in , , , ,

5 Kuliner Khas Ambon yang Patut Dicoba, Ada Rujak Buah Istimewa

Kuliner Khas Ambon yang Tak Boleh Dilewatkan Ketika Berwisata Kuliner

Sagu Gula
Sagu Gula

Ambon merupakan Ibukota Maluku yang terkenal dengan wisatanya yang indah dan kulinernya yan nikmat. Banyak sekali makanan khas yang patut dicicipi oleh Teman Traveler ketika berkunjung ke sini. Agar tidak penasaran lagi kuliner lezat apa saja yang ada di sini, simak ulasan berikut ya.

Baca juga : Pria Ini Datangi Tempat-tempat Keren di Komik Tintin, Indonesia Ada?

1. Ikan Kuah Kuning dengan Papeda

Ikan Kuah Kuning dengan Papeda via Lihatresep.com

Di Ambon, aneka hidangan laut ini tak hanya digoreng atau dibakar, tetapi diolah dengan bumbu yang menggunakan beragam rempah. Selain makanan laut, hutan Maluku yang masih terjaga pun menjamin pasokan bahan makanan nabati. Papeda adalah salah satu kuliner paling khas di sini dan dijadikan sebagai makanan utama, pengganti nasi di Ambon. Rasanya tawar dan menyerupai lem, papeda dibuat dari sagu. Meski tawar, rasanya enak dan perut kalian akan merasakan sensasi dingin. Teman Traveler bisa menikmatinya dengan ikan kuah kuning. Tak sulit mencarinya, karena di setiap restoran atau warung menyediakan makanan khas yang satu ini.

2. Kue Kenari

Salah Satu Olahan Kue Kenari via Rooms Blog

Kaya akan kenari membuat ragam hidangan khas Maluku terkenal unik. Mulai dari kopi, sayuran, ikan, hingga kue menggunakan kenari. Ragam kue nikmat yang menggunakan biji kenari ialah bolu kenari, sagu kenari, bagea kenari, dan masih banyak lagi. Teman Traveler bisa membelinya di sentra oleh-oleh atau toko kue kering di Kota Ambon. Harganya bervariasi, mulai Rp 35.000 untuk 250 gram. Jika membelinya di pasar, tentu harganya akan lebih murah, karena dijual secara curah. Makanan yang satu ini cocok banget buat dijadikan oleh-oleh sehabis Teman Traveler berkunjung ke Ambon.

3. Sagu Gula (Sagu Lempeng)

Sagu Gula via Kompas

Sagu gula merupakan camilan berbahan dasar sagu dan kelapa yang dipanggang di dalam cetakan tanah liat. Di beberapa daerah, sagu bakar yang berbentuk balok diberi isian gula aren. Saat mencicipi sagu gula, Teman Traveler akan merasakan gurihnya kelapa muda dan gula aren yang wangi. Hidangan ini amat nikmat dikonsumsi saat sore atau pagi hari bersama kopi ataupun teh. Perlu diingat, sagu gula di Ambon kota berbeda dengan sagu gula yang di Ambon pesisir. Sagu gula di pesisir lebih gurih dan empuk karena banyak mengandung kelapa. Kalian bisa membelinya di kedai-kedai kopi hingga pasar tradisional di Pulau Ambon. Per buah dijual Rp 2.000 – 3.000, tergantung pada ukuran sagu gula yang dibeli.

Sagu Gula via instagram @icip.icip_
Sagu lempeng via Instagram @rabb_hidayat

4. Rujak Natsepa

Rujak Natsepa via Instagram @wowpedasnya

Kuliner khas yang satu ini berada di Pantai Natsepa. Sama seperti rujak manis pada umumnya, rujak ini berisi buah-buahan seperti kedondong, mentimun, pepaya, mangga, nanas, jambu air, belimbing, dan sebagainya. Keunikan rasanya berasal dari olahan kacang dan gula aren yang asli dari daerah tersebut dan ditambah potongan buah pala. Satu porsi rujak ini di sentra kuliner Pantai Natsepa dihargai Rp 15.000. Anda bisa menikmatinya di tengah deburan ombak dan sejuknya angin Pantai Natsepa yang indah maupun setelah berenang di pantai tersebut.

Buah Segar untuk Rujak Natsepa via instagram @nurain_samsudin82

5. Rendang Rwbia

Rwbia via Kompas

Rwbia ini ialah hidangan berbahan dasar bia atau kerang. Kerang yang digunakan berbagai macam jenisnya, tergantung stok jenis kerang yang ditemukan di lokasi tersebut. Bia tersebut dimasak dengan bumbu yang kaya akan rempah. Rempah terdiri dari aneka bawang, kelapa sangrai, santan, gula aren, jintan, kunyit, dan lainnya. Soal rasa, jangan ditanya. Kenyalnya kerang berpadu dengan rempah yang gurih dan sedikit pedas dari rempah. Dengan proses masak yang cukup lama, sepertinya tidak berlebihan jika hidangan ini tak kalah dengan rendang minang. Untuk mendapatkannya, Anda bisa berkunjung ke resto dekat pantai hingga pasar tradisional yang ada di pesisir. Salah satunya adalah sentra kuliner di Pantai Natsepa, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Itulah 5 kuliner khas yang ada di Kota Ambon, Maluku. Jika Teman Traveler hendak liburan ke Maluku dan sekitarnya jangan lupa untuk mencicipinya ya. Selamat berwisata kuliner, Teman Traveler! Next

ramadan

Nikmatnya Es Kopi Susu Khas dari Kafe Budaya Kopi

Tidak Perlu Takut Solo Traveling ke Malaysia