in , ,

Menyusuri Kota Tua Ljubljana, Surga Kecil di Slovenia

Kota tua Ljubljana termasuk dalam Negara Teraman di Dunia

Negara Slovenia adalah sebuah negara pesisir Sub Alpin disebelah selatan, termasuk dalam negara di kawasan Eropa Tengah yang berbatasan langsung dengan Negara Italia, Kroasia dan Austria. Mempunyai tempat wisata Kota Tua Ljubljana yang menarik untuk dijelajah. Yuk, simak perjalanan berikut ini.

Baca juga : Berani Banget! 4 Daerah Ini Penduduknya Hidup Rukun dengan Hewan Buas

Ljubljana, Kota Kecil yang Mempesona

dsc_6334_01_E6j.jpeg
Sungai Ljubljanica, (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Ljubljana ( dibaca Liubliana ) merupakan ibukota dan kota terbesar di Slovenia, menjadi pusat dari budaya, pendidikan, ekonomi, politik dan administrasi dan mandiri sejak tahun 1991. Ljubljana merupakan salah satu dari ibukota negara terkecil di dunia, meskipun begitu fasilitas dan keindahan yang dimiliki kota kecil ini sangat lengkap.   

dsc_6280_01_7xC.jpeg
Tampak atas kota tua Ljubljana, (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selain itu Ljubljana menduduki peringkat tertinggi sebagai kota teraman di Dunia lho Teman Traveler, jadi jika suka sendiri khususnya bagi traveler perempuan tidak perlu kuatir eksplore kota ini sendirian. Asal usul nama kota Ljubljana ini memang tidak banyak diketahui sumbernya.

Pada abad pertengahan baik sungai dan kota ini dikenal dengan nama Jerman yaitu Laibach. Lalu secara alternatif kota ini disebut Lublana dalam banyak dokumen bahasa inggris, Lubiana dalam bahasa Italia dan Lublana dalam bahasa Silesia.

Akan tetapi banyak para ahli berpendapat bahwa nama Ljubljana sendiri berasal dari kata Ljubija yang berasal dari nama asli Sungai Ljubljanica, yaitu nama sungai yang mengalir membelah kota Ljubljana ini.

Naga Sebagai Simbol Kota

dsc_6300_01_ORS.jpeg
Salah satu naga di Dragon Bridge, (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selain terkenal sebagai salah satu ibukota terkecil di Dunia, Kota Ljubljana ini terkenal sebagai simbol naganya. Terbukti banyak sekali simbol naga di seluruh penjuru dan sudut kota. Di atas menara Kastil Ljubljana, Jembatan Naga, hiasan-hiasan di pinggir-pinggir sungai Ljubljanica, bahkan bendera kota memiliki gambar kastil dengan naga diatasnya.

Menurut warga Kota Ljubljana, naga-naga ini melambangkan kekuatan, keberanian dan kebesaran. Dan penggunaan lambang naga di Kota ini tidak lepas dari legenda setempat tentang mitos Slavia, mengenai naga yang dipercaya pernah menghuni Sungai Ljubljanica dan menyerang kota.

Kemudian berhasil dikalahkan oleh seorang kesatria dan pahlawan dari Yunani yang sedang melarikan diri dengan kekasihnya dan kebetulan berlabuh di Sungai Ljubljanica.   

Menariknya dari Kota Ljubljana

dscn1574_01_1__U5H.jpeg
Sepeda kayuh, sebagai salah satu alat alternatif yang digunakan untuk eksplore Kota Ljubljana, (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Banyak hal yang bisa di eksplore dari kota tua dan cantik bernama Ljubljana ini. Kota kecil ini pernah diberi penghargaan sebagai European Green Capital pada tahun 2016 karena sangat concern terhadap pelestarian lingkungan. Terlihat dari banyaknya penduduk yang beraktifitas menggunakan sepeda kayuh , sampah-sampah tertata rapi dan dipilah berdasarkan jenisnya dan sarana transportasi bis umum berbahan gas yang ramah lingkungan.

Selain itu Teman Traveler juga bisa menikmati arsitektur dari bangunan-bangunan tua bergaya Renaissaince, Baroque, dan Art Nouveau yang bisa dilihat di seluruh kota Ljubljana. Teman Traveler tidak perlu merasa kuatir tersesat kalau mengeksplore kota tua ini, karena kota ini juga tidak terlalu besar kok. Tapi Teman Traveler bisa menggunakan  jasa city tour juga, dengan hanya membayar 4 euro.  

Akses ke Ljubljana

dscn1580_01_1__CGD.jpeg
Suasana pagi di kota tua Ljubljana, (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Sebagai ibukota dan kota terbesar di Slovenia, akses dan akomodasi untuk menuju ke kota ini cukup mudah. Ljubljana memiliki banyak hotel yang bisa dengan mudah dibook di situs-situs traveling kesayangan Teman Traveler. Kota ini hanya berjarak sekitar 20-25 kilometer dari bandara Joze Pucnik atau biasa disebut Brnik Airport.

Teman Traveler bisa menggunakan taksi airport dengan harga yang agak sedikit mahal sekitar 35 euro. Menggunakan suttle bis yang beroperasi dari airport ke kota Ljubljana dan beroperasi setiap jam sekali dengan harga 4 euro dengan membayar langsung ke drivernya. Jarak antara airport dan kota tua Ljubljana ditempuh dengan waktu kurang lebih 45 menit.

Demikian perjalanan di kota tua Ljubljana yang indah surga di Slovenia. Teman Traveler bisa menjadikan tujuan destinasi saat akhir tahun. Next

ramadan

4 Tren Liburan di 2020, Ada Wisata Luar Angkasa

Wisata Ekstrem Wajib Dikunjungi di 2020, Uji Nyali Bikin Berani