in

Mengenal Pesona Kepulauan Sangihe, si Mungil Cantik dari Utara

Beberapa Tempat Wisata Indah di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

Kepulauan Sangihe sajikan banyak Pantai Indah via Instagram sintiawurangian11

Berbicara soal Sulawesi Utara, sebagian besar orang biasanya akan langsung berpikir soal Bunaken. Pulau satu ini memang sudah lama dikenal oleh wisatawan asing maupun domestik karena keindahan lautnya yang luar biasa. Namun demikian pesona tak kalah memikat juga ditawarkan oleh Kepulauan Sangihe, yang bisa dicapai dengan penerbangan kurang lebih 50 menit dari bandara Sam Ratulangi.

Baca juga : Sumber Jenon, Kolam Alami yang Bikin Pengunjung Berseri

Tidak salah jika kita menyebut Sangihe dengan julukan Si Mungil. Sebab jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang ada di sekitarnya, kepulauan ini terlihat sangat kecil. Namun jika sudah bicara soal wisata, Kepulauan Sangihe boleh diadu dengan tempat-tempat lainnya di Indonesia. Seperti yang akan dibahas Travelingyuk berikut ini.

1. Pantai Embuhanga

Jernihnya perairan di sekitar Pantai Embuhanga via Instagram retnokaemba

Kepulauan Sangihe memiliki banyak pantai indah yang masih terasa sangat alami. Salah satunya adalah Pantai Embuhanga. Perairan di sini sifatnya tenang hingga cocok untuk bermain air atau sekedar duduk-duduk di pesisir sembari menikmati angin yang berhembus.

Selain itu hamparan pasir di Embuhanga juga cukup lapang hingga bagus sekali jika dijadikan objek foto. Suasananya sangat menenangkan, hingga enak dijadikan sempat tempat untuk menyepi sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan.

2. Pantai Tinakareng

Pantai Tinakareng punya air sejernih kaca via Instagram antonhorman93

Sepintas Pantai Tinakareng bakal terkesan gahar. Sebab di sini para pengunjung bisa melihat pos khusus milik TNI Angkatan Udara, yang gunanya untuk mengawasi situasi perbatasan laut antara Indonesia dan Filipina. Namun di luar itu, pesona keindahan Tinakanreng sungguh memanjakan mata.

Perairan di wilayah ini begitu jernih, hingga hampir bening seperti kaca. Tanpa menyelam pun kita sudah bisa melihat sedikit gambaran soal keindahan bawah lautnya. Selain itu dari kejauhan juga bakal terlihat kemegahan Gunung Awu, gunung berapi aktif tertinggi di Sangihe.

3. Pulau Bukide

Indahnya pemandangan di sekitar Pulau Bukide via Instagram cktegar

Pulau Bukide juga menyajikan pantai menarik untuk dieksplorasi, namun suguhan utamanya bukan di situ. Wisatawan yang datang ke sini biasanya justru akan asyik menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelam. Beberapa titik bawah laut di Bukide memang menyajikan keindahan formasi terumbu karang yang memukau, tak kalah dari Bunaken.

Setelah puas menyelam, pengunjung biasanya akan beristirahat sejenak sebelum mencoba mendaki puncak tertinggi di Pulau Bukide. Dari sini akan terlihat pemandangan lautan Sangihe yang luar biasa dan tiada duanya.

4. Gunung Awu

View dari kawah Gunung Awu dengan batu hitam di tengahnya via Instagram retnokaemba

Kepulauan Sangihe bisa dibilang menyajikan pesona wisata yang lengkap. Tidak hanya pantai dan lautan, para pendaki gunung juga bisa bersenang-senang di sini. Mereka bisa coba menaklukkan Gunung Awu, gunung aktif dengan ketinggian mencapai 1320 mdpl.

Para pendaki biasanya memulai perjalanan dari Kampung Anggis. Dari situ, dibutuhkan trekking sejauh tujuh kilometer sebelum akhirnya bisa mencapai titik puncak. Begitu sampai kita akan disajikan pemandangan kawah luar biasa dengan batu lava hitam di bagian tengahnya.

5. Gunung Mahangentang

Fenomena gunung api di bawah permukaan laut Mahangentang via Instagram adragesza

Bagaimana jadinya jika gunung api berada di dalam laut? Fenomena alam semacam ini bisa ditemui di Gunung Mahangentang, yang berada di dasar lautan Pulau Mahangentang. Warga lokal biasa menyebut gunung ini dengan sebutan Banua Wuhu.

Perairan di sekitar Pulau Mahangentang konon bersuhu hangat via Instagram topindonesia

Menariknya, terdapat satu spot khusus di mana kita bisa menyaksikan gelembung-gelembung kecil keluar dari puncak gunung di dasar laut. Uniknya lagi perairan di sekitarnya bakal terasa lebih hangat. Pastinya bakal menjadi pengalaman tak terlupakan jika bisa menyelam dan menyaksikan langsung fenomena alam ini.

Itulah tadi beberapa pesona wisata alam yang bisa ditemui di Kepulauan Sangihe. Jika berniat mencari pengalaman traveling unik dengan nuansa alami yang sangat kental, tak ada salahnya mengunjungi Si Mungil yang ada di utara Indonesia ini. Next

ramadan

Tak Selalu Mahal, Traveling ke Jepang Juga Bisa Hemat Kok

Properti untuk Penunjang Foto di Hotel Saat Staycation, Jangan Sampai Lupa