in ,

5 Kue Serabi dengan Cita Rasa Khas Nusantara, Sudah Coba yang Mana?

Lima Jenis Kue Serabi di Indonesia

Jenis Serabi di Indonesia
Jenis Serabi di Indonesia

Kehadiran kuliner kekinian memang berimbas kepada punahnya jajanan tradisional. Pun demikian, masih banyak kue pasar yang masih difavoritkan, termasuk surabi yang juga dikenal dengan nama surabi. Jajanan pasar yang mirip dengan pancake ini ternyata memiliki berbagai macam tergantung dari tempatnya. Tak percaya? Berikut ini Travelingyuk rangkuman jenis kue serabi khas Nusantara. Cita rasanya, Indonesia banget!

Baca juga : Hawayu Coffee & Eatery, Kafe Bentuk Unik dengan Barista Cantik di Dalamnya

1. Surabi Kinca Bandung

Surabi Kinca Bandung
Surabi Kinca Bandung via instagram/@dsoerabicafe

Begitulah orang Bandung menyebut jajanan satu ini. Disebut demikian karena camilan ini disiram dengan kuah gula yang nama lainnya adalah kinca. Kuah khas Bandung ini memiliki rasa manis yang bikin ketagihan. Tempat jualan surabi ini juga banyak, mulai dari pinggiran jalan hingga kafe keren yang instagenic.

Kuah gurih serabi di Bandung
Kuah gurih serabi di Bandung via instagram/@aliyaunyit

2. Kue Ape

Kue Ape
Kue Ape via instagram/@yuwwie

Jika surabi Bandung disajikan dengan kuah air gula yang manis, lain halnya dengan surabi Jakarta. Camilan enak dikenal dengan Kue Ape. Serupa dengan pancake, makanan enak ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Belakangan, kue ape makin hits dengan taburan topping keju dan meses. Bahkan, warnanya juga beragam.

Kue Ape, Jakarta
Kue Ape, Jakarta via instagram/@perut.lapar

3. Srabi Solo

Serabi Notosuman
Serabi Notosuman via instagram/@octariakenes

Pecinta kuliner Solo pasti tak asing lagi dengan serabi di kota ini. Bentuknya unik karena disajikan dalam bentuk gulungan. Rasanya juga bervariasi mulai dari original hingga cokelat. Menariknya, di dalam gulungan terdapat potongan pisang, nangka, meses, hingga keju. Salah satu tempat yang paling terkenal dengan jajanan ini adalah Serabi Notosuman. Saking populernya, oleh-oleh ini memiliki cabang di kota besar lainnya.

Serabi Notosuman, Solo
Serabi Notosuman, Solo via instagram/@d_e_sunarto

4. Serabi Kocor

Serabi Bu Ngadinem
Serabi Kocor Bu Ngadinem via instagram/@voilajogja

Serabi unik yang populer di Bantul ini tak jauh beda dengan surabi kinca Bandung. Seporsinya terdiri dari dua buah serabi yang disiram dengan kuah santan bercampur gula. Cara memasaknya juga tak jauh beda, yaitu adonan dituangkan dalam tungku tanah liat. Bedanya, hampir semua serabi kocor di Bantul dimasak sederhana di atas tungku kayu bakar.

Seporsi Serabi Kocor
Seporsi Serabi Kocor via instagram/@berburukulinerjogja

5. Laklak, Serabi Bali

Laklak, kue serabi di Bali
Laklak, kue serabi di Bali via instagram/@harperkuta

Jenis kue serabi berikutnya yang juga menarik perhatian datang dari Pulau Dewata. Kue yang mirip dengan pancake ini lebih dikenal dengan nama Laklak. Bentuknya lumayan kecil dengan dominasi warna hijau. Warna tersebut tidak menggunakan bahan pewarna, melainkan dari daun suji. Menariknya, jajanan ini disajikan dengan toppingĀ parutan kelapa serta sedikit gula aren.

Kue tradisional yang mirip Surabi
Kue tradisional yang mirip Surabi via instagram/@dexdana

Itulah lima jenis kue serabi dengan cita rasa khas Nusantara. Jadi, mana nih yang sudah kamu coba? Atau punya rekomendasi lain selain di atas? Next

ramadan

12 Nasi Khas Indonesia yang Nikmatnya Tiada Tara

Tirta Empul, Pura Bali yang Pernah Bikin Obama dan Pangeran Arab Takjub