in ,

Kelok 9, Rute Mudik dengan Pemandangan Keren di Pulau Sumatera

Jika di Pulau Jawa terdapat rute mudik via Jalur Lintas Selatan yang punya pemandangan pantai kece maka Pulau Sumatera punya jalur mudik sendiri yang pemandangannya juga keren dengan melewati Kelok 9. Inilah salah satu jalan dengan view paling indah di Tanah Sumatera yang sering dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi para pemudik.

Baca juga : BMKG Mengumumkan Waspada Ombak Tinggi Sekitar Lombok

Baca Juga :Search wisata malang 8 Tujuan Wisata di Malang Kota yang Oke Punya

Para pemudik yang hendak menuju ke Sumatera Barat atau Provinsi Riau via jalur darat tentu tidak asing dengan nama Jalan Kelok Sembilan. Jalan ini berada di kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Saat menjelang lebaran jalan ini akan menjadi destinasi dadakan para pemudik untuk beristirahat sambil mengambil gambar pemandangan yang memang keren.

Photo by (@nitayupratiwi) Said: "Awesome Kelok Sembilan fron 300 feet" – #indoflashlight #kelok9 #Indonesia

A post shared by Indoflashlight (@indoflashlight) on

Dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, Jalan Kelok 9 mulai dibangun pada tahun 2003. Pembangunannya sendiri dilakukan melalui dua tahap yang terdiri dari enam jembatan sepanjang 959 meter dan sebuah jalan penghubung sepanjang 1.537 meter. Masing-masing jembatan memiliki lebar 13,5 meter.

Bentang jembatan paling pendek memiliki ukuran panjang 20 meter sedangkan jembatan terpanjang ukurannya mencapai 426 meter. Jembatan-jembatan tersebut dibuat dengan ketelitian tinggi yang didesain tahan gempa.

"GEMERLAP KELOK SEMBILAN" #kelok9

A post shared by donnyindrawira (@donnyindrawira) on

Kelok 9 mulai difungsikan setelah diresmikan oleh Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober tahun 2013. Sejak saat itu jalan ini selalu ramai dilewati pengendara terlebih pada musim mudik menjelang lebaran seperti sekarang.

Baca Juga :6 Destinasi Wisata Untuk Kamu yang Mudik ke Madura

Hampir setiap pemudik yang melintas dari Bukittinggi ke Pekanbaru atau sebaliknya selalu menyempatkan diri untuk berhenti di pinggir jalan ini untuk berfoto-foto. Fenomena ini dimanfaatkan oleh para pedagang makanan ringan yang menggelar dagangan mereka di jembatan 4-6 untuk meraup rezeki.

Jadi setiap pengendara yang berhenti di Kelok 9 bisa menikmati pemandangan jalan yang indah sambil meminum secangkir kopi dan menikmati aneka camilan yang dijual pedagang. Pemandangan jalan tersebut akan semakin cantik pada malam hari dengan bantuan penerangan lampu. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Mudik Lewat Jalur Selatan Jawa, Ada Rekomendasi Rumah Makan yang Layak Disinggahi

10 Makanan Dari Berbagai Negara yang Wajib Dicicipi Ramadan Ini!