in ,

Kuliner Khas Sulawesi Dibungkus Daun, Aromanya Menggugah Selera

Ragam kuliner khas Sulawesi dibungkus daun

kuliner khas Sulawesi dibungkus daun
kuliner khas Sulawesi dibungkus daun

Perihal kuliner, paling kondang di Sulawesi tentu saja berbagai makanan dari Makassar. Banyak kuliner enak yang bisa dijajal. Mulai dari coto Makassar, Jalangkote, Sop Konro, dan lain sebagainya. Nah, selain Buras, teman makan coto, ternyata ada banyak kuliner khas Sulawesi dibungkus daun lainnya. Ada apa saja kira-kira?

Baca juga : Rest Area KM 597 di Jalur Ngawi-Kertosono, Fasilitas Super Lengkap, Mudik Nyaman!

Lapa lapa

Lapa lapa, foto istimewa
Lapa lapa, foto istimewa

Lapa-lapa merupakan kuliner yang hampir selalu ada di meja masyarakat Makassar saat Hari Raya Lebaran. Bahan utamanya adalah beras ketan, dibungkus dengan daun kelapa muda kemudian dikukus sampai matang.

Biasanya, makanan ini disantap bersama dengan ikan asin. Tambah enak lagi jika ada sambal kaluku yang terbuat dari kelapa parut. Jika kamu sedang traveling ke Makassar saat Lebaran, hidangan ini akan sangat mudah ditemukan.

Nasi Jaha

Nasi Jaha, via Instagram/ursandnic
Nasi Jaha, via Instagram/ursandnic

Selanjutnya ada nasi jaha yang merupakan kuliner asli Manado. Tampilannya kurang lebih mirip dengan lemang dari Sumatra Barat. Hal yang membedakannya adalah bahan pembuatnya, yakni beras putih dan ketan. Sementara lemang hanya menggunakan ketan saja.

Untuk makanan pendampingnya, nasi jaha biasa dipadukan dengan ikan cakalang palampis. Rasa nasi jaha sendiri cenderung gurih lantaran penambahan santan di dalamnya. Jangan segan cicip saat berada di Manado.

Lalampa

Lalampa, via Instagram/numpangsaveresep.id
Lalampa, via Instagram/numpangsaveresep.id

Kemudian ada lalampa yang mirip dengan lemper di Jawa. Bahan pembuatnya adalah beras ketan yang di dalamnya diisi dengan ikang cakalang, kemudian dibungkus memanfaatkan daun pisang. Bikin rasanya makin enak karena lalampa tidak hanya dikukus saja namun dibakar juga.

Untuk membuat rasanya makin nikmat, biasanya akan diolesi dengan minyak sayur terlebih dahulu. Makanan Sulawei ini pas disantap bersama dengan kopi ataupun teh hangat.

Gogoso

Gogoso, via Instagram/fesiang
Gogoso, via Instagram/fesiang

Masih dibