in ,

Keliling Mandalika Seharian Cukup Rp300 Ribu, Liburan Hemat Pasti Terwujud!

Beach Hopping Seharian di Mandalika Plus Kulineran Nggak Sampai 300 Ribu

Keliling Mandalika Rp300 Ribu
FI

Lombok punya banyak kawasan yang perlu dijelajahi. Bukan hanya Mataram sebagai pusat kotanya, ada juga KEK Mandalika yang sekaligus menjadi lokasi sirkuit MotoGP 2021. Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Mataram, bisa coba singgah untuk keliling Mandalika hanya dengan modal Rp300 ribu. Selengkapnya, simak itinerari berikut, ya.

Baca juga : Jeeva Jogja, Kafe Aesthetic Buat Ngopi Cantik yang Bikin Jatuh Cinta

Berangkat Pagi dari Mataram Naik Motor Sewaan Rp70.000

Keliling Mandalika Rp300 Ribu
Kota Tua Mataram via Shutterstock

Demi memudahkan perjalanan saat keliling Mandalika, sebaiknya Teman Traveler sewa motor di Mataram. Terdapat cukup banyak tempat penyewaan motor dengan harga terjangkau di kisaran Rp65.000-Rp70.000an. Umumnya motor yang disewakan jenis matic seperti Honda Beat maupun Vario.

Demi menjamin keselamatan penyewa sekaligus jaminan bagi pemilik, umumnya harus meninggalkan KTP asli dan fotocopy SIM C. Oh iya, isi dulu bensin sampai full sebelum meninggalkan Mataram, ya. Jangan sampai macet di tengah jalan, deh. Alokasikan biaya bahan bakar motor sekitar Rp100.000.

Selesai urusan sewa motor, saatnya untuk meluncur ke Mandalika. Berhubung hanya keliling seharian di sini, ada baiknya untuk berangkat pada pagi hari. Sebelum matahari bersinar terlalu terik.

Sarapan: Icip Khasnya Soto Mandalika Rp15.000

Keliling Mandalika Rp300 Ribu
Bahan-bahan Soto Mandalika via Instagram @erafzon

Perjalanan dari Mataram menuju kawasan Mandalika sendiri memakan waktu kurang lebih 60-90 menit. Nah, sebelum beach hopping isi dulu energi dengan icip khasnya Soto Mandalika. Teman Traveler dapat menemukannya di area Pasar Rakyat Desa Nelayan Pujut.

Penganan tersebut berisi ketupat, bihun, telur, tauge, kacang, ditambah topping daun bawang dan bawang goreng, lalu disiram kuah rempah panas. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan sesendok sambal demi menambah kelezatan. Siapkan budget kira-kira Rp15.000an untuk menyantap soto sederhana nan umami ini.

Hayati Keindahan Pantai Kuta Rp5.000

Pantai Kuta via Shutterstock

Usai sarapan, lanjutkan perjalanan ke tujuan pertama beach hopping yaitu tentunya Pantai Kuta. Durasi perjalanan dari Pasar Rakyat menuju wisata Lombok ini kurang lebih 30 menitan. Nah, sebelum masuk ke areanya, siapkan Rp5.000an untuk biaya masuk. Setelah itu parkir motor dan langsung menuju hamparan pasir Pantai Kuta.

Teman Traveler bisa duduk santai sambil menghayati keindahan Pantai Kuta yang begitu tersohor. Bagaimana tidak? Destinasi ini menghadirkan air laut jernih sampai dapat terlihat pemandangan bawah lautnya. Ditambah lagi ada sebuah bukit bernama Mandalika yang patut dikunjungi. Dari sinilah, kamu dapat menyaksikan keelokan pantai dari ketinggian.

Resapi Keelokan Tempat Bersemayam Putri Mandalika di Pantai Seger Rp5.000

Keliling Mandalika Rp300 Ribu
Pantai Seger via Shutterstock

Sudah puas menghayati menawannya Kuta, Teman Traveler dapat berlanjut ke Pantai Seger. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari Kuta, dapat dicapai selama 10 menitan. Budget untuk parkir di sini adalah Rp5.000an.

Bukan hanya elok, destinasi ini pun terkenal sebagai tempat bersemayam Putri Mandalika. Konon, sang putri cantik jelita tersebut diperebutkan oleh banyak pria. Dia tidak ingin timbul perpecahan di Lombok, akhirnya dia memutuskan untuk melompat dari Bukit Mandalika ke Pantai Seger.

Nah, dari legenda itulah terdapat Festival Bau Nyale yang rutin digelar bulan Februari atau Maret tiap tahun. Nyale sendiri merupakan sebutan untuk cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Pada saat event berlangsung, orang-orang berkumpul di pantai demi mengumpulkan nyale.

Rasakan Keunikan Pasir Merica di Pantai Tanjung Aan Rp5.000

Keliling Mandalika Rp300 Ribu
Pantai Tanjung Aan via Shutterstock

Pernah tau ada pasir bertekstur seperti merica? Nah, Teman Traveler dapat menemukannya di Pantai Tanjung Aan. Kawasan ini tidak jauh dari Pantai Seger, dapat dicapai selama 20 menitan. Biaya masuknya pun sama seperti pantai sebelumnya yaitu Rp5.000an.

Selain pasirnya yang punya tekstur unik layaknya merica, Tanjung Aan memberikan keelokan lain yaitu air lautnya berwarna biru tosca. Sungguh memesona!

Makan Malam: Santap Kuliner di Kafe Bernuansa Tenang Sebelum Kembali Rp50.000

Suasana El Bazar Kafe via Instagram @alexandrakacper

Setelah seharian keliling pantai tentunya rasa lelah mau tidak mau menyergap. Teman Traveler sempatkan beristirahat sekalian makan di tempat yang cukup tenang. Supaya pikiran dan tubuh kembali segar. Salah satu yang dapat dituju adalah El Bazar.

Kafe di Lombok ini tidak jauh dari Pantai Kuta Mandalika. Sehingga searah dengan jalur pulang ke Mataram. Dari wisata terakhir yaitu Pantai Tanjung Aan, El Bazar dapat ditempuh dengan motor selama 20 menitan.

Kuliner ala Mediterania via Instagram @bali_cafes

Tempat makan ini punya ambience yang cukup tenang ditambah dengan tempatnya yang terbilang instagenic, mengusung konsep Mediterania. Menunya pun ala Mediterania; di antaranya Couscous prawn salad, I Falafel You yaitu salad plus falafel, dan Chekchouka Skillet Eggs. Budget untuk menikmati satu menu kira-kira Rp50.000an.

Beach hopping terlaksana, memuaskan perut juga sudah. Saatnya untuk kembali ke Mataram. Jangan lupa kembalikan motor dan ambil kembali KTP yang sebelumnya dijadikan jaminan.

Kurang lebih seperti itu itinerari keliling Mandalika dengan modal tidak sampai Rp300 ribu. Jadi pengin berkunjung ke wisata Lombok ini, ya? Apakah Teman Traveler punya cara yang lebih hemat lagi? Next

ramadan

Sungai Lae Kombih, Arum Jeram Dengan Dorongan Air Terjun

Deretan jajanan jadul Solo

Nostalgia Kuliner Jadul Solo, Ada yang Eksis Sejak Jaman Belanda!