in , ,

Megahnya Rammang-Rammang Sulsel, Karst Terbesar Ketiga Dunia

Mengagumi Indahnya Perbukitan di Rammang-Rammang

Berkunjung ke Rammang-Rammang Sulsel
Berkunjung ke Rammang-Rammang Sulsel

Karst (pegunungan kapur) adalah bentang alam khas yang terbentuk akibat proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat, sehingga menghasilkan permukaan bumi nan unik. Siapa sangka, Indonesia memiliki gugusan
pegunungan karst terbesar ketiga di dunia. Kawasan tersebut bisa Teman Traveler temui di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Dikenal dengan nama Rammang-Rammang, tempat wisata satu ini sudah sangat populer di Sulsel.

Baca juga : Beda Dengan yang Lain, Inilah 5 Sajian Mie Warna Tak Lazim

Spot foto favorit wisatawan di Kampung Berua (c) Rosita/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang suka mengunjungi objek wisata anti mainstream, tempat ini bisa jadi pilihan tepat. Apalagi jika kalian berencana mengunjungi wilayah utara Makassar.

Berada Tak Jauh dari Makassar

Kampung Barua dikelililing pegunungan karst (c) Rosita/Travelingyuk

Rammang-Rammang berada tak jauh dari pusat Kota Makassar. Tepatnya di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Objek wisata alam dengan pemandangan tak biasa ini terpisah jarak sekitar 40 km dari Ibu Kota Sulses. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam, menggunakan mobil maupun motor.

Salah satu kegiatan favorit wisatawan di Rammang-Rammang adalah menyaksikan pemandangan matahari terbit. Tak heran, para pemuja sunrise rela berada di sini sejak pagi buta.

Namun tanpa melihat sunrise pun, ada keuntungan lain yang bisa Teman Traveler rasakan ketika datang pagi hari. Kalian akan punya waktu lebih untuk menjelajah wilayah sekitar. Sebab ketika memasuki siang hari, sinar
matahari di Rammang-Rammang bakal terasa lumayan terik.

Apakah Arti Rammang-Rammang?

Kampung Berua, salah satu spot favorit di Rammang-Rammang (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah di antara Teman Traveler yang mengetahui makna Rammang-Rammang? Kata tersebut berasal dari Bahasa Makassar dan memiliki makna kabut atau awan. Saat pagi hari, gugusan pegunungan di sekitar sini memang kerap diselimuti kabut. Pemandangan yang tercipta begitu dramatis dan menakjubkan.

Karst Terbesar Ketiga Dunia

Megahnya pemandangan sekitar, dikelilingi sawah (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler patut berbangga karena hanya ada sedikit negara yang memiliki pegunungan karst. Seperti yang disebutkan sebelumnya Rammang-Rammang, merupakan Taman Hutan Batu Kapur satu-satunya di Indonesia dan terbesar ketiga di dunia.

Objek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Maros ini hanya kalah dari Tsingy di Madagaskar dan Shilin di Tiongkok. Luar biasa bukan Teman Traveler? Oleh karena itu jangan lewatkan datang ke sini jika ada kesempatan dan waktu.

Sungai Menjadi Jalan Utama

Sungai menjadi jalan utama (c) Rosita/Travelingyuk

Rammang-Rammang memiliki sederet objek wisata menarik untuk dikunjungi. Selain Telaga Bidadari, ada Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, dan Kampung Berua. Menariknya, Teman Traveler hanya bisa menuju sana menggunakan perahu motor kecil, menyusuri aliran Sungai Pute. .

Sungai tersebut sekaligus jadi jalan utama menuju sederet destinasi di kawasan Rammang-Rammang. Teman Traveler akan diajak merasakan sensasi melewati tebing-tebing batu tinggi menggunakan perahu motor. Biaya sewa bervariasi, berkisar antara Rp 100.000-Rp 300.000 per perahu dengan daya angkut maksimal enam orang.

Itulah sekilas ulasan mengenai Rammang-Rammang, satu-satunya pegunungan karst terbesar di Indonesia yang sekaligus masuk peringkat ketiga dunia. Jika Teman Traveler berencana datang Kota Makassar, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat eksotis ini.  Next

ramadan
Kereta Api Terpanjang

Kereta Api Terpanjang, Setara 12 Lapangan Sepakbola!

Pantai dengan Jembatan Gantung di Jogja, Nikmati Indahnya Deburan Ombak dari Sisi Berbeda