in ,

Kondisi Pantai Anyer Usai Amukan Gelombang Laut, Rusak Parah

Kondisi Terbaru Pantai Anyer Pasca Musibah Tsunami Banten

Tim Basarnas di sekitar lokasi Bencana
Tim Basarnas di sekitar lokasi Bencana via Instagram.com/andri_wasissandi

Tsunami menghantam Selat Sunda Sabtu, (26/12) malam. Amukan gelombang laut tersebut mengakibatkan banyak korban, baik harta benda maupun jiwa. Sebagai salah satu daerah terdampak bencana, kondisi Pantai Anyer cukup memilukan.

Baca juga : Geliat Wisata di Dua Gili Madura, Ini Cerita Para Penduduk Aslinya

Salah satu kawasan wisata populer di Banten tersebut sebelumnya dikenal dengan panorama keindahan luar biasa. Namun pasca amukan gelombang laut, yang ada hanya reruntuhan bangunan dan tumpukan sampah. Berikut Travelingyuk sajikan foto-foto kondisi pantai Anyer terbaru, dilansir dari berbagai media.

Bukan Kerusakan Terparah

Kerusakan di Pantai Anyer
Kerusakan di Pantai Anyer (c) Detik.com

Meski mengalami dampak luar biasa, Pantai Anyer rupanya bukan daerah dengan kerusakan terparah pasca tsunami. Predikat tak mengenakkan tersebut justru disandang oleh Kabupaten Pandeglang. Menurut laporan yang diturunkan Banjarmasin Post, daerah tersebut mengalami kerusakan fisik terparah.

Total ada 446 unit rumah rusak di Kabupaten Pandeglang. Begitu pula dengan sembilan unit hotel dan 60 warung. Hingga tulisan ini diturunkan, upaya pemulihan masih terus dilakukan oleh warga dan petugas berwenang.

Pariwisata Tidak Terpengaruh

Puing-puing bangunan berserakan
Puing-puing bangunan berserakan (c) Detik.com

Bencana Tsunami ternyata tak berpengaruh terlalu banyak terhadap sektor pariwisata di sekitar Banten. Menurut laporan yang diturunkan Kompas Travel, hotel-hotel di sekitar Pantai Anyer dan Pantai Marbella masih tetap beroperasi seperti biasa. Hal tersebut karena dampak yang ditimbulkan gelombang laut tidak separah seperti di Tanjung Lesung dan Carita.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Achmad Sari Alam, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Banten. Menurutnya, tsunami tidak menimbulkan kerusakan terlalu parah di sekitar Anyer dan Marbella. Hotel maupun restoran tetap seperti biasa.

Foto Berbicara Lain

Warga berusaha singkirkan puing
Warga berusaha singkirkan puing (c) Detik.com

Terlepas dari pernyataan Achmad Sari Alam, foto-foto yang beredar di dunia maya berkata lain. Sejumlah gambar yang dirilis laman Detik justru menggambarkan kondisi sebaliknya. Kerusakan di Pantai Anyer terlihat cukup parah.

Jalanan dipenuhi sampah dan batang pohon. Sederet fasilitas umum seperti kamar mandi dan warung rusak parah. Puing-puing masih banyak terlihat di daerah pesisir. Hilang sudah gambaran indah kawasan pantai, yang biasa memanjakan para wisatawan kala berkunjung ke kawasan Anyer.

Sempat Dikunjungi Jokowi

Jokowi meninjau lokasi bencana
Jokowi meninjau lokasi bencana via Instagram.com/jokowi

Bencana Tsunami Selat Sunda tak luput dari pantauan Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu Indonesia tersebut sempat meninjau langsung lokasi dan melihat kondisi para korban. Bersama rombongan, pria asal Solo terbang via helikopter dari Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja menuju Pandeglang – kawasan paling terdampak parah tsunami.

Jokowi sempat memberikan himbauan pada warga lokal untuk tetap waspada. Sebab Anak Gunung Krakatau masih terpantau aktif dan berpotensi menimbulkan amukan gelombang laut yang lebih dahsyat. Beliau juga berjanji akan memberikan santunan pada korban Tsunami Selat Sunda.

Lokasi Wisata Populer

Pantai Anyer sebelum tsunami
Pantai Anyer sebelum tsunami via Instagram.com/citrawindi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anyer merupakan lokasi wisata populer. Selain menikmati pemandangan sekitar, pengunjung juga bisa melakukan beragam kegiatan seru seperti snorkeling, diving, menumpang banana boat, jetski, hingga berkemah.

Itulah sedikit gambaran mengenai kondisi Pantai Anyer usai amukan gelombang laut. Semoga saja bencana di sekitar Selat Sunda dan Anyer bisa segera berlalu. Kondisi kembali normal dan para pelancong dapat menikmati lagi indahnya panorama dan kekayaan bahari di sekitar sana. Next

ramadan

Ini Dia Spot Terbaik Melihat Pertunjukan Kembang Api Tahun Baru Gratis di Sydney!

Pilihan Destinasi Liburan Tahun Baru Gratis di Tokyo, Siapa Mau Hayo?!