in ,

Kereta Api Terpanjang, Setara 12 Lapangan Sepakbola!

The Ghan, Kereta Api yang Panjangnya Sekitar 1 Kilometer

Kereta Api Terpanjang
Kereta Api Terpanjang

Kalau biasanya ukuran kereta api tidak terlalu diperhatikan, sebab kita fokus pada perjalanan. Namun kali ini akan berbeda, lihat saja The Ghan, kereta api dengan panjang sekitar 1 kilometer. Bahkan sampai masuk ke The Guiness World Records sebagai kereta api terpanjang. Seperti apa sih cerita dibalik keunikan tersebut? Yuk, disimak ulasan berikut.

Baca juga : 10 Oleh-Oleh Paling Populer Dari Seluruh Dunia, Kamu Pernah Membeli Salah Satunya?

Kereta The Ghan Panjangnya Sekitar 1 Kilometer, Seperti 12 Lapangan Sepakbola

Panjangnya Mencapai 1 Kilometer via Instagram @miss_alexa
Panjangnya Mencapai 1 Kilometer via Instagram @miss_alexa

The Ghan merupakan nama resmi dari kereta api yang berlokasi di Australia. Kendaraan transportasi ini mempunyai panjang kurang lebih 1,09 kilometer. Kalau diperkirakan setara dengan 12 kali panjang lapangan sepakbola.

Nah saking panjangnya, The Ghan bahkan dinobatkan sebagai kereta api terpanjang oleh The Guiness World Records. Mengalahkan The Indian Pacific yang punya panjang sekitar 774 meter, melayani rute Sydney-Perth.

Termasuk Kereta Legendaris, Beroperasi Semenjak 1929

Kereta Api Legendaris yang Telah Beroperasi Semenjak 1929 via Instagram @shannonmcgrath7
Kereta Api Legendaris yang Telah Beroperasi Semenjak 1929 via Instagram @shannonmcgrath7

The Ghan tidak hanya punya keunggulan di ukuran panjangnya, namun kereta ini pun termasuk legendaris. Kereta api terpanjang ini telah beroperasi semenjak tahun 1929.

Rute kendaraan ini adalah menghubungkan Adelaide di Australia Selatan, dengan Darwin di bagian utara Benua Kangguru ini. Kereta api ini hanya menyediakan jasanya selama satu kali dalam seminggu.

Perjalanan Ditempuh Selama 3 Hari 2 Malam

The Ghan Menempuh Perjalanan Selama 3 Hari 2 Malam via Instagram @craving_fortravel
The Ghan Menempuh Perjalanan Selama 3 Hari 2 Malam via Instagram @craving_fortravel

Kecepatan rata-rata The Ghan adalah 85 kilometer per jam dengan panjang rute 2.979 kilometer. Dapat ditempuh dalam kurun waktu 54 jam atau kurang lebih 3 hari 2 malam. Kereta api terpanjang ini hanya berhenti sekali di Alice Springs, kota antara Adelaide dengan Darwin. Pemberhentian tersebut memiliki durasi sekitar 4 jam.

Punya 44 Gerbong, Mampu Memuat 5.800 Penumpang

Punya 44 Gerbong Penumpang via Instagram @australia
Punya 44 Gerbong Penumpang via Instagram @australia

Kereta api terpanjang ini mempunyai 44 gerbong penumpang dan 2 lokomotif. Dengan banyaknya gerbong yang disediakan, The Ghan dapat menampung kurang lebih 5.800 penumpang untuk sekali jalan.

Berhubung tamunya sangat banyak, kru yang ditugaskan pun harus menyesuaikan yaitu sebanyak kira-kira 55 orang. Kereta ini pun dilengkapi dengan fasilitas diantaranya, 5 gerbong lounge, 6 gerbong restoran, dan gerbong khusus barang bawaan pelancong.

Selain memperbanyak kru, persediaan bahan baku untuk restoran pun tidak kalah banyak. Sekali jalan saja, harus mengangkut hampir 200 kilogram sayur dan daging ikan sampai 3 ribuan terlur.

Kalau Teman Traveler naik The Ghan, tentu akan merasakan pengalaman berbeda menikmati keindahan Australia. Dapat menyaksikan panorama dari bagian selatan ke utara. Kalau punya kesempatan, Teman Traveler berminat menjajal naik kereta api terpanjang ini? Next

ramadan

4 Villa Instagenic di Canggu Bali, Cuma 500 Ribuan!

Berkunjung ke Rammang-Rammang Sulsel

Megahnya Rammang-Rammang Sulsel, Karst Terbesar Ketiga Dunia