in ,

Restoran Kluwih Sunda Autenthic, Santap Sajian Tradisional dengan Nuansa Hutan

Presiden Jokowi pun Pernah Makan di Kluwih Sunda Authentic

Restoran Kluwih Sunda Authentic
Restoran Kluwih Sunda Authentic via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Siapa yang mengaku penggemar masakan Sunda? Apalagi warga Bogor, pasti sudah tak asing dengan restoran satu ini. Kluwih Sunda Autenthic, tempat makan yang sajikan hidangan khas Sunda dengan bangunan megah dan apik.

Baca juga : 8 Tempat Paling Direkomendasi Untuk Melihat Gerhana Matahari

Terletak Jalan Bina Marga I No.12, Baranangsiang, Bogor, ketenaran restoran satu ini bahkan sampai ke telinga Presiden. Penasaran seperti apa? Simak selengkapnya lewat ulasan kontributor Travelingyuk, Ken Kirana berikut ini.  

Konsep Bangunannya Menyatu Pohon

Ada pohon ditengah-tengah bangunan Kluwih Sunda Authentic - via instagram/@kluwih_sundaauthentic
Pohon di tengah bangunan restoran via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Restoran Kluwih Sunda Autenthic dibangun di atas lahan yang memiliki pohon besar. Alih-alih ditebang. pohon tersebut justru dibiarkan berpadu apik dengan area tempat makan. Terlihat sangat pas dengan interior yang didominasi kayu. Kehadiran tanaman ‘raksasa’ di tengah-tengah tempat makan juga menjadikan suasana lebih sejuk. Unik sekali, ya! 

Pohon besar yang menyatu dengan bangunan Kluwih Sunda Authentic - via instagram/@kluwih_sundaauthentic
Pohon yang seolah menyatu dengan bangunan via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Desain Unik Berbuah Penghargaan

Desain eksterior area makan semi outdoor di Kluwih Sunda Autenthic - via instagram/@donpieto
Desain eksterior area makan semi outdoor via Instagram.com/donpieto

Tak dapat dipungkiri, Restauran Kluwih Sunda Autenthic memang memiliki desain bangunan ciamik. Hal ini pun menarik perhatian banyak pihak, tak terkecuali para praktisi dan ahli di bidang desain bangunan.

Desain eksterior Kluwih Sunda Autenthic - via instagram/@kluwih_sundaauthentic
Desain eksterior Kluwih Sunda via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Terbukti, Kluwih Sunda Autenthic mendapat penghargaan 5 Besar untuk Desain Interior dan Eksterior dari HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) di 2017. Bagaimana? meskipun menyajikan makanan tradisional, bangunannya terlihat modern dan megah ya.

Aneka Sajian Khas Sunda

Paket aneka nasi khas Sunda yang bisa kamu pesan di Kluwih Sunda Autenthic - via instagram/@kluwih_sundaauthentic
Paket aneka nasi khas Sunda via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Sesuai namanya, restoran satu ini menyajikan berbagai menu khas Sunda, dari makanan hingga minuman. Tak tanggung-tanggung, Kluwih Sunda Autenthic memiliki lebih dari 300 varian menu dengan berbagai paket, dari ala carte, buffet, bancakan hingga box.

Aneka menu lauk dan sayur oseng yang bikin ngiler - via instagram/@kluwih_sundaauthentic
Aneka menu lauk dan sayur oseng yang bikin ngiler via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Jika Teman Traveler bingung mau pesan apa, bisa memilih paket menu nasi komplit khas Sunda yang sungguh menggoda. Ada Paket Nasi Jambal, Nasi Tutug Oncom, Nasi Timbel, Tumpeng Mini, dan masih banyak lainnya. 

