailand yang Bikin Liburan Makin Berkesan

Bahkan, beberapa di antaranya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Apa saja sih yang bisa kamu lakukan di kota satu ini? Yuk simak ulasannya!

Johor Bahru jadi Kota Modern

Johor Bahru adalah suatu kota di Malaysia yang letaknya paling selatan di wilayah Semenanjung Malaya. Secara geografis, kota ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, Singapura. Juga hanya terpisahkan laut dengan negara Indonesia, khususnya yang terdekat dari daerah Kepulauan Riau.

Istana Bukit Sirene, Johor Bahru
Istana Bukit Sirene, Johor Bahru via Pexels

Tidak mau kalah dengan kota tetangganya Singapura yang sudah maju, Johor Bahru pun terus berbenah dalam banyak hal, sehingga menjadikannya salah satu kota paling modern di Malaysia. Belakangan ini, popularitas Johor Bahru di mata internasional mulai menyaingi Kuala Lumpur akibat gencarnya investasi dan pembangunan yang digalakkan pemerintah setempat.

Sektor industri tersier mendominasi ekonomi kota ini. Bersama Kuala Lumpur, Johor Bahru merupakan pusat jasa keuangan, dagang, dan ritel di wilayah Malaysia Barat. Selain itu terdapat pula banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi kota tersebut, termasuk dari Indonesia.

City light Johor Bahru
City light Johor Bahru via Pexels

Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah setempat memang sangat serius dalam mengembangkan potensi pariwisata di daerahnya. Dapat
dilihat dari dilakukan perawatan berkala terhadap peninggalan sejarah Johor Bahru yang ada, serta yang tidak kalah penting adalah dibukanya beberapa tempat wisata baru seperti Legoland dan Hello Kitty Town.

Berikut adalah kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berada di Johor Bahru.

1. Kegiatan Menarik di Johor Bahru sekaligus Singapura

Kota ini memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Singapura dalam banyak hal. Banyak orang Singapura yang datang untuk berbelanja, mencari hiburan, atau makan malam, sehingga meningkatkan pemasukan
kota tersebut dengan dolar Singapura yang lebih kuat nilainya. Banyak pula
warga kota Johor Bahru yang tinggal di Singapura maupun sebaliknya.

Jembatan Johor-Singapore
Jembatan Johor-Singapore (c) Arief Kurniawan

Johor Bahru dan Singapura memang hanya dipisahkan oleh sebuah jembatan dan 2 kantor imigrasi dari masing-masing negara. Sehingga ini
sangat menguntungkan bagi wisatawan yang berkunjung dapat melancong dan menghabiskan 1 hari di 2 kota yang berbeda. Hal ini tentu ditunjang pula dengan tersedianya moda transportasi umum antara 2 kota ini yang sangat memadai.

2. Mengunjungi Legoland

Taman main berkelas internasional ini terletak di kompleks ekonomi Iskandar, Johor Bahru. Sejak dibuka untuk pertama kali tahun 2012, Legoland bisa dikatakan selalu menjadi tujuan utama bagi setiap wisatawan asing yang datang ke Johor Bahru.

Kegiatan di Johor Bahru
Salah satu sudut Legoland JB via Pixabay

Sesuai dengan namanya, Legoland merupakan theme park dengan tema imajinasi nyata dari permainan Lego itu sendiri.  Di sini terdapat Lego Technic, Lego Kingdoms, Imagination, Land of Adventure, Lego City, Miniland dan yang tidak kalah seru, Legoland Water Park.

3. Wisata Religius di Masjid Sultan Abu Bakar

Seperti daerah lainnya di Malaysia, negara bagian Johor yang bernama lengkap Johor Darul Takzim ini merupakan wilayah dengan mayoritas umat muslim. Salah satu ikon umat muslim di negeri Johor ini adalah Masjid Sultan Ab Bakar yang ada di kota Johor Bahru.

Masjid Sultan Abu Bakar
Masjid Sultan Abubakar via Islamic Tourism Centre

Masjid yang sudah ada sejak abad ke-18 ini konon menjadi saksi kegemilangan Kesultanan Johor di masa lalu. Bagi kamu yang beragama muslim, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk beribadah di masjid ini sembari berkeliling kompleks masjid.

4. Menghabiskan Malam di Danga Bay

Jika di Singapura ada Marina Bay, maka Johor Bahru punya Danga Bay. Danga Bay merupakan sebuah area tepi pantai lepas yang sangat menawan, terlebih di malam hari. Danga Bay bisa disebut juga sebagai situs destinasi wisata Johor Baru yang super komplit.

Kegiatan di Johor Bahru
Danga Bay Theme Park via Tune Hotels

Tentunya akan jauh lebih afdal jika saat berkunjung kamu sekaligus bermalam di sana. Di kawasan ini tersedia bermacam-macam penginapan bagi para wisatawan. Dalam urusan kuliner, di Danga Bay tersedia beragam masakan dari seluruh dunia yang siap memanjakan lidah sambal memandangi laut lepas yang indah.

Johor Bahru yang sudah jadi kota modern di Malaysia, menjadikannya tempat yang cocok buat kamu menghabiskan waktu liburan. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, kamu sudah bisa melakukan berbagai kegiatan menarik di Johor Bahru. Next

ramadan
Bron Cafe

Bron Cafe, Menampilkan Suasana Kebun di Tengah Kota Denpasar

Depot Diponegoro Blitar

Nikmatnya Menyantap Gado-Gado, Si Salad Lokal di Depot Diponegoro Blitar