in , , , ,

Kegagahan Keraton Surakarta Hadiningrat yang Langgeng hingga Saat Ini!

Gagahnya Keraton Surakarta yang Siap Buatmu Terkagum-kagum!

keraton_1_6vQ.jpg
Keraton Surakarta Hadiningrat (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Kerataon Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ada di Surakarta. Keraton ini merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubawana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan pada tahun 1743.

Baca juga : Pulau Pemutusan, Pesona Elok Raja Ampatnya Sumatera Barat

keraton_2_q4D.jpg
Bangian depan Keraton Surakarta (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Jika berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat ini, Teman Traveler harus mengikuti beberapa aturan yang berlaku di antaranya tidak boleh memakai topi, kacamata hitam, celana pendek, sandal, dan jaket. Jadi tipsnya kalo mau ke Keraton Surakarta gunakan sepatu dan celana panjang ya Teman Traveler.

Jam Operasional Keraton

keraton_3_CZC.jpg
Terdapat Beberapa Becak dan Penjual Didepan Keraton (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Keraton Surakarta Hadiningrat buka dari hari Sabtu sampai Kamis dan akan ditutup setiap hari Jumat. Untuk jam operasional Keraton Surakarta Hadiningrat khusus hari sabtu dan minggu akan buka mulai pukul 09:00 hingga 15:00 WIB.

keraton_4_5nO.jpg
Para Prajurit Penjaga Keraton (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Sedangkan, hari Senin hingga Kamis, Keraton Surakarta Hadiningrat akan buka mulai pukul 09:00 hingga 14:00. Jangan sampai Teman Traveler datang di waktu yang salah.

Lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat

keraton_5_m0u.jpg
Pintu Masuk Keraton (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Keraton Surakarta Hadiningrat ini berlokasi di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Bangunan Keraton Surakarta Hadiningrat ini di kelilingi oleh alun-alun, Pasar Klewer dan Masjid Agung Surakarta.

keraton_6_wdQ.jpg
Keraton Dijaga oleh Para Prajurit (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Jika masih kebingungan untuk mencapai lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat ini, Teman Traveler dapat mengikuti arahan google map agar tidak tersesat.

Ada Apa Saja dalam Museum?

keraton_7_UOc.jpg
Bagian Depan Keraton (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Dalam museum ini, Teman Traveler dapat menyaksikan benda-benda peninggalan Keraton Surakarta. Beberapa koleksinya antara lain alat masak, senjata-senjata kuno yang digunakan keluarga kerajaan, dan kereta kencana.

keraton_8_Hk9.jpg
Menara Keraton Surakarta (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Ada juga menara yang di sebut Panggung Sanggabuwana. Menurut sejarah, menara tersebut digunakan oleh Susuhunan untuk bersemedi dan bertemu Nyai Roro Kidul, Sang Penguasa Pantai Selatan. Selain sebagai tempat semedi, menara ini juga digunakan sebagai pertahanan untuk mengontrol  keadaan di sekeliling keraton.

Berfoto Bersama Para Prajurit

keraton_9_lkK.jpg
Berfoto bersama Para Prajurit (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Satu lagi nih yang tidak boleh terlewatkan kalau berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat, Teman Traveler harus berfoto dengan prajurit. Tenang saja, mereka sangat ramah terhadap pengunjung bahkan Teman Traveler akan terhibur untuk mengambil foto bersama prajurit dengan beberapa pose foto gagah lengkap dengan prajurit di samping kanan dan kiri.

Seru bukan berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat? Apakah Teman Traveler tertarik untuk berkunjung juga? Jangan lupa masukkan destinasi ini dalam list liburanmu saat bumi telah pulih seperti sedia kala ya. Stay safe! Next

ramadan

Waroeng Steak & Shake, Penutup Dinginnya Malam Kota Bandung

Dodol hingga Kerajinan! Ketahui Beragam Oleh-oleh Khas Garut