in

Intip Keistimewaan Toko Kopi Tuku, Pilihan Presiden Jokowi

Seperti tak mau kalah dengan warga Indonesia yang sedang sibuk mengisi waktu libur Lebaran, Presiden Jokowi mengajak keluarganya berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Sosok pemimpin kita yang satu ini memang dikenal sederhana dan seringkali membuat kejutan, kuliner favoritnya di Solo saja murah meriah. Di hari Minggu, 2 Juli 2017, Jokowi bersama Ibu Iriana dan kedua putra-putrinya membuat kejutan dengan memilih sebuah kedai kopi kecil untuk nongkrong sejenak dan menikmati segelas kopi hangat. Apa kopi favorit Jokowi dan keluarga?

Baca juga : Kedai Ini Sajikan Berbagai Mie Mulai dari Warna-Warni Hingga Super Lebar

Jokowi dan Keluarga Mampir ke Toko Kopi Tuku

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menikmati Kopi Tuku [image source]
Presiden Jokowi adalah sosok yang dikenal sangat sederhana. Meski menjadi pemimpin negara, kebiasaannya tak banyak berubah. Bapak Joko Widodo juga mampir ke Toko Kopi Tuku yang berada di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Rupanya, beliau datang ke Toko Kopi Tuku atas saran dari anak sulungnya, Gibran. Kopi Tuku sendiri memang sudah menjadi favorit para pecinta kopi di Jakarta, sebagai salah satu pelopor latte kekinian yang murah meriah.

Toko Kopi Tuku
Toko Kopi Tuku [image source]

Jokowi Pesan Menu Andalan

Kopi Susu Tetangga
Kopi Susu Tetangga [image source]
Bapak Presiden ternyata mencoba memesan menu yang memang menjadi andalan, yaitu Kopi Susu Tetangga. Awalnya, kopi ini memang dibuat untuk para tetangga kedai. Karenanya cita rasanya pun disesuaikan dengan selera penduduk setempat yang ternyata lebih menyukai jenis Robusta. Kopi susu ini menggunakan gula aren sebagai pemanisnya. Sangat nikmat dengan harga yang tak bikin kaget, 18 ribu rupiah saja dan bebas memilih yang panas atau dingin.

Es Kopi Susu Tetangga
Es Kopi Susu Tetangga [image source]

Berkonsep Take Away dan Utamakan Kopi Lokal

Kopi Tuku
Kopi Tuku [image source]
Sangat cocok dengan karakter Jokowi, Toko Kopi Tuku ini juga sangat sederhana. Konsep yang diusung adalah take away atau dibawa pulang karena tempatnya kecil, hanya seluas 32 meter persegi. Disediakan bangku panjang di lorong samping untuk menunggu pesanan. Jangan kaget kalau harus mengantri dulu untuk bisa mendapat secangkir kopi persembahan dari para barista di Toko Kopi Tuku. Biji kopi yang digunakan pun murni dari produk lokal, seperti kopi Garut. Mau meracik sendiri di rumah? Bisa banget dengan membeli bubuk siap seduh dengan kemasan kecil sesuai dengan selera.

Kedai Kopi Enak Lain di Daerah Cipete

SRSLY Coffee
SRSLY Coffee [image source]
Daerah Cipete memang dikenal sebagai surganya kuliner enak dan unik. Apalagi jalanannya tidak semacet Kemang, membuat lokasi ini menjadi pilihan beberapa warga Ibukota yang ingin ngobrol dengan sahabat sambil nongkrong. Selain Toko Kopi Tuku, banyak kedai unik lainnya yang layak dicoba satu persatu. Di antaranya adalah SRSLY Coffee yang berada di jalan sama dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 6 menit. Affogato-lah yang menjadi menu andalannya. Lainnya adalah Toodz House yang hanya berjarak 38 meter dari Toko Kopi Tuku. Di sini tempatnya kalau mau ngopi dengan suasana rumahan.

Toodz House
Toodz House [image source]

Makan Malam di Cafe dan Restoran yang Berkonsep Unik

 

Sophie Authentique
Sophie Authentique [image source]
Menghabiskan waktu dari siang hingga malam di Cipete dijamin tidak akan membuatmu kelaparan dan bosan. Sepanjang jalan berjejer kafe dan resto unik dengan menu andalan masing-masing. Setelah puas mencicipi kopi enak, giliran mengisi perut dengan hidangan nikmat. Mampir saja di Sophie Authentique, resto mungil dengan interior paling Instagram-able. Lokasinya berada di seberang Toodz House, jangan lupa membawa pulang roti perancis dari sini untuk oleh-oleh. Bisa juga mencoba berbagai masakan rumahan di resto milik Bu Endang yang berjarak sekitar 200 meteran dari Kopi Tuku.

Masakan Rumah Bu Endang
Masakan Rumah Bu Endang [image source]
Kedai Kopi Tuku

Lokasi: Jl. Cipete Raya Blok B No.7, Cipete Sel., Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410

Nah, bagi yang bingung mau menghabiskan akhir minggu ke mana, daerah Cipete bisa banget jadi pilihan, nih. Bagaimana, kedai kopi mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi? Next

ramadan
Kawah Sileri, Dieng

Kawah Dieng Meletus, Wisatawan Panik dan Helikopter Jatuh

Jembatan Pulkkilanharju

Jembatan ini Mirip dengan Ular, di Mana Hayo?