in , , , ,

Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Puncak Merbabu, Sudah Pernah?

Kibarkan Bendera Merah Putih Jadi Momen Spesial Bagi Pendaki Gunung Merbabu

7aff8b19_7d9e_4b70_9f5d_73055dccf7fa_xfL.jpeg
Taman Nasional Gunung Merbabu (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Tanggal 17 Agustus adalah hari kemerdekaan sekaligus menjadi hari istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia, setiap tahunnya pada tanggal tersebut sering diisi dengan beragam acara yang bisa memperkuat rasa nasionalisme kita. Bendera Merah Putih akan serentak berkibar dari Sabang hingga Merauke, upacara kemerdekaan diadakan dan akan diikuti oleh berbagai kalangan tak terkecuali para traveller yang sudah memberikan kontribusi dengan mengenalkan keindahan alam Indonesia pada muka dunia.

Baca juga : Mengenal Chicken Island, Pesona Menawan Bukit Batu Pesisir Thailand!

Umumnya upacara diadakan dilapangan, tapi banyak upacara kemerdekaan yang diadakan ditempat-tempat yang tak biasa seperti Pemprov DKI Jakarta yang akan menggelar upacara kemerdekaan di Pulau Reklamasi, kemudian ada yang menggelar upacara didalam laut, udara, tebing, dan juga gunung yang tak pernah sepi kala hari kemerdekaan tiba dan sering menjadi tempat untuk melaksanan upacara kemerdekaan Indonesia. Salah satu gunung yang populer sebagai tempat pelaksanaan pengibaran Sang Saka Merah Putih adalah Merbabu.

Merbabu 3145Mdpl

89881bd8_bb87_41a9_ad5b_45d22deb15c3_zjs.jpeg
View Merbabu dari ketinggian 3100Mdpl (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Siapa yang tidak kenal dengan Merbabu, gunung dengan panorama terindah di Jawa Tengah ini bertipe Strato dan terletak diantara tiga kabupaten yaitu Magelang, Boyolali dan Semarang dengan ketinggian 3145 Mdpl. Bagi pendaki lokal, gunung ini termasuk pendakian yang medium dan termasuk gunung yang ramah bagi pemula.

Walaupun termasuk gunung api aktif, tapi kondisi Merbabu sedang terlelap pada tidur panjangnya. Meski begitu, Teman Traveler harus tetap waspada jika ingin mendaki gunung yang satu ini. Hal tersebut karena Merbabu sangat dekat dengan gunung yang terkenal Hyperaktif yaitu Merapi. Jadi tetaplah waspada ya Teman Traveler.

Merah Putih di Puncak Merbabu

e970b368_033a_4386_a8f6_5b0a35297eb7_DfO.jpeg
Mengibarkan Merah Putih di atas puncak (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Setiap tanggal 17 Agustus, pengelola Taman Nasional Wisata Gunung Merbabu selalu mengadakan acara untuk memperingati kemerdekaan RI dengan mengadakan upacara bagi semua pendaki yang hendak naik dihari kemerdekaan. Upacara 17 Agustus akan dimulai dari jam 08:00 waktu setempat sampai dengan selesai. Tidak hanya upacara, kegiatan akan dilanjutkan dengan sejumlah games atau kerja bakti yaitu membersihkan gunung.

Semua pendaki bergotong royong memunguti sampah yang tertinggal di gunung. Kegiatan ini tentu saja berdampak positif untuk menjaga kelestarian gunung yang menjadi tanggungjawab kita bersama. Pada tanggal kemerdekaan tersebut biasanya pendaki akan melonjak hingga 3 kali lipat dibanding hari biasa, jadi jangan heran jika gunung ini akan diselimuti lautan manusia yang ingin mengabadikan momen kemerdekaan di atas gunung.

Indah Namun Misterius

4c723fcd_d7cc_4fe4_8cfc_025e1d067ae1_j3g.jpeg
View dari puncak Kenteng Songo (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Keindahaan Gunung Merbabu tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Dari atas Merbabu, Teman Traveler bisa melihat dengan jelas gagahnya Gunung Merapi. Selain itu, sederet panorama yang mempesona akan Teman Traveler jumpai saat mendaki Merbabu. Terlepas dari keindahanya, Merbabu juga populer karena memiliki hal yang bersifat mistis dan juga misteriu. Konon di Gunung Merbabu terdapat kerajaan serta gerbang gaib yang menghubungkan antara dua alam.

Selain itu, terdapat pula makhluk tak kasat mata seperti macan gaib dan juga gadis penunggu Gunung Merbabu. Semua cerita tersebut bukanlah hal yang aneh sebenarnya mengingat bahwa gunung adalah sumber dari segala alam. Walaupun begitu, Merbabu selalu menjadi gunung favorite untuk melakukan pendakian serta menikmati alam apalagi dihari kemerdekaan Indonesia.

Savana di Atas Lautan Awan

6656740b_01b2_459a_a11c_6c917b489d7f_GdZ.jpeg
Sabana II Camping Ground (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Banyak hal menarik dari Gunung, salah satunya adalah terdapat dua padang savana yang terhampar luas diatas gunung. Sabana I dan Sabana II menjadi spot terbaik untuk mengabadikan moment bagi para pendaki. Selain tempatnya yang bagus, Sabana I dan II juga menjadi tempat camping ground yang baik untuk mendirikan tenda, karena tempatnya yang sangat luas.

e2049671_f3d9_43c9_9bb8_b57763dc8a83_4zW.jpeg
Lautan Awan yang Menawan (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Selain itu, sabana ini juga menjadi lapangan untuk mengadakan upacara kemerdekaan. Merbabu tidak memilki kawah vulkanik seperti gunung berapi lainnya namun Merbabu memiliki tiga puncak yaitu Triangulasi, Kenteng Songo dan Syarif yang memiliki view puncak berbeda-beda. Teman Traveler juga dapat menikmati lautan awan dari padang ilalang yang ada di Merbabu yang bisa Teman Traveler nikmati saat siang maupun sore.

Sunrise Merbabu

f3bebcd7_7fd4_4a3a_84fd_d3e9884f59c5_yJ1.jpeg
Sunrise diatas Puncak Triangulasi (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Jika laut atau pantai lebih indah dinikmati saat senja maka gunung lebih indah dinikmati saat terbit. Sangat disayangkan jika Teman Traveler mendaki gunung tapi tidak melihat dan merasakan keindahan sang mentari. Merbabu menyajikan sunrise yang indah, bahkan bisa disandingkan dengan sunrise lain yang ada di gunung Indonesia. Jika ingin menikmati sunrise di Merbabu, Teman Traveler tidak harus naik ke puncak.

Teman Traveler juga sudah bisa menyaksikan matahari terbit tersebut dari Sabana I maupun II, dan dari tempat tersebut Teman Traveler sudah disuguhi hamparan lautan awan berwarna kuning keemasan sang mentari. Namun, tetap saja, spot terbaik dan paling banyak dipilih oleh para pendaki untuk menikmati sunrise adalah puncak Merbabu. Teman Traveler akan merasa bangga jika bisa mengibarkan sang merah putih sekaligus melihat keindahan negeri Indonesia dari atas ketinggian.

Dimanapun Teman Traveler mengibarkan sang merah putih, tujuan dari hal tersebut bukan hanya sekedar hiasan tapi juga untuk satu jiwa demi kemerdekaan bangsa. Selamat ulang tahun Indonesia, salam dari pendaki Merbabu yang melaksanakan hari jadimu di atas lautan awan Indonesia! Next

ramadan

Sam Poo Kong, Klenteng Megah Bak China di Kota Lumpia

Deretan Suku di Uang 75 Ribu, Ada yang Bikin Gaduh