in ,

Kuliner Dayak yang Rasanya Enak

Kuliner Khas Dayak
Kuliner Khas Dayak

Dayak adalah suku yang mendiami Pulau Kalimantan. Di dalam suku ini masih banyak percabangan etnis yang melahirkan beragam kebudayaan. Termasuk juga soal kulinernya. Jika berksempatan datang dan bisa berburu kuliner di Tanah Dayak, beberapa nama kuliner khas Dayak berikut ini bisa jadi pilihanmu lho. Langsung saja, simak ulasan selengkapnya ya.

Baca juga : Mencicipi Nasi Jamblang Ibu Nur di Cirebon, Sampai Rela Antre!

1. Botok Mengkudu

Botok Mengkudu
Botok Mengkudu via Instagram @yc_tzai

Botok sebenarnya adalah kuliner yang familiar di mana-mana terutama Pulau Jawa. meski begitu ternyata di Kalimantan juga ada botok. Yang membuatnya khas adalah daun yang digunakan untuk membunhkus. Jika biasanya yang dipakai adalah daun pisang. Kuliner ini ternyata menggunakan daun mengkudu yang menbuatnya rasanya jadi lebih enak.

2. Nasi Humbal

Nasi Humbal
Nasi Humbal via Instagram @ilovekandangan

Nasi Humbal adalah kuliner khas dayak. Lebih tepatnya dari Dayak Meratus di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Nasi ini dimasak dengan cara dipanggang dengan dibungkus daun lirik. Jenis daun ini kabarnya hanya ada di kawasan Pengunungan Meratus. Setelah itu dimasukkan ke dalam ruas batang bambu. Penggunaan daun lirik ini ternyata memberikan rasa enak tersendiri lho.

3. Kue Dange

Kue Dange
Kue Dange via Instagram @dodon_jerry

Kue Dange adalah kuliner yang banyak jadi buruan para traveler. Bahan dasarnya adalah parutan kelapa yang diolah dengan tepung dan gula. Rasa gurihnya begitu khas dan enak. Bagi yang sudah mencoba pasti setuju memassukkan kue dange di list kuliner khas Dayang yang wajib yang wajib dicoba.

4. Juhu Singkah

juhu singkah
juhu singkah via Instagram @sugiana73

Di budaya Dayak seperti Dayak Ngaju ada banyak jenis juhu yang menjadi kuliner khas yang enak. Contohnya seperti Juhu Singkah. Bahan dasarnya adalah rotan muda atau umbut rotan yang memang mudah sekali ditemukan di hutan-hutan. Biasanya dimasak dengan bumbu kemudian dicampur dengan bahan lain seperti ikan.

Itulah beberapa kuliner khas Dayak yang bisa Teman Traveler coba. Semuanya enak dan memiliki rasa unik. tertarik untuk coba yang mana dulu nih Teman Traveler? Next

ramadan
Ilustrasi serangan hiu di Laut Merah

4 Kasus Serangan Hiu pada Traveler

Queen Elizabeth 2

Ratu Elizabeth II dari Inggris Meninggal Dunia