in ,

4 Kuliner Enak dan Unik di Tulungagung, Ada Rujak Isi ‘Tape’

Empat Kuliner di Tulungagung yang Enak dan Unik

Kuliner di Tulungagung

Tulungagung, kota kecil di Jawa Timur yang memiliki sejuta keindahan. Ada banyak tempat eksotis yang bikin mata adem. Tak hanya itu, kuliner di sini juga melimpah. Bahkan, kamu bisa menemukan makanan unik tapi rasanya juara. Nah, penasaran apa saja kuliner di Tulungagung enak dan unik ini kan? Yuk, simak daftarnya!

Baca juga : Gaya Traveling Berdasarkan Golongan Darah, Kamu yang Mana?

1. Rujak Tape

Rujak tape Tulungagung
Rujak tape Tulungagung via instagram/@deeduniaku

Jika Surabaya terkenal dengan rujak cingur, lain halnya Tulungagung. Kamu bakal menemukan rujak isi tape yang pastinya bikin penasaran. Seporsi makanan yang dijual di dekat Pondok Kongas Arum Kusumaningbongso ini berisi kerupuk lompong, lontong, tahu goreng, serta ketimun. Baru kemudian disiram dengan bumbu kental yang terbuat dari ketela. Teksturnya mirip dengan tape dicairkan. Karena itulah disebut dengan rujak tape. Untuk harga sepincuknya juga murah meriah, yaitu sekitar Rp4.000

Rujak tape
Rujak tape via instagram/@njajan_tulungagung

2. Nasi Bantingan

Nasi bantingan Tulungagung
Nasi bantingan Tulungagung via instagram/@kulinertulungagung

Pernah dengar nama makanan satu ini? Orang Tulungagung pasti tahu betul. Nasi atau Sego Bantingan ini sebenarnya tak beda jauh dengan nasi jinggo serta nasi kucing. Porsinya sedikit dan dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak. Isinya? Kamu bisa memilih nasi goreng, nasi campur ayam, nasi lele lombok ijo, hingga nasi kuning. Menu tersebut sudah ditambahkan lauk sederhana tapi istimewa. Untuk mendapatkannya sangat mudah, karena hampir setiap sudut ada penjual kuliner Tulungagung ini.

Nasi bantingan
Nasi bantingan via instagram/@omahwedang_otomotif

3. Sompil

Sompil Tulungagung
Sompil Tulungagung via instagram/@kacamata_tulungagung

Kuliner di Tulungagung berikutnya yang bisa kamu nikmati saat liburan ke kota cantik ini adalah Sompil. Dari namanya memang unik, begitu pula dengan isinya. Sompil ini terdiri dari irisan lontong dan tambahan lotho. Menu tersebut disajikan dengan bumbu kedelai. Rasanya gurih pedas yang menggugah selera. Paling nikmat disantap dalam kondisi hangat karena lebih berasa.

Sompil
Sompil via instagram/@hendysanjaya888

4. Sagon

Kue Sagon
Kue Sagon via instagram/@sagonhouse.id

Orang Jawa Timuran pasti tak asing lagi dengan Sagon. Kue ini berasal dari Tulungagung dan biasa muncul menjelang lebaran atau hari besar lainnya. Makanan tersebut terbuat dari kelapa yang dicampur dengan tepung ketan, tepung sagu, serta kanji. Bentuk mirip lingkaran dengan ukuran tak terlalu besar dan juga kecil. Sementara rasanya dominan manis bercampur gurih. Sangat pas disantap sekalian menyeruput teh.

Sagon Kelapa
Sagon Kelapa via instagram/@scolastica_wedha

Nah, sudah tahu kan kuliner di Tulungagung yang unik. Rasanya enak dan pastinya bikin ketagihan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba makanan yang mana dulu nih! Next

ramadan

Hotel di Serang, Tempat Menginap Nyaman Setelah Saksikan Festival Seba Baduy Banten

Museum Patah Hati, Simpan Kenangan dan Kesakitan Secara Bersamaan