in , , , , ,

5 Kuliner Enak dan Murah di Solo, Ada Angkringan yang Istimewa

Wisata Kuliner Enak dan Murah di Kota Solo yang Patut Dicoba oleh Teman Traveler

Angkringan Omah Londo
Angkringan Omah Londo

Liburan ke Solo menjadi agenda paling pas untuk mencicipi semua makanan enaknya. Banyak kuliner di Kota Solo yang menggoda untuk dicoba dan harganya terjangkau. Yuk, simak ulasan berikut, Teman Traveler!

Baca juga : Chinatown Bandung, Suasana Negeri Tirai Bambu di Kota Kembang yang Super Instagramble

1. Angkringan Omah Londo

Omah Londo via Instagram @omahlondo_angkringan

Berbeda dengan angkringan biasanya, Omah Londo merupakan kedai angkringan di Solo yang dibuka di sebuah rumah makan, bukan di pinggir jalan. Tempatnya sangat nyaman dan dekorasinya juga kekinian sekali. Tapi, bukan berarti harga makanan di sini mahal-mahal. Teman Traveler tetap bisa mendapatkan harga murah bak angkringan di pinggir jalan. Misal, babat gongso harganya Rp 5.000, bakmi goreng Rp 4.000, bakwan jagung Rp 4.000, ceker bacem Rp 2.500, bolu kukus Rp 5.000, dan menu lainnya yang harganya nggak lebih dari Rp 13.000. Teman Traveler tidak perlu khawatir, karena menu yang disuguhkan sangat banyak dan harganya pun relatif murah. Tempat makan yang satu ini beralamat di Jalan KH Agus Salim No. 2A dan buka mulai  11.00 – 24.00 WIB

Omah Londo via Instagram @omahlondo_angkringan
Omah Londo via Instagram @omahlondo_angkringan

2. Selat Solo Bu Sasmito

Selat Solo Bu Sasmito via Instagram @soloinfo

Selat solo menjadi kuliner dari tanah kelahiran Presiden Joko Widodo yang sayang kalau dilewatkan. Apalagi dengan cita rasanya yang khas, manis kecap yang mengigit. Selain itu, untuk sajiannya juga terbilang banyak. Aneka sayuran selada, wortel, dan buncis yang dipotong kecil-kecil. Bikin makan seporsinya saja, sudah kenyang seharian. Nampaknya memang selat solo memiliki tampilan seperti steak daging dengan irisan kentang, buncis, wortel, dan daging sapi asap. Hanya saja diberi kuah kecap yang bertekstur cair.

Selat Solo Bu Sasmito patut dicoba oleh Teman Traveler. Untuk harganya sendiri, satu porsi dibanderol dengan harga Rp 15.000 saja per porsi. Itu pun sudah porsi banyak dan mengenyangkan perut. Teman Traveler bakalan puas setelah mencobanya. Lumayan untuk menghemat liburan akhir tahun bersama keluarga. Tempat makan ini berlokasi di Pasar Klewer, Solo dan buka mulai pukul 08.00 hingga menu yang dijual habis.

3. Timlo Kwali Mangkunegaran

Timlo Kwali Mangkunegaran via Instagram @lawrencetjandra

Timlo juga kuliner yang patut dicoba ketika berada di Solo. Kuliner ini merupakan sejenis sop yang berisi suwiran daging ayam, irisan telur, pindang kecap, ati ampela, hingga potongan sosis Solo. Salah satu tempat makan timlo yang enak dan murah adalah Timlo Kwali Mangkunegaran.

Perpaduan antara daging ayam kampung, kripik kentang, mi soon dan kuah kaldu ini memang menggugah selera. Tak hanya di Pasar Gedhe, Teman Traveler juga bisa menemukannya di sekitar Pura Mangkunegaran. Kelezatan menunya sudah terkenal seantero Kota Solo. Saking terkenalnya, warung yang terletak di Jalan Raden Mas Said No.9, Keprabon, Banjarsari ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Harga seporsinya hanya Rp 11.000 saja.

Timlo Kwali Mangkunegaran via Instagram @solofoodgram

4. Mie dan Bakso Subur

Mie dan Bakso Subur via Instagram @miebaksosubur

Mie dan Bakso Subur merupakan kuliner Solo yang tak boleh dilewatkan oleh Teman Traveler. Di sini kalian bisa menikmati mie dan bakso yang diolah sendiri oleh owner-nya langsung. Harganya sangat terjangkau, yakni bakso sapinya cuma seharga Rp 9.000, mie ayam Rp 7.000, mie pangsit Rp 8.000. Kalau dihitung-hitung, mungkin dengan Rp 20.000 saja kalian sudah bisa makan dengan puas. Selain itu, masih banyak menu makanan berat lainnya. Semua harganya di bawah Rp 10 ribu, lho. Sedangkan untuk harga minumannya berkisar antara Rp 2.500 sampai Rp 4.500. Adapun Mie dan Bakso Subur ini beralamat di Jalan RE Martadinata (depan SMAN 3, dekat Pasar Gede) dan buka pada Hari Selasa – Minggu, mulai pukul 17.00 WIB – habis.

Mie dan Bakso Subur via Instagram @miebaksosubur

5. Sego Kalong

Sego Kalong via Instagram @segokalong

Sego Kalong merupakan resto di Kota Solo yang menyajikan makanan dengan menu-menu jadul seperti nasi tiwul, nasi merah, trancam, dan berbagai macam olahan khas desa dan tradisional dengan rasa bumbu yang mantap. Selain itu, tempat makan yang satu ini juga menyajikan berbagai macam menu ketan, seperti ketan ragi bacem seharga Rp 8.000, ketan tiramisu Rp 10.000, ketan srikaya Rp 10.000, kare spesial Rp 7.000, dan lain-lain. Sangat terjangkau bukan, Teman Traveler? Selain itu, penyajian makanan di sana juga menarik dan estetik. Jika Teman Traveler berminat untuk mencobanya, kalian bisa datang ke Jalan Madukoro No. 19, Kratonan, Solo. Tempat kuliner ini buka Hari Senin-Sabtu (pukul 11.00-22.00), Hari Jumat (13.00 – 22.00), dan libur pada Hari Minggu.

Mie Ayam di Sego Kalong via Instagram @segokalong
Rawon di Sego Kalong via Instagram @segokalong


Itulah 5 kuliner di Kota Solo yang bisa jadi rekomendasi ketika liburan ke Solo. Sudah siap berwisata kuliner, Teman Traveler? Selamat mencoba!
Next

ramadan

6 Festival di Bandara, Salah Satunya ada Festival Durian

Kontena Hotel, Bermalam Nyaman di Tempat a La Jepang