in ,

7 Kuliner Khas Cilegon yang Wajib Traveler Cicipi

Ilustrasi Ayam Bekakak
Ilustrasi Ayam Bekakak

Jika kamu memilih kota Cilegon sebagai tujuan wisata ada banyak pilihan kuliner khas yang bisa dinikmati. Rata-rata menunya juga menjadi hindangan khas kota lain yang berada di Banten sebab pernah menjadi satu wilayah di bawah kerajaan Islam Banten. Inilah 7 kuliner khas yang wajib kamu cicipi saat berada di kota Cilegon.

Baca juga : Mancis Surabaya, Hot Dog Bar Bergaya Retro Pop yang Hits Abis

1. Ayam Bekakak Kranggot

Ayam Bekakak Kranggot adalah menu khas dari Cilegon. Bentuknya sama dengan ayam bakar pada umumnya hanya yang membedakan adalah bumbunya yang menggunakan bumbu khas Banten yang kaya akan rempah. Selain itu yang membedakan Ayam Bekakak Kranggot dengan Ayam Bekakak di daerah lain adalah cita rasanya.

Ayam Bekakak Kranggot, via instagram
Ayam Bekakak Kranggot, via instagram

Ayam Bekakak Kranggot khas Cilegon memiliki cita rasa yang khas, agak pedas dan agak manis. Menu lezat yang satu ini umumnya disajikan pada acara-acara selamatan, seperti khitanan, pernikahan, maulidan dan sebagainya. Ayam yang digunakan sebagai bahan dasarnya pun bukan ayam potong melainkan ayam kampung. Kini menu spesial ini tidak hanya disajikan dalam acara khusus tapi juga dijual di warung-warung makan yang menjual menu khas daerah Cilegon.

2. Sate Bandeng

Makanan khas Cilegon dan juga Banten berikutnya adalah sate bandeng. Tujuan pembuatan sate bandeng adalah untuk mendapatkan olahan ikan bandeng tanpa duri. Tidak seperti bandeng presto khas Semarang atau bandeng cabut duri milik Sidoarjo, sate bandeng dari Cilegon ini dibuat dengan cara menumbuk daging bandeng yang telah dihilangkan durinya kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, gula merah, garam dan yang tidak kalah penting yaitu parutan kelapa yang tidak terlalu tua.

Sate Bandeng, via instagram
Sate Bandeng, via instagram

Cara memasak seperti ini dilakukan oleh juru masak Kesultanan Banten dengan tujuan memudahkan menyantap hidangan ikan bandeng yang notabene memiliki banyak duri halus meski dagingnya sendiri lezat. Variasi lain memasak sate bandeng adalah dengan menghidangkan dalam ukuran besar dan dibungkus daun pisang lalu dibakar sampai matang layaknya membuat pepes. Umumnya hidangan sate bandeng disantap bersama dengan sambal kacang.

3. Rabeg

Rabeg adalah salah satu makanan khas Cilegon yang tidak boleh traveler lewatkan. Bisa dibilang makanan ini sangat sakral karena pada zaman dahulu rabeg hanya disajikan dalam acara tertentu seperti pernikahan. Makanan ini menjadi salah satu menu favorit Sultan Hasanuddin yang pernah memimpin kesultanan Banten.

Rabeg, via instagram
Rabeg, via instagram

Rabeg Cilegon merupakan makanan berkuah yang mirip dengan semur. Dibuat dari olahan daging kambing/sapi serta dicampur potongan jeroan yang dimasak dengan menggunakan banyak rempah-rempah serta bumbu. Menu yang satu ini kian nikmat kala disajikan dengan nasi uduk. Makanan ini menjadi menu favorit warga Cilegon hingga Serang. Untuk mencicipi menu yang satu ini traveler bisa mampir ke salah satu rumah makan yang terletak di sepanjang jalan Cilegon-Serang. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran kebanyakan menjual menu rabeg.

4. Sate Bebek Cibeber

Sate Bebek Cibeber juga menjadi salah satu menu khas dari Cilegon. Makanan ini sama dengan sate pada umumnya hanya saja dagingnya menggunakan daging bebek. Bumbunya pun juga khas yaitu bumbu panggang khas Cibeber yang berwarna merah dengan rasa yang manis. Kebanyakan traveler yang mencicipi menu ini merasa puas dengan cita rasa yang didapatkan.

Sate Bebek Cibeber, via instagram
Sate Bebek Cibeber, via instagram

Yang menarik dari Sate Bebek Cibeber ini adalah rasanya yang tidak amis. Seperti diketahui bahwa daging bebek dan juga mentog terkenal dengan bau amis yang menyengat. Tapi dengan proses pengolahan yang benar ternyata daging unggas satu ini bisa terasa lezat dan hilang amisnya. Warung makan yang menjual sate bebek paling lezat di Kota Baja bisa traveler temukan di kawasan Pantai Anyer, tepatnya bernama rumah makan Cindelaras.

5. Kue Gipang

Kue Gipang atau Jipang adalah makanan tradisional yang sudah sangat merakyat sehingga meski kini sulit didapatkan namun masih ada saja yang mencarinya. Kue jipang sudah menjadi makanan khas dari pulau Jawa, setiap daerah memiliki variannya sendiri-sendiri tak terkecuali kota Cilegon. Rasanya yang renyah, manis dan sedikit lengket menjadi ciri khas kue jipang.

Kue Gipang, via instagram
Kue Gipang, via instagram

Rasa manis dan lengket yang dihasilkan kue jipang berasal dari ketan yang dicampur dengan air gula. Kini kue jipang memiliki banyak varian rasa selain rasa gula merah ada pula rasa pandan dan rasa-rasa lainnya. Kue ini sangat mudah dijumpai di daerah-daerah di dalam wilayah banten terutama Serang dan Cilegon. Kue jipang memang pas untuk dijadikan oleh-oleh khas saat liburan ke wilayah Banten.

6. Kue Ketan Bintul

Kue Ketan Bintul dikenal sebagai makanan khas dari Serang. Namun makanan ini juga menjadi makanan khas dari Cilegon, wajar mengingat sebelum menjadi kota sendiri, Cilegon adalah bagian dari wilayah kabupaten Serang. Tampilannya sama seperti ketan biasa hanya saja kue ini menggunakan topping serundeng alias parutan kelapa yang digoreng. Penyajiannya pun unik menggunakan daun pisang.

Kue Ketan Bintul, via instagram
Kue Ketan Bintul, via instagram

Kue Ketan Bintul dikenal sebagai menu wajib saat bulan puasa sebagai takjil. Orang-orang yang tinggal di Serang dan Cilegon merasa ada yang kurang saat puasa jika tidak ada ketan bintul di dalam salah satu menu berbuka. Banyak sekali penggemar jajanan berbahan dasar ketan ini. Traveler yang penasaran pun tidak akan kesulitan menemukan penjual ketan bintul apalagi di pusat oleh-oleh atau di sekitar obyek wisata terkenal.

7. Kerupuk Dapros

Pernah mendengar istilah kerupuk dapros? Mungkin selama ini kita baru mengenal yang namanya kerupuk udang, kerupuk rambak atau kerupuk terasi. Tapi di Cilegon ada yang namanya kerupuk dapros, ini adalah makanan khas kota tersebut. Kerupuk dapros tidak hanya populer di Cilegon namun juga Serang hingga daerah lain di Banten.

Kerupuk Dapros, via instagram
Kerupuk Dapros, via instagram

Sama seperti kue ketan bintul, kerupuk dapros juga menjadi makanan khas di bulan puasa. Kerupuk ini terbuat dari tepung terigu tapi tidak semua orang bisa membuatnya perlu keahlian khusus untuk membuat makanan ini. Sebab krupuk dapros sangat identik dengan bentuknya yang unik menyerupai bunga yang sedang mekar. Nah, kalau liburan ke Cilegon jangan lupa membeli oleh-oleh kerupuk dapros.

Bagaimana dengan traveler asli Cilegon? Masih ada menu khas lain yang Travelingyuk lewatkan? Yuk bantu kami melengkapinya dengan menuliskannya di kolom komentar. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Transformasi Pemandian Alam Cikoromoy, Dari Pemandian Biasa Menjadi Spot Foto Underwater yang Amboy Kerennya

5 Jurus Anti Nyasar Saat Sedang Asyik Liburan