in , ,

7 Keunikan Kete Kesu, Desa Adat Menawan di Tana Toraja

Deretan Fakta Unik dari Destinasi Wisata Kete Kesu Toraja

Tongkonan di Kete Kesu
Tongkonan di Kete Kesu (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Kete Kesu merupakan sebuah objek wisata di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Jaraknya dari Makassar cukup jauh, sekitar 300 km. Bisa ditempuh selama kurang lebih delapan jam perjalanan. Teman Traveler bisa menggunakan bus, mobil, maupun sepeda motor.

Baca juga : Jalan-jalan ke Rumah Mewah Para Bangsawan di Jawa

Kete Kesu memiliki kekhasan tersendiri dibanding destinasi wisata lain di Sulawesi Selatan. Dijamin Teman Traveler takkan bisa menemukannya di tempat lain. Apa saja? Yuk, kita simak bersama ulasannya.

Rumah Adat Tongkonan

Deretan Tongkonan di Kete Kesu (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Pertama adalah keberadaan rumah adat yang biasa disebut Tongkonan. Atapnya berbentuk melengkung, terdiri dari bambu yang disusun rapi. Sama sekali tidak tembus air dan bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Tak jauh dari Tongkonan, Teman Traveler akan menemukan sebuah lumbung atau biasa disebut alang. Tempat ini biasa digunakan untuk menyimpan persediaan beras serta bahan kebutuhan pokok lainnya.

Kuburan Toraja

Kuburan Toraja (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Keunikan kedua dari Kete Kesu adalah bangunan kuburan masyarakat Toraja. Bentuknya bermacam-macam, ada yang mirip rumah tembok, ada juga yang dibuat bulat melingkar. Bangunan ini digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir keluarga atau penduduk yang telah meninggal.

Ukiran Khas Toraja

Perajin membuat ukiran khas Toraja (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Hal lain yang pantang dilewatkan dari Kete Kesu adalah kerajian ukiran khas Toraja. Semuanya dikerjakan langsung oleh para perajin di sekitar kawasan wisata ini. Bentuknya juga beragam, mulai dari hiasan dinding, miniatur Tongkonan, hingga sarung pedang khas Toraja.

Kuburan Batu

Kuburan batu (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Selain kuburan berbentuk rumah, di sini Teman Traveler juga bisa menemukan kuburan unik dari batu dan berbentuk perahu. Semuanya ditumpuk rapi di kawasan perbukitan yang ada di dekat Kete Kesu. Pantang dilewatkan jika kalian sedang berada di sini.

Peti Kayu

Peti jenazah (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Tak jauh dari kawasan kuburan batu, Teman Traveler juga bisa melihat deretan peti jenazah leluhur orang Toraja. Semuanya diletakkan begitu saja di atas tebing atau digantung. Dari kejauhan, nampak seperti kuburan bergelantungan.

Kepala Kerbau dan Tengkorak

Peti dengan hiasan kepala kerbau (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Jika jeli, Teman Traveler juga akan menemukan peti jenazah leluhur orang Toraja dengan bentuk menyerupai kepala kerbau, lengkap dengan tanduk di kedua sisinya. Uniknya lagi, peti ini memiliki tengkorak manusia di bagian atasnya. Konon tengkorak tersebut adalah milik jenazah yang ada di dalam peti.

Patung Leluhur

Patung leluhur Orang Toraja (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu kaget jika melihat ada beberapa patung menyerupai manusia di tebing batu dekat pemakaman leluhur orang Toraja. Menurut penuturan masyarakat sekitar, patung-patung tersebut merupakan gambaran para nenek moyang yang telah meninggal dan dikuburkan di sana.

Itulah sederet keunikan yang bisa Teman Traveler temukan di kawasan wisata Kete Kesu. Jika penasaran dengan hal-hal menarik seputar kebudayaan masyarakat Toraja, tak ada salahnya berkunjung ke sini di masa liburan mendatang. Next

ramadan
Hotel Emersia Malioboro

Hotel Emersia, Penginapan Keluarga Asyik dekat Malioboro

Pantai Carocok

Deretan Destinasi Cantik Painan, Eloknya Alam Sumatra Barat yang Bikin Terpana