in ,

6 Kuliner Ikan Khas Nusantara yang Enaknya Bikin Nambah Terus

Enam Kuliner Ikan Khas dari Indonesia

Via Instagram nvicl

Sebagai negara Kepulauan, Indonesia memiliki wilayah lautan yang lebih luas dari daratan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak kuliner yang berasal dari ikan. Selain memang jumlahnya banyak, ikan sangat digemari karena memiliki rasa yang nikmat. Mulai ikan dari air tawar sampai dengan air laut. Sebagai pecinta kuliner khas Nusantara, yuk kita ulas kuliner ikan apa saja yang asli dari Indonesia.

Baca juga : Binte Biluhuta, Kuliner Pemersatu Khas Gorontalo dengan Segudang Manfaat

1. Gohu Ikan, Ternate

Gohu Ikan khas Ternate, Via Instagram chondro_kirono

Sekali lihat, gohu ikan ini akan menyerupai sashimi karena diracik secara mentah-mentah. Potongan ikan tuna mentah kemudian dikombinasikan dengan irisan cabe rawit dan beberapa bumbu lainnya. Bagi para penggemarnya, kuliner satu ini sangat nikmat. Silakan dicoba saat sedang berkunjung ke Ternate.

2. Pempek, Palembang

Pempek khas Palembang, Via Instagram betty_judith

Siapa yang tidak kenal dengan pempek? Kuliner asli dari Palembang ini memiliki rasa yang lezat. Enak disantap saat hangat dan dicocol dengan saus khasnya. Pempek ini terbuat dari ikan dan sagu. Meskipun berasal dari Palembang, namun di daerah lain juga sudah banyak sekali pempek. Kamu bisa mencoba di lokasi terdekat.

3. Sate Lilit, Bali

Sate Lilit khas Bali, Via Instagram jogjaparadisefoodcourt

Jika biasanya sate terbuat dari daging kambing dan daging ayam, di Pulau Dewata Bali ada sate yang terbuat dari ikan yang dicincang. Namanya adalah sate lilit. Ikan yang dicincang kemudian dibumbui dengan rempah lalu ditusuk menggunakan serai. Penggunaan serai inilah yang membuat rasanya makin istimewa.

4. Bandeng Presto, Semarang

Bandeng Presto khas Semarang, Via Instagram bandeng_presto_burita

Meskipun juga banyak di daerah lainnya, bandeng presto yang terkenal adalah khas Semarang. Seperti namanya, ikan yang digunakan di sini adalah ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam secukupnya. Untuk menambah cita rasa, biasanya bandeng presto ini diberi alas daun pisang.

5. Seruit, Lampung

Seruit khas Lampung, Via Instagram sapphire_dan_ruby_coffee

Tak kalah dengan kota lainnya di Indonesia, Lampung juga memiliki kuliner khas yang terbuat dari ikan, namanya adalah Seruit. Ikan digoreng ataupun dibakar kemudian dicampur dengan sambal terasi, tempoyak atau sambal mangga. Sangat nikmat sekali bikin ketagihan.

6. Sate Bandeng, Banteng

Sate Bandeng khas Banten, via Instagram foodstory_ktv

Jika Semarang memiliki bandeng presto, Banten juga memiliki sate bandeng yang sama-sama enaknya. Daging ikan bandeng dibuang durinya kemudian diberi bumbu lalu dibakar. Enak sekali dinikmati dengan sepiring nasi hangat dan juga sambal.

Kira-kira apa kuliner dari ikan apa lagi ya yang berasal dari daerahmu? Yuk saling berbagi informasi! Next

ramadan
Kebun Raya Bogor

Spot-spot Foto di Kebun Raya Bogor yang Instagramable

10 Mata Air di Klaten yang Tawarkan Kejernihan dan Pemandangan Indah