in ,

Pesona Kepulauan Banggai, Surga di Sulawesi Tengah yang Permai

Wisata indah pantai dan danau semua ada.

Banggai merupakan wilayah otonom yang berbentuk Kabupaten dan bagian dari Sulawesi Tengah. Yang membuat kawasan tersebut beda dari kabupaten atau kota lain adalah lautan yang memecahnya menjadi daratan-daratan kecil. Dengan kata lain, Banggai Kepulauan adalah kabupaten maritim. Kamu bisa puas banget wisata bahari di Banggai, mengarungi lautan dan mengintip kehidupan terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Mungkin belum banyak tahu soal kepulauan tersebut.

Baca juga : Kebon Empring, Pasar dengan Konsep Kearifan Lokal di Jogja

Padahal, ada banyak sekali tempat wisata yang keren-keren, khususnya yang berhubungan dengan bahari. Dulunya sekitar 342 pulau adalah wilayah dari Kabupaten Banggai. Namun setelah dilakukan pemekaran, pulau-pulau di tengah lautan itu menjadi wilayah kabupaten tersendiri. Salah satu sektor penting yang menjadi andalan di Banggai Kepulauan adalah wisatanya. Sebenarnya ada apa saja sih di sana? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Pulau Dua

Pulau Dua adalah daerah pesisir Kabupaten Banggai, menyuguhkan pemandangan keren berupa pantai dan alam bawah laut mempesona. Kamu bisa berenang dan menikmati ombak menghempas atau langsung mengintip terumbu karang dengan melakukan snorkeling atau diving. Taman laut di Banggai adalah salah satu yang terindah di Sulawesi. Untuk sampai di Pulau Dua kamu bisa berangkat dari beberapa tempat, misalnya saja Kota Palu. Jika kamu menggunakan pesawat terbang, bisa turun di Palu atau Luwuk.

Pulau Dua
Pulau Dua

Dari Luwuk, kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam hingga sampai di Pulau Dua. Tidak disarankan untuk melakukan perjalanan pada malam hari, karena kondisi jalan yang minim penerangan bisa menjadi medan yang berbahaya. Fasilitasnya tergolong lengkap, bahkan sampai ada layanan persewaan alat snorkeling, diving, hingga surfing. Pilih saja kegiatan yang menjadi hobimu selama ini sembari menikmati keindahannya.

2. Molino Tontouan

Molino Tontouan adalah pemandian yang menyegarkan. Kamu bisa merasakan aliran air dari Sungai Uwe Molino yang airnya bersih dan jernih. Warna biru membias di permukaan air pemandian Molino, membuatnya nampak seperti genangan air laut. Sayangnya, masih belum banyak yang tahu keindahan alaminya. Namun sisi baiknya, kamu jadi bisa menyaksikan pemandangan yang benar-benar masih alami.

Molino Tontouan
Molino Tontouan

Lokasi pemandian tersebut tepat berada di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Menemukannya juga nggak begitu sulit karena dekat dari pusat kota. Berangkat saja menuju arah barat daya sampai kamu menemukan petunjuk jalan yang bertuliskan Pemandian Wisata Uwe Molino Tontouan. Dari gerbang menuju kolam alami itu, kamu harus berjalan dan menempuh jarak sekitar 300 meter.

3. Air Terjun Tembang

Air Terjun Tembang juga termasuk penampakan alam yang cantik di Kabupaten Banggai Kepulauan. Air mengalir dan terjun bebas dari tebing-tebing yang bertingkat. Belum lagi, kondisi alamnya begitu mempesona. Pepohonan rindang di mana-mana dan kesegaran airnya mampu meredakan siapapun yang dilanda amarah. Kamu bisa menemukan Air Terjun Tembang ini di  Desa Luk Sagu, beberapa kilometer dari Kota Salakan atau 1 jam perjalananan dengan kendaraan bermotor.

Air Terjun Tembang
Air Terjun Tembang

Jalur menuju ke tempat ini masih belum sepenuhnya bagus, dari jalan raya hingga ke lokasi butuh waktu tempuh sekitar 20 menitan. Itupun kamu harus melewati persawahan. Penduduk desa setempat bahu-membahu untuk menyediakan fasilitas pada para pengunjung. Jadi kamu bisa menikmati hidangan kuliner dan memandang alam dengan penuh kenyamanan.

4. Danau Alani

Danau Alani juga merupakan kawasan wisata yang cukup populer dan dijadikan tempat nongkrong oleh kalangan anak muda zaman sekarang. Jika kamu datang di saat yang pas, lebih tepatnya ketika pasang, maka kamu akan melihat hamparan keindahan yang begitu mengagumkan. Tapi, saat surut juga masih tetap indah kok, kamu bisa mengintip bebatuan di tepian danau yang tersusun alami.

Danau Alani
Danau Alani

Lokasi Danau Alani tidak begitu jauh dari pusat Kabupaten Banggai Kepulauan, cukup menempuh perjalanan sekitar 3 jam saja menuju Kecamatan Bulagi Selatan. Di sini kamu bisa melakukan beberapa hal selain santai bareng keluarga, sebut saja memancing atau menyeberangi danau dengan rakit buatan penduduk setempat.

5. Danau Tendetung

Danau Tendetung juga menyuguhkan pemandangan yang lumayan keren. Kamu bisa melihat danau yang begitu luas dan dikelilingi oleh pepohonan. Semakin membuat Danau Tendetung terpampang keindahannya. Secara administratif, Danau Tendetung terdapat di wilayah Kecamatan Totikum dan masuk dalam wilayah tiga desa yaitu Desa Peley, Desa Kanali, dan Desa Tobungku.

Danau Tandetung
Danau Tandetung

Kamu harus hati-hati jika datang di saat musim hujan karena jalanan bisa semakin licin dan genangan juga ada di mana-mana. Meski begitu, pemandangan alam berupa persawahan bisa menjadi obat yang ampuh mengatasi kebosanan dan rasa lelahmu.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Banggai Kepulauan, Selain tempat itu, masih ada destinasi lainnya yang nggak kalah seru. Seperti Desa Salodik hingga Pantai Kilo Lima. Tempat manakah yang paling kamu suka? Next

ramadan

Pemakaman Batu Layang, Tempat Penemu Garuda Pancasila Disemayamkan

Tempat Makan dan Hangout Terbaru Paling Hits di Malang