in , , ,

Keunikan dan Keindahan Coban Nirwana Malang Selatan

Malang merupakan kota yang mempunyai banyak keindahan didalamnya, salah satunya air terjun Nirwana. Surga yang tersembunyi di area Malang selatan. Bukan hanya sekedar indah, air terjun ini menghadirkan panorama yang cukup unik dan menarik.

Baca juga : I’Ampelgading Homeland, Nyore Asyik di Bandungan

Air terjun coban Nirwana dilihat dari bawah via instagram @onezliano

Air terjun ini tergolong sepi dan jarang dikunjungi pengunjung, sehingga tempat ini masih terjaga keasriannya. Layak seperti tempat yang belum dijamah manusia. Struktur berundak menjadikan keunikan air terjun Nirwana. Dimana terdapat tiga tingkat dengan ketinggian yang berbeda. Tingkat pertama memiliki ketinggian lebih tinggi dari tingkat kedua. Untuk tingkat ke tiga layaknya pondasi dari tingkatan diatasnya.

Selain itu, sekitar air terjun terhiasi oleh tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh membuat keasrian dan kerindangan sekitar air terjun lebih natural dan adem. Disamping itu suara percikan air dan cuitan burung dapat memecah keheningan dan memberi kesejukan. Bagi yang suka ketenangan tempat ini bisa dijadikan rekomendasi untuk menenangkan diri.

Air tenjun Nirwana dengan tiga tingkat via instagram @arif_f5

Untuk fasilitas yang tersedia belumlah maksimal karena wisata air terjun Nirwana belumlah populer di kalangan wisatawan. Bahkan dari pihak pemerintah daerah pun belum ada tindakan lanjut. Sehingga tidak tersedianya loket masuk wisata. Untuk parkir kendaraan selama ini cukup dititipkan di pelataran rumah warga sekitar dengan membayar seikhlasnya.

Spot terbaik untuk mengabadikan momen adalah di bawah air terjun dan di atas. Jangan khawatir akses jalan dari bawah ke atas air terjun sudah disediakan oleh warga berupa jalan setapak dan tangga sehingga wisatawan tidak memutar lebih jauh. Akan tetapi sangatlah berhati hati saat melalui jalur tersebut, karena tanah sangat licin akibat resapan sumber dari lereng tanah.

Spot foto terbaik dari atas air terjun via instagram @arif_f5

Air terjun Nirwana berada di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Tepat 50 km dari kota Malang mengarah ke selatan. Akses meuju lokasi sangatlah mudah dan jalur sudah berupa aspal, sehingga lebih memudahkan menuju lokasi.

Waktu yang terbaik untuk menikmati air terjun adalah pagi hari. Dan datanglah disaat musim kemarau, karena air terjun mengalir dengan indah saat musim kemarau.

Next

ramadan
fi spot wisata paralayang indonesia

4 Spot Wisata Paralayang di Indonesia, Wajib Masuk List Liburan Setelah PPKM

Keindahan Senja di Pantai Watu Lepek Malang