in ,

Deretan Suku di Uang 75 Ribu, Ada yang Bikin Gaduh

Sempat Bikin Heboh, Ternyata Ini Loh Deteran Baju Adat dan Suku di Uang 75 Ribu yang Baru!

Pada hari Senin, 17 Agustus 2020 lalu, Indonesia memperingati 75 tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Banyak hal yang dilakukan oleh berbagai kalangan untuk memeriahkan hari kemerdekaan mulai dari melaksanakan upacara hingga mengadakan berbagai permainan berhadiah. Tidak mau kalah, bertepatan dengan momen tersebut, pemerintah merayakannya dengan cara mengeluarkan uang pecahan Rp75.000.

Baca juga : Paket Bukber Hotel di Malang, Mulai 75 Ribuan, Yuk Ajak Teman Se-Geng

Uang 75 Ribu via Instagram @tatsuya.cxw

Namun, baru saja keluar, uang kertas tersebut telah dituding menaruh gambar seorang anak berpakaian khas suku China yang tentu saja menghebohkan dunia maya. Berita tersebut tentu saja tidak benar alias hoax! Hal spesial lainnya, uang kertas ini juga berisi beragam putra putri Indoensia yang menggunakan pakaian adat khas dari suku dan daerah di Indonesia yang belum pernah dijumpai pada uang kertas lainnya. Lantas, pakaian adat dari mana saja sih yang ada di uang kertas senilai Rp75.000 tersebut. Berikut ulasannya!

1. Baju Adat Aceh

Baju Adat Aceh via Instagram @tatsuya.cxw

Anak laki-laki pertama pada uang Rp75.000 terlihat menggunakan pakaian adat khas Aceh yang dikenal dengan sebutan Ulee Balang bernama Linto Baro. Pakaian tersebut biasanya digunakan oleh raja beserta keluarganya ketika mengikuti upacara adat atau acara sakral.

2. Baju Adat Riau

Baju Adat Riau via Instagram @tatsuya.cxw

Anak perempuan yang berada di posisi kedua menggunakan pakaian adat khas Riau yang dikenal dengan sebutan Kebaya Laboh. Pakaian tersebut dikenalkan oleh masyarakat Melayu Riau dan menjadi salah satu bagian dari pakaian adat Indonesia.

3. Baju Adat Jawa Tengah

Baju Adat Jawa Tengah via Instagram @tatsuya.cxw

Teman Traveler yang berasal dari Jawa Tengah pasti sudah tidak asing dengan pakaian adat anak laki-laki pada urutan ke tiga. Anak tersebut menggunakan pakaian adat Jawa Tengah yang dikenal dengan sebutan Jawi Jangkep lengkap dengan Baju Beskap bermotif bunga.

4. Suku Dayak, Kalimantan Barat

Baju Adat Suku Dayak via Instagram @tatsuya.cxw

Anak perempuan pada posisi keempat mewakili Kalimantan Barat dengan menggunakan pakaian adat khas Suku Dayak yang dikenal dengan nama King Bibinge yang terbuat dari bahan dasar kulit kayu kapuo yang kemudian diolah menjadi kain.

5. Suku Tidung, Kalimantan Utara

Baju Adat Suku Tidung via Instagram @tatsuya.cxw

Sempat menjadi konroversi karena sangat mirip dengan pakaian khas Negeri Tirai Bambu, anak yang berada di barisan kelima tersebut sebenarnya menggunakan pakaian adat dari Tidung yang merupakan suku asli dari bagian utara Pulau Kalimantan.

6. Suku Rote, Nusa Tenggara Timur

Baju Adat Suku Rote via Instagram @tatsuya.cxw

Pada urutan keenam di uang kertas pecahan Rp75.000 tersebut, seorang anak menggunakan pakaian adat Nusa Tenggara Timur yang diwakili oleh busana wanita khas Suku Rote lengkap dengan bula molik yang berarti bulan sabit pada bagian kepala.

7. Baju Adat Gorontalo

Baju Adat Gorontalo via Instagram @tatsuya.cxw

Selanjutnya, terdapat seorang anak laki-laki lengkap dengan menggunakan pakaian adat Gorontalo yang terlihat lengkap dengan penutup kepala yang menjulang tinggi dan terkulai ke belakang disebut dengan nama makuta atau laapia bantali sibii.

8. Baju Adat Maluku

Baju Adat Maluku via Instagram @tatsuya.cxw

Pada urutan ke delapan, Teman Traveler akan melihat seorang wanita yang menggunakan pakaian adat Maluku yang dikenal dengan sebutan Baju Cele lengkap dengan konde kecil juga haspel atau tusuk konde, sisir kuping dan juga bunga ron yang dilingkarkan pada konde.

9. Baju Adat Papua

Baju Adat Papua via Instagram @tatsuya.cxw

Terakhir, Teman Traveler akan melihat seorang laki-laki yang memakai baju adat Papua yakni Koteka atau juga dikenal dengan nama pakaian holim. Lengkap dengan hiasan kepala dan pernak pernik khas dari Tanah Mutiara Hitam.

Nah, itulah beberapa pakaian adat yang dikenakan oleh laki-laki dan perempuan pada uang pecahan Rp75.000 yang dikeluarkan untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hayo, jangan sampai salah dalam mengenali beragam baju adat khas Indonesia ya. Semoga bermanfaat! Next

ramadan

Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Puncak Merbabu, Sudah Pernah?

Fat Straw, Ragam Pilihan Menu Uniknya Segarkan Tenggorokan!