in ,

Selain Rasanya yang Lezat, Nama Makanan di Bima Juga Unik

Kuliner Bima

Tak kalah dengan kota lain Nusa Tenggara Barat, Bima juga memiliki banyak objek wisata dengan pemandangan alam sempurna. Tak hanya itu, kota yang dikelilingi lautan ini juga memiliki banyak kuliner enak dan mengenyangkan. Wah, makanan apa saja sih yang yang ditawarkan di kota satu ini? Yuk, simak rangkumannya berikut!

Baca juga : Pilihan Wisata Natasha Wilona dan Verrel Bramasta, Lokasi Eksotis Dipadu Pose Romantis

1. Uta Palumara Londe

Uta Palumara Londe
Uta Palumara Londe [image source]
Sajian satu ini berbahan utama ikan bandeng dan berkuah santan. Bumbu bawang putih, bawang merah, cabe merah, kunyit dan tomatnya bikin uta palumara londe berasa asam pedas manis yang pastinya nendang abis. Selain itu, yang bikin selera makan makin meningkat adalah aroma khas kemanginya yang wangi. Tenang, makanan ini mudah kamu dapatkan di sekitaran pantai di Kota Bima

2. Uta Sepi Tumis

Ilustrasi Uta Sepi Tumis
Ilustrasi Uta Sepi Tumis [image source]
Kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan pedas, jika ada di NTB. Adalah Uta Sepi Tumis, makanan pedas khas Bima yang sayang untuk dilewatkan. Terbuat dari udang-udang kecil yang ditumis dengan asam muda, cabe, tomat, dan dihidangkan dengan kemangi membuat sambal udang ini menjadi makanan favorit penduduk sekitar. Wah, sajian satu paling mantap jika disantap dengan nasi hangat.

3. Uta Maju Puru

Ilustrasi Uta Maju Puru
Ilustrasi Uta Maju Puru [image source]
Selain hidangan seafood, olahan daging rusa juga menjadi favorit masyarakat Bima. Salah satunya adalah Uta Maju Puru, daging rusa bakar khas Kota Bima. Yap, sajian ini punya citarasa yang khas karena sebelum dimasak, daging rusa ini diawetkan lebih dulu dengan cara didendeng. Setelah itu, daging di bakar dengan baluran bumbu-bumbu yang bikin Uta Maju Puru ini berasa lezat dan gurih.

4. Tota Fo’o

Tota Fo'o Bima
Ilustrasi Tota Fo’o Bima [image source]
Sama dengan daerah lain di Indonesia, Bima juga punya sambal-nya sendiri. Terdiri dari bahan dasar cabai dan mangga, membuat Tota Fo’o berasa pedas namun segar. Nah, buat kalian yang doyan banget sama sambal, jangan sampai terlewat untuk mencolek pedasnya sambal khas Bima ini ya. Apalagi jika dicocol dengan daging dari ikan bakaran. Makin mantab!

5. Bingka Dolu

Bingka Dolu
Bingka Dolu [image source]
Kalau yang terakhir ini adalah kue khas dari Kota Bima. Warnanya hijau daun suji dan memiliki tekstur yang lembut serta mudah dikunyah. Saat jalan-jalan ke Bima, kamu akan sangat mudah menemukan jajanan satu ini karena banyak dijual di pasar-pasar tradisional di Kota Bima.

Nah, sekarang sudah tahu kan ada kuliner apa saja di Bima. Tinggal pilih saja ada yang pedas, gurih, asam manis, dan beraneka rasa lainnya. Liburan ke kota ini, jangan lupa pula untuk menjelajah destinasi wisata menarik lainnya seperti Pantai Kalaki. Next

ramadan
Wisata Semarang, Goa Kreo

Mau Bermain di Negeri Atas Awan? Di Sini Tempatnya!

10 Favorit Travelingyuk di Festival Bakso dan Cwi Mie Malang