in ,

Masifnya Kuda Troya nan Legendaris di Hutan Bakau BJBR Probolinggo

Hutan Bakau BJBR Probolinggo Hadirkan Kuda Troya dan Hal Unik Lainnya

Kuda Cipta Wilaha mirip Kuda Troya di BJBR via Instagram santyjulia.ashari

Kuda Troya merupakan bagian dari kisah Perang Troya yang terkenal. Para prajurit Yunani dikisahkan menyusupkan diri mereka dalam patung kuda untuk memasuki Kota Troya dan memenangkan perang. Tak disangka-sangka, monumen masif yang terinspirasi cerita populer tersebut bisa ditemui di Probolinggo – persisnya di Hutan Bakau BJBR.

Baca juga : Kabupaten Lima Puluh Kota, Surga Sumatera Barat yang Penuh Wisata Indah

Menurut informasi dari sejumlah sumber, BJBR mulai dibangun sejak 2013 silam. Berkat pesonanya yang memikat, lokasi ini langsung ramai diserbu pengunjung. Bahkan tak sedikit wisatawan yang datang dari luar Probolinggo. Lantas apa saja keiistimewaan yang ada di dalam BJBR? Berikut TravelingYuk berikan penjelasan lengkapnya.

Kuda Troya Terbesar di Asia

Masifnya Kuda Cipta Wilaha di BJBR via Instagram akbarnew97

Beejay Bakau Resort atau sering disingkat BJBR merupakan lokasi wisata hutan bakau dengan luas lima hektar yang terletak di pesisir pantai. Tak hanya menawarkan pemandangan indah, pengelola juga memanjakan pengunjung dengan beragam spot selfie menarik, salah satunya Kuda Troya seperti gambar di atas.

Monumen atau patung Kuda Troya bisa ditemukan di salah satu sudut BJBR. Monumen ini tergolong baru karena diresmikan pada 29 Agustus 2017 silam. Meski secara bentuk mirip dengan penggambaran Kuda Troya di buku maupun film, pengelola memberikan patung ini nama resmi Kuda Cipta Wilaha.

Pengunjung asyik memotret Kuda Cipta Wilaha dari kejauhan via Instagram 6_avemaria_12

Dari kejauhan saja Kuda Cipta Wilaha sudah bisa dilihat dengan jelas. Tak mengherankan, mengingat MURI (Museum Rekor Indonesia) menyatakan bahwa patung ini adalah salah satu replika Kuda Troya terbesar di dunia. Panjangnya 12 meter dan tingginya 11,5 meter atau hanya kalah dari patung serupa yang ada di Turki.

Meskipun secara bentuk mirip dari Kuda Troya yang ada dalam kisah Yunani, pengelola berkeras bahwa mereka hanya sekedar terinspirasi. Cipta Wilaha sendiri diambil dari kisah pewayangan, yakni nama kuda Raden Arjuna yang dikisahkan memiliki kesaktian luar biasa.

Terdapat ruangan khusus di dalamnya

Pengunjung bisa berfoto di dalam Kuda Cipta Wilaha via Instagram ronybw_days

Tak hanya sekedar dipandang dari luar, Kuda Troya yang ada di BJBR juga bisa dimasuki oleh pengunjung. Di dalamnya terdapat dua lantai dan masing-masing bisa digunakan untuk berfoto sembari menikmati pemandangan laut dan pegunungan. Lantai pertama terletak di bagian perut kuda, sementara lantai berikutnya ada di bagian punggung.

Menikmati pemandangan dari Kuda Cipta Wilaha via Instagram ronybw_days

Kuda Cipta Wilaha berdiri cukup kokoh di salah satu sudut BJBR. Kabarnya bagian kerangka terbuat dari besi, sementara lapisannya memanfaatkan limbah kulit kelapa. Jika dilihat dari kejauhan Kuda Troya versi BJBR ini sungguh mirip dengan apa yang digambarkan di film-film Hollywood.

Biayanya cukup murah

Kuda Cipta Wilaha tampak di kejauhan via Instagram 6_avemaria_12

Untuk memasuki objek wisata Kuda Cipta Wilaha di BJBR, pengunjung harus membayar tiket khusus. Harganya hanya 10 ribu rupiah. Namun patut diingat bahwa tiket tersebut masih belum termasuk ongkos ke kompleks BJBR. Wisatawan yang datang ke wisata hutan bakau ini biasanya dikenakan biaya 15 ribu untuk hari biasa dan 40 ribu rupiah untuk hari libur atau akhir pekan.

Kuda Cipta Wilaha di sore hari via Instagram ratnaariningtyas

Perhatikan jam berkunjung karena wahana ini hanya buka antara pukul delapan pagi hingga sembilan malam. Selain itu untuk mencapai Kuda Cipta Wilaha dari gerbang depan BJBR, pengunjung harus berjalan kaki sekitar satu kilometer. Namun tak perlu khawatir bakal bosan karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan hutan mangrove yang indah.

Itulah tadi sejumlah informasi dari wahana anyar patung Kuda Troya alias Kuda Cipta Wilaha di Hutan Bakau BJBR. Bagi yang kebetulan sedang berada di Probolinggo, tak ada salahnya mengunjungi monumen masif yang konon jadi terbesar di Asia setelah Turki ini. Next

ramadan

Royal Safari Garden Resort and Convention, Rasakan Nuansa Afrika Bersama Keluarga

Bakso Arief di Bandung, Tempat Legendaris Laris Manis