in , , ,

Kisah Sedih Kaburnya Penduduk Korea Utara, Selamat Namun Tetap Tragis!

Melarikan diri dari tanah kelahirannya Korea Utara
Melarikan diri dari tanah kelahirannya Korea Utara

Korea Utara hingga kini tetap berpegang teguh dengan sistem komunis yang sangat diktator. Ketertutupan pemerintah Korea Utara kepada dunia membuat banyak penduduknya yang mengalami kesengsaraan. Tidak adanya jaringan internet hingga penolakan berbagai aturan kemanusiaan membuat negara ini jauh dari kata bebas. Banyak rakyat Korea Utara sengaja mencoba kabur, banyak diantaranya selamat namun harus dibayar dengan harga yang besar hingga taruhan nyawa.

Baca juga : Nggak Cuma Big Ben, Deretan Ikon Dunia Ini juga Mengalami Perubahan

Melarikan diri dari tanah kelahirannya Korea Utara
Melarikan diri dari tanah kelahirannya Korea Utara. Foto via kompas.com

Berikut beberapa kisah pilu rakyat Korea Utara yang berhasil melarikan diri.

Yeonmi Park Alamai Pemerkosaan Hingga Perdagangan Manusia

Salah satu perempuan tangguh bernama Yeonmi Park bersih kukuh untuk keluar dari Korea Utara. Ia merasa setiap hari dikehidupannya penuh dengan kesengsaraan. Kesiskinan hingga kelaparan terus menerus dialaminya ketika di Korea Utara. Sayangnya keluar dari negara tersebut disambut tragedi mengerikan. Mulai dari bekunya ketika musim dingin menerjang Korea Utara hingga mengalami pemerkosaan yang dilakukan kelompok penyelundupan manusia.

Yeonmi Park salah satu penduduk Korut yang telah melarikan diri hingga alami pemerkosaan
Yeonmi Park salah satu penduduk Korut yang telah melarikan diri hingga alami pemerkosaan. Foto via www.relacionesinternacionales.media.com

Belum selesai disitu, mereka harus melewati berbagai isu perdagangan manusia. Kesabaran dan kegigihannya telah membuahkan hasil meski harus rela kehilangan orang tersayangnya. Yeonmi Park telah mendapatkan pertolongan dari misionaris Kristen Korea Selatan.

Tentara Ditembak Oleh Rekannya Sendiri

Banyak sekali upaya yang dilakukan masyarakat Korea Utara untuk melarikan diri dari negaranya. Bahkan ini dilakukan oleh tentara Korea Utara sendiri akibat rasa sengsaranya hidup ditanah Korut ini. Salah satu tentara yang bertugas di Zona Demiliterisasi menggunakan mobil untuk melintasi batas Korea Utara dan Korea Selatan.

Tentara Korea Utara yang Kabur dan tertembak oleh rekannya sendiri
Tentara Korea Utara yang Kabur dan tertembak oleh rekannya sendiri. Foto via abadikini.com

Tragisnya, setelah melompat dari batas menuju Korea Selatan, tentara ini ditembaki oleh rekannya sendiri. Alhasil tubuh penuh dengan luka dan ceceran darah hingga diseret oleh tentara Korea Selatan agar segera mendapat pertolongan. Hingga akhirnya tentara ini selamat dan hidup normal di Korea Selatan.

Dijadikan Pekerja Seks Online

Banyak sekali kasus kesengsaraan rakyat Korea Utara dan melarikan diri selalu memilih jalur Tiongkok. Resiko tinggi seperti kehilangan nyawa menjadi momok utama ketika tertangkap. Namun melarikan diri ke Tiongkok tetap menjadi pilihan terakhir agar terhindar dari kehidupan yang tidak menyenangkan ditanah kelahirannya.

dua perempuan sengaja melarikan diri dari Korea Utara dan dijadikan pekerja seks secara online
dua perempuan sengaja melarikan diri dari Korea Utara dan dijadikan pekerja seks secara online. Foto via bbc.com

Banyak kisah pilu yang diderita ketika meninggalkan Korea Utara salah satunya perempuan yang dikurung disebuah bangunan dan dijadikan pekerja seks secara online. Namun tak lama kemudian dia terbebas atas pertolongan pendeta secara diam-diam. Mereka sekarang hidup bebas dan diserahkan ke pihak Korea Selatan dengan aman.

Diculik Kembali Oleh Korea Utara

Lim Ji Hyun menjadi salah satu perempuan Korea Utara yang kabur ke negara tetangga Korea Selatan. Layaknya kehidupan baru di Korea Selatan hingga menjadikan wanita ini sebagai bintang talkshow kisah melarikan dirinya dari Korea Utara. Namun beberapa tahun kemudian, Lim Ji Hyun tak lagi terlihat. Banyak informasi yang beredar akan dirinya yang telah kembali ke negara aslanya.

Lim Ji Hyun salah satu wanita yang berhasil kabur dari Korea Utara dan tragisnya ia diculik kembali ke negara asalnya
Lim Ji Hyun salah satu wanita yang berhasil kabur dari Korea Utara dan tragisnya ia diculik kembali ke negara asalnya. Foto via liputan6.com

Pengakuannya yang janggal di media sosial membuat banyak warga Korea Selatan berpendapat tentang diculiknya kembali oleh Korea Utara menjadi hal propaganda negara tersebut.

Habiskan US$ 10.000 Untuk Keluar Dari Negara Asalnya

Banyak kisah tragis penduduk Korea Utara yang dialami ketika melarikan diri dari negara asalnya. Mereka melakukannya akibat sengsaranya hidup sehingga banyak yang direlakan agar terhindar dari penderitaannya. Mulai dari berjuang secara fisik hingga harus mengeluarkan uang banyak agar terbebas. Hal ini dilakukan oleh salah satu penduduk Korea Utara bernama Nara asal Kota Chongjin, Korea Utara.

Nara salah satu perempuan yang berhasil keluar dari Korea Utara dengan membayar sejumlah uang
Nara salah satu perempuan yang berhasil keluar dari Korea Utara dengan membayar sejumlah uang. Foto via Sociola.com

Nara berhasil menyeberangi sungai diperbatasan Korea Utara dan Tiongkok sesudah membayar sejumlah uang US$10.000. Hingga kini kita telah paham bahwa kemerdekaan dan kebebasan memiliki harga yang sangat mahal untuk sebagian orang. Tetaplah bersyukur hidup di Nusantara akan kebebasan dengan berbagai pesona dan sumber daya alam yang melimpah. Next

ramadan
Tokyo Disney Resort menampilkan kehidupan layaknya film Toy Story

Nikmati Dunia Impian di Disney Resort Jepang Berkonsep Toy Story

Meditasi dengan nuansa alam dapat mempercepat penyembuhan luka akan sakit hati

Pahami Makna Healing Sebenarnya, Jangan Salah Artikan Ya!