in ,

Island Life yang Sesungguhnya di Nusa Penida

Di Bali kok ya cuma ke situ-situ saja, kalau nggak Kuta, Ubud, Kintamani dan beberapa tempat yang lainnya. Sekali-kali kamu harus mencoba sensasi yang sangat berbeda bertualang ala anak-anak pulau yang sesungguhnya. Dijamin, kamu bisa merasakan bahwa alam ini menawarkan pemandangan yang begitu indah dan eksotis layaknya sebuah Surga. Bali memiliki beberapa pulau yang lebih kecil seperti Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang letaknya berada di bagian tenggara. Kali ini, kita akan membahas tentang perjalanan menuju Nusa Penida.

Baca juga : Rumah Pohon Untuk Menginap, Serasa Berpetualang

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana Island Life yang benar-benar seru, maka baca ulasan di bawah ini sampai selesai. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selama bertualang di Nusa Penida. Mulai dari nyebur ke kolam air alami, memandang lautan sembari mendengar gemuruh gulungan ombak, hingga berburu ketenangan di sudut-sudut pura. Jika kamu sudah semakin penasaran, langsung saja inilah informasi selengkapnya seputar Nusa Penida yang sangat menawan.

1. Berangkat ke Nusa Penida

Karena belum memiliki bandara sendiri, maka Nusa Penida harus ditempuh dengan perjalanan laut. Ada beberapa jenis transportasi menuju pulau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Klungkung tersebut. Begitu juga dengan titik pemberangkatannya. Jika kamu berada di Kuta, bisa menyewa kapal kecil yang bernama Jangkung di Panti Sanur. Biayanya sekitar 40 ribu dan membutuhkan waktu selama 90 menit untuk sampai di Pelabuhan Buyuk, Nusa Penida. Namun, jika 90 menit itu menurutmu terlalu lama, maka gunakan saja speedboat. Tentu saja harganya lebih mahal, tapi kamu sampai hanya dalam waktu 50 menit perjalanan.

1
Nusa Penida [image source]

Bisa juga mengandalkan sarana transportasi di Pelabuhan Padang Bai Bali. Dari sana menuju Nusa Penida cukup ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit menggunakan speedboat dan 1 jam menggunakan Kapal Nusa jaya Abadi. Dengan kapal tersebut kamu bisa membawa serta kendaraan seperti mobil atau motor karena ukurannya yang besar.

2. Akomodasi Nusa Penida

Ya namanya juga ingin merasakan hidup ala anak-anak panti yang hidup di Pulau Tropis, kamu juga harus menyesuaikan juga di mana kamu menginap. Nggak harus mendirikan tenda atau pondok bambu kok karena banyak sekali akomodasi dengan konsep tradisional dan alami di Nusa Penida. Sebut saja Bintang Bungalows, Warung Coco Resort Penida, Full Moon Bungalow dan lain sebagainya.

Nusa Penida [image source]
Nusa Penida [image source]

Bukannya atap dari genteng atau gedung-gedung tinggi seperti hotel di perkotaan, tapi bangunan tradisional bahkan dengan dinding bambu yang akan membuatmu merasakan kenyamanan yang pastinya jarang sekali kamu dapatkan. Namun jangan khawatir, karena fasilitasnya itu lengkap ada AC, TV dan masih banyak yang lainnya. Pilih saja yang sesuai dengan seleramu. Jika penginapan saja keren, bukan tidak mungkin kamu juga bakal senang berburu kuliner di Nusa Penida. Banyak sekali restoran dan tempat hangout seru di sana, coba saja satu-satu.

3. Mampir ke Pantai Atuh

Nusa Penida [image source]
Nusa Penida [image source]

Sudut paling keren untuk menikmati pemandangan di pantai Atuh adalah dari atas bukit. Kamu harus menempuh perjalanan setapak demi setapak hingga sampai di puncaknya. Rasa lelahmu tidak akan begitu terasa karena sepanjang perjalanan, ada penampakan alam yang begitu keren. Dari atas kamu bisa memandang bukit karang yang langsung dihempas ombak dengan pantai yang cantik di salah satu sisinya. Lokasinya ada di Pejukutan, Nusa Penida, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali.

4. Lanjut ke Pantai Uug

Nusa Penida [image source]
Nusa Penida [image source]

Meski namanya berarti pantai yang rusak, tapi kondisi alamnya justru menunjukkan hal yang sebaliknya. Keindahan yang mempesona dengan bukit karang yang berpadu serasi bersama birunya air laut adalah daya tarik yang menjadi magnet kuat bagi para wisatawan. Kamu bisa menemukan tempat ini di Desa Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung Bali. Terdapat sebuah jembatan karang di Pantai Uug. Penampakannya membuat pemandangan dengan latar belakang lautan jadi terlihat lebih mengagumkan.

5. Mengintip Cemerlangnya Pantai Kristal

Nusa Penida [image source]
Nusa Penida [image source]

Indah dan begitu mengagumkan, kata-kata itu cukup menjelaskan bagaimana pesona Pantai Kristal. Seperti namanya, kamu akan disuguhi sebuah destinasi wisata yang begitu cemerlang. Berupa pantai dan laut biru dengan pulau-pulau kecil di seberangnya. Mirip-mirip dengan Raja Ampat. Kamu bisa memanjat anak tangga yang menuju ke atas tebing, dari sini, pemandangannya nampak lebih keren. Letak Pantai Kristal ada di Teluk Penida sekitar 15 kilometer dari pelabuhan Nusa Penida.

6. Mersakan Kesegaran Mata Air Seganing

Nusa Penida [image source]
Nusa Penida [image source]

Di sini, kamu bukan hanya menikmati kesegaran mata air yang mengalir jernih. Namun juga sebuah air terjun yang begitu eksotis. Sebut saja lokasi tersebut dengan nama Air Terjun Seganing. Untuk sampai di sini, kamu harus menempuh perjalanan menuju Banjar Sebuluh, Desa Bunga Mekar, kecamatan Nusa Penida. Keunikan yang nampak dari destinasi wisata ini adalah aliran airnya yang langsung jatuh ke laut. Mengingatkan kita pada Air Terjun banyu Anjlok di Malang.

7. Berenang di Angel’s Billabong

Nusa Penida [image source]
Nusa Penida [image source]

Tempat yang satu ini cukup hits di sosial media lho. Yang bikin mupeng itu jernihnya air laut di atas karang membuat Angel’s billabong nampak seperti kolam alami dengan berbagai warna. Ternyata Angel’s Bilabong ini adalah sebuah Muara dari salah satu sungai di Nusa Penida. Karena berupa muara, maka kondisi airnya tenang, pas banget jika kamu gunakan untuk berenang. Di kejauhan terdapat pemandangan laut lepas. Sedangkan di sisi-sisinya ada tebing karang setinggi beberapa meter.

Itulah beberapa tempat yang keren di Nusa Penida dan akan membuatmu benar-benar merasakan kehidupan pulau yang mengagumkan. Jadi, kapan kamu akan ke sana? Next

ramadan

Uwenak Tenan, Kulineran Khas Jogja Bareng Foodgram YK

Menakjubkan, Ini Masjid-masjid Indonesia yang Mirip Taj Mahal di India