in ,

Sejarah Mooncake, Kue Khas Tionghoa yang Wajib Dicoba saat Imlek

Kue Bulan, Kuliner Khas Saat Imlek

Sejarah Kue Bulan
Sejarah Kue Bulan

Selain beribadah, salah satu rutinitas yang biasa dilakukan saat Imlek adalah kumpul bersama keluarga besar. Selain untuk bertukar kabar, tak jarang pertemuan tersebut dijadikan ajang untuk makan besar. Bicara soal makanan, ada banyak kuliner enak yang disajikan saat acara besar di Cina. Salah satunya mooncake atau kue bulan yang pastinya enak dan menggoyang lidah. Penasaran dengan sejarah kue ini? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Kethek, Kuliner Khas Kebumen dengan Rasa Tak Sejorok Namanya

Bermula dari Sesajian untuk Leluhur di Musim Gugur

Mooncake atau kue bulan
Mooncake atau kue bulan via instagram/@liangoenawan

Kue Bulan sebenarnya bukan makanan wajib tahun baru, melainkan hadir saat Festival Kue Bulan. Perayaan ini biasa dilakukan pada hari kelima belas bulan delapan kalender Tionghoa yang jatuh sekitar bulan September hingga Oktober. Festival tersebut digelar untuk meneruskan tradisi persembahan dan penghormatan pada leluhur di musim gugur yang sudah turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat Tionghoa. Tentunya dengan kue bulan sebagai sajian utama.

Kue bulan untuk Imlek
Kue bulan untuk Imlek via instagram/@moonebakery

Legenda Dewi Bulan di Mitologi Rakyat Cina

Kue bulan dan legenda Dewi Bulan
Kue bulan dan legenda Dewi Bulan via instagram/v.v_lei

Selain persembahan kepada leluhur sebagai ucapan terima kasih, ternyata ada kisah lain tentang kue bulan. Konon ada seorang pemanah bernama Hou Yi yang berhasil memanah sembilan dari 10 matahari yang membuat bumi panas dan kekeringan. Atas pekerjaan tersebut, Dewi Surga Barat memberikan pil keabadian kepadanya. Namun, Hau Yi memilih menyimpannya demi bisa hidup bersama istrinya, Chang Er. Suatu waktu, seseorang memaksa Chang Er untuk memberikan pil keabadian. Karena menjaga amanat suaminya, ia menenggak pil tersebut. Siapa sangka, pil ini membuatnya terbang ke bulan. Untuk menghormati pengorbanannya, dibuatlah kue bulan.

Bingkisan kue bulan
Bingkisan kue bulan via instagram/@dqm1204

Isi Kue Bulan dari Cokelat hingga Es Krim Nikmat

Isi Kue Bulan
Isi Kue Bulan via instagram/@lilybakes.id

Sepintas, kue bulan mirip dengan pia. Tak hanya luar, tekstur bagian dalamnya juga lembut. Varian isi jajanan ini juga beragam. Awalnya, kue bulan identik dengan isi kacang merah, kacang hijau, cokelat, serta keju. Kini, variannya makin beragam dengan isi unik. Ada yang menggunakan daging, ikan, durian, hingga es krim. Soal rasa, tentunya kamu tak akan rugi setelah mencobanya.

Kue Bulan Rasa Cokelat
Kue Bulan Rasa Cokelat via instagram/@anisahnurkhofifah3

Bentuk Unik yang Kini Makin Bervariasi

Bentuk kue bulan yang unik
Bentuk kue bulan yang unik via instagram/@grandmas.recipe.id

Seperti isinya, kue yang terbuat dari tepung gandung dan gula ini tak hanya berbentuk bulan. Seiring dengan perkembangan zaman, kamu dapat menemukan kue bulan dengan bentuk kotak bahkan segitiga. Menariknya lagi, kini ada juga yang mirip dengan karakter kartun dengan warna-warna cantik. Tak hanya enak dimakan, tapi juga cantik dilihat.

Mooncake lucu
Mooncake lucu via instagram/@wanwantea

Selain sebagai camilan saat kumpul bersama keluarga saat Imlek, kamu bisa menggunakan kue ini untuk bingkisan keluarga jauh, teman dekat, bahkan pasangan. Bagaimana, sudah tahu sejarah dari kue bulan ini kan? Next

ramadan

Varian Ramen yang Beda dari Biasanya, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Ikuti Photo Challenge #TravelingBerduaYuk, Liburan Mesra dan Dapat Hadiah