in

Uwenak Tenan, Kulineran Khas Jogja Bareng Foodgram YK

Rekomendasi makanan enak di Jogja bareng Penjelajah kuliner kekinian.

Brongkos Handayani [via instagram @foodgram_yk]

Siapa yang bisa menolak kuliner Jogja? Rasanya yang enak dengan kombinasi bumbu-bumbu kental dengan rasa manis tapi juga nggak jauh-jauh dari rasa gurih. Begitulah Jogja, tempat yang menawan tidak hanya karena destinasi wisata dan keindahan alam, tapi juga karena makanannya yang pas banget di lidah. Apakah kamu sudah pernah bertandang ke sana? Jika kebetulan kamu sering ke Jogja, pasti tahu satu atau dua tempat yang terkenal dengan menu khas seperti gudeg dan lain sebagainya. Amat disayangkan sekali jika kamu ternyata belum tahu banyak seputar Kuliner Jogja.

Baca juga : Memanjakan Mata dan Lidah dengan Rekomendasi Kuliner di Jakarta dari Anakjajan

Padahal sekali kamu mencoba satu per satu, kamu akan semakin penasaran dengan berbagai jenisnya yang beragam. Mulai dari yang pedas, manis, hingga minuman menyegarkan. Biar kamu nggak bingung, kali ini Travelingyuk telah mengumpulkan beberapa nama tempat yang populer menyuguhkan makanan khas Jogja. Daftar tersebut diambil dari rekomendasi Fodgram_YK. Akun ini banyak menampilkan foto Kuliner yang enak dan menggiurkan, lengkap dengan keterangannya seputar harga hingga alamat. Langsung saja, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Soto Ayam Kampung Jalan Perwakilan

Soto Ayam Kampung [via instagram @foodgram_yk]
Soto Ayam Kampung [via instagram @foodgram_yk]

Jika kamu menelusuri Jalan Perwakilan, tepatnya di bagian selatan Malioboro Mall ke arah timur. Jalan saja hingga kamu menemukan Toko Rahayu, di depannya ada warung emperan yang menjual soto ayam kampung. Meski berada di pinggir jalan, ternyata rasanya mantap. Harga seporsinya hanya sekitar Rp. 7 ribu. Ukuran mangkoknya cukup besar dan dipenuhi dengan suwiran ayam, kamu bakal puas deh menikmati sotonya. Paling enak jika kamu santap dalam keadaan masih hangat.

2. Sate Donal Kaliurang

Sate Donal [via instagram @foodgram_yk]
Sate Donal [via instagram @foodgram_yk]

Sate Donal adalah nama warung sate yang legendaris di Yogyakarta. Lokasinya berada di Kaliurang, Sleman. Perjalanan ke sana, mungkin membutuhkan beberapa waktu dari pusat kota. Namun sesekali kamu harus mencoba kelezatannya. Bukan hanya satenya yang enak, tapi juga tongseng kambingnya. Buat yang nggak suka daging, bisa mencicipi olahan Indomie yang dimasak dengan telur, mantap sekali kan?

3. Es Roti Ndeso

Es Roti Ndeso [via instagram @foodgram_yk]
Es Roti Ndeso [via instagram @foodgram_yk]

Saat udara lagi panas-panasnya, paling enak ya menyantap es roti ndeso yang ada di Dapur Pak Beye. Selain es dengan potongan rotinya, ada menu lain yang nggak kalah enak seperti tongseng dan gulai ayam kampung. Lokasi Dapur Pak Beye ada di  Jl. Tunjung no.12, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta. Untuk pemesanan kamu bisa menghubungi  nomor telepon 0274-5307514. Datang saja sekitar pukul 09.00 hingga 22.00, pegawai di warung tersebut akan menyambutmu dan melayani dengan penuh keramahan.

4. Bakso H. Untung

Bakso H. Untung [via instagram @foodgram_yk]
Bakso H. Untung [via instagram @foodgram_yk]

Jika panas kamu minum es, lalu apakah yang kamu santap ketika hujan sedang turun dengan derasnya membawa udara dingin yang mengusik kulit? Setiap orang mungkin punya selera yang berbeda-beda, namun nggak ada salahnya kamu mencoba bakso H. Untung di  Jalan Professor Herman Yohanes, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga seporsinya sekitar Rp. 10 ribu, namun kamu sudah bisa kenyang. Jeruk nipis dan tauge, bisa kamu tambahkan agar rasanya semakin sedap.

5. Lontong Teri

Lontong Teri [via instagram @foodgram_yk]
Lontong Teri [via instagram @foodgram_yk]

Anak Medam pasti akrab banget nih dengan Lontong Teri, karena kuliner ini adalah salah satu makanan khas yang berasal dari daerahnya. Meski begitu, kamu bisa menemukannya di Jogja Lho. Dan rasanya juga khas karean dibuat dengan bumbu-bumbu yang pas. Untuk menikmati menunya, kamu bisa datang ke Rumah Makan Kinantan. Lokasinya ada di  Jalan Melon Mundusaren, Yogyakarta dengan harga seporsinya mencapai Rp. 15 ribu.

6. Bakmi Jawa Spesial Uritan Pak Paino

Bakmi Pak Paino [via instagram @foodgram_yk]
Bakmi Pak Paino [via instagram @foodgram_yk]

Dalam satu porsi bakmi, kamu nggak Cuma bisa menemukan mie yang dimasak dengan bumbu mantap saja, tapi juga lauk lain seperti sate uritan, pokoknya enak deh. Kuliner semacam itu, bisa kamu cicipi jika datang ke Warung Bakmi Jawa Pak Paino yang lokasinya berada di sebelah selatan UIN, tidak begitu jauh dari rel kereta api. Satu porsi bakmi dengan sate uritan, cukup kamu tebus dengan harga sembilan ribu rupiah, untuk kenyang itu nggak perlu mahal-mahal kok.

7. Brongkos Handayani

Brongkos Handayani [via instagram @foodgram_yk]
Brongkos Handayani [via instagram @foodgram_yk]

Brongkos adalah makanan Khas jogja yang berupa gulai dengan kuah kental, dimasak dengan kluwek agar rasanya semakin terasa mantap. Kamu bisa menganggapnya sebagai persilangan antara gulai dan rawon. Salah satu tempat berburu brongkos yang anak itu ya di Warung Handayani. Datang saja ke Jalan Gading No. 2, Selatan Alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta.

8. Gudeg Yu Jum

Gudeg Yu Jum [via instagram @foodgram_yk]
Gudeg Yu Jum [via instagram @foodgram_yk]

Gudeg yu Jum ini selalu bisa jadi solusi bagi siapapun yang ingin mencicipi gudeg dengan  rasa yang mantap di Yogyakarta. Sebenarnya ada banyak sekali cabang Gudeg Yu Jum. Namun jika ingin sensasi yang berbeda, coba datang ke warung pusat di Jalan Selokan Mataram. Untuk harganya sama seperti gudeg kebanyakan yaitu sekitar dua puluh lima ribu rupiah.

9. Indomie Jawa

Indomie Jawa [via instagram @foodgram_yk]
Indomie Jawa [via instagram @foodgram_yk]

Wah gimana ya rasanya menu indomie Jawa Itu? Tentu saja beda dengan indomie masakanmu sendiri. Biar nggak penasaran, kamu bisa mencicipi berbagai olahan indomie dengan tambahan lauk berupa sate usus dan lain sebagainya di Warung Mbak Siti di Jalan Sisingamangaraja No.39, Yogyakarta. Satu porsi Indomie Jawa dihargai Rp. 8 ribu, sedangkan sate ususnya cukup dengan seribu rupiah saja.

Itulah beberapa menu rekomendasi akun Foodgram_Yk. Jika kamu ingin tahu lebih banyak seputar kuliner Jogja, buka saja halaman Instagramnya. Next

ramadan

Baca Ini Sebelum Kamu Bermain Hoverboard untuk Menghabiskan waktu Selama liburan

Island Life yang Sesungguhnya di Nusa Penida