Tak ketinggalan, pilihan aneka sayur atau lauk oseng andalan Kluwih Sunda Authentic, siap menemani jamuan makanmu bersama nasi putih. Pilihannya juga beragam, mulai dari Oseng Kambing, Oseng Babat, Oseng Iga, Oseng Buntut Sapi, Oseng Daging, Oseng Cumi hingga Oseng Jambal. Melihatnya saja sudah bikin ngiler ya, Teman Traveler. Harga makanan di sini pun juga bervariasi, dibanderol mulai Rp7.000 hingga Rp72.000. 

Minuman di Kluwih Sunda Authentic yang menyegarkan - via instagram/@kluwih_sundaauthentic
Beragam pilihan minuman via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Eits, jangan lupa pesan juga minumannya. Ada beberapa pilihan seperti Es Cendol, Es Goyobod, Es Doger, dan masih banyak lagi. Untuk harga minuman di sini, dibanderol mulai Rp15.000 hingga Rp21.000.

Paket Nasi Liwet Buat Makan Rame-Rame 

Paket Nasi Liwet untuk teman travellers yang datang rame-rame - via instagram/@shelmisetiawan
Paket nasi liwet via Instagram.com/shelmisetiawan

Datang rame-rame bersama keluarga atau kolega? Pesan saja Paket Nasi Liwet atau Nasi Wangi. Teman Traveler akan mendapat Nasi Liwet, Cah Jantung Pisang, Indel Cumi, Ikan Kapas Balado, tahu, sambal dan kerupuk. Selain itu masih ada aneka pilihan lauk, seperti Ayam, gurame, nila, dan empal. Plus tambahan teh hangat yang bisa di-refill.

Paket Nasi Liwet diperuntukkan untuk enam orang dibanderol dengan harga Rp420.000. Sedangkan, paket untuk 10 orang ditawarkan seharga Rp650.000.

Bagi Teman Traveler yang datang dengan rombongan empat orang, bisa memilih Paket Nasi Wangi. Paket ini terdiri dari Nasi Wangi, Sambelan Ati Ampela, Suwir Telur, Teri Kacang, Tempe Tepung, Peyek, Lalapan, Sambal Ceurik, dan juga pilihan lauk seperti ayam atau empal. Kalian juga mendapatkan teh hangat yang bisa di-refill. Satu paket Nasi Wangi dibanderol seharga Rp270.000. Bagaimana? Teman Traveler tertarik mencoba yang mana?

Jadi Favorit Presiden Jokowi 

Presiden Jokowi saat mampir ke Restauran Kluwih Sunda Authentic, Bogor - via instagram/@kluwih_sundaauthentic
Presiden Jokowi saat mampir ke Restoran Kluwih via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Rasa memang tidak pernah bohong. Restoran Kluwih Sunda Authentic tak hanya digemari masyarakat Bogor dan sekitarnya saja. Bahkan juga jadi favorit Presiden Joko Widodo dan keluarga.

Bu Iriana Joko Widodo saat mampir ke Restauran Kluwih Sunda Authentic, Bogor - via instagram/@kluwih_sundaauthentic
Bu Iriana Widodo saat mampir ke Restoran Kluwih via Instagram.com/kluwih_sundaauthentic

Dari update di akun Instagram Restauran Kluwih Sunda Autenthic, Presiden Jokowi beserta rombongan dan keluarga sudah pernah mengunjungi restauran ini dua kali. Wah, presiden saja suka, rasanya benar-benar tak diragukan lagi memang! 

Setelah membaca ulasan Restoran Kluwih Sunda Autenthic, tentu Teman Traveler langsung ngiler kan?. Sudah tak sabar ingin datang kemari? Restoran ini buka tiap hari mulai jam 09.00 pagi hingga oukul 21.00. Kalian juga bisa nikmati sajian pertunjukan live music setiap hari Jumat dan Sabtu. Jadi, kapan mau coba? Next

ramadan

Written by Ken Kirana

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Serunya Liburan ke Poyotomo Bintan, Kolam Pemancingan dengan Suguhan Panorama Pegunungan

La Joya Biu Biu

La Joya Biu Biu, Resort Bali Romantis di Pinggir Tebing