in

Viral Seorang Perempuan Kesurupan Kuntilanak Saat Mendaki Gunung Gede

Mendaki gunung merupakan hal yang menyenangkan. Namun selain menyimpan berbagai keindahan, gunung juga menyimpan berbagai hal mistis yang tak bisa dijelaskan dengan nalar dan akal sehat. Berbagai kejadian mistis kerap terjadi, mulai dari tersesat di pasar gaib hingga fenomena kesurupan.

Baca juga : Wisata Kabupaten Gunungkidul Yang Mempesona

Baru-baru ini, viral beredar video di media sosial yang memperlihatkan kejadian kesurupan seorang pendaki perempuan di jalur Gunung Gede. Unggahan video tersebut sudah ditonton lebih dari 12 juta kali. Lantas bagaimana kesurupan tersebut bisa terjadi?

 Kesurupan di Gunung Gede

Berital viral pendaki wanita yang kesurupan di jalur Gunung Gede melalui Jalur Putri menuju pos 3, pertama kali diunggah oleh @fajartunggalputra di akun TikTok miliknya. Dalam video tersebut, terlihat seorang wanita sedang dikelilingi oleh beberapa pendaki pria. Mereka berusaha menenangkan perempuan yang tampaknya sedang memberontak saat dibacakan ayat suci Al-Qur’an.

Foto via Tamanpendidikan.com

Pada saat dibacakan ayat suci Al-Qur’an, wanita itu tertawa layaknya kuntilanak. Dan pada saat diberiakan air yang sudaha diberi doa, ia menyemburkannya sambil sesekali menangis. Sempat terlihat sadar, namun ia itu kesurupan lagi. Tak diketauhi kelanjutan kejadian tersebut. Namun, pihak Humas Balai Besar taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Agus Deni mengatakan pihaknya belum mendapatkan informasi terkait kesurupan tersebut.

Penyebab kejadian mistis di gunung

Pihak TNGGP juga mengatakan, bahwa kasus kesurupan merupakan hal yang biasa dan sering terjadi kepada para pendaki. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut. Mulai dari kurang fit, pikiran kosong, hingga perilaku buruk yang tidak dijaga selama pendakian. Pada tahun 2014, juga pernah terjadi kesurupan di Alun-Alun Suryakencana, Gunung Gede. Kesurupan tersebut terjadi kepada seorang pria berusia 42 tahun hingga akhirnya hipotermia dan meninggal dunia.

Foto via Antaranews.com

Tak hanya itu, pada tahun 2019 juga pernah terjadi kasus kesurupan pada seorang wanita dan berperilaku menyerupai harimau. Hal itu juga terjadi pada saat pendakian ke Gunung Gede. Dari banyaknya kejadian mistis tersebut, Gunung Gede yang terletak di Jawa Barat ini, merupakan gunung yang memiliki jalur pendakian lumayan pendek dan cocok untuk pemula.

Mitos di Gunung Gede

Selain memiliki jalur yang lumayan pendek, pendakian ke Gunung Gede dapat dilalui 3 jalur, yaitu via Selabintana, Cibodas, dan Gunung Putri. Ketiganya merupakan jalur resmi dengan pengawasan TNGGP. Beberapa mitos pun menyebar di kalangan para pendaki. Mulai dari adanya kerajaan gaib di puncak gunungnya. Dan adanya makam dari Raden Suryakencana disekitaran Alun-Alun Suryakencana.

Foto via Radar bogor

Beberapa kisah misteri juga sering terdengar, seperti penunggu gunung yang memiliki sosok menyeramkan dengan dua kepala dikiri dan kanan. Kerap menyerupai warga sekitar dan menyesatkan para pendaki. Ada pula sosok wanita berbaju putih bila melalui jalur via Cibodas. Sosok wanita ini kerap meminta tolong para pendaki untuk membantu mencari temannya, namun mengajak para pendaki masuk ke dalam hutan.

Dari berbagai cerita mistis yang terjadi, Gunung Gede meyimpan pemandangan yang luar biasa indah. Di mana pun berada, tak hanya digunung saja, berperilaku yang baik dan sopan akan membawa keselamatan hingga dapat kembali pulang dengan aman dan selamat. Next

ramadan

Kya Kya Surabaya Dibuka Kembali oleh Pemkot Surabaya

Air mineral termahal didunia

4 Merek Air Mineral Termahal di Dunia, Setara Harga Rumah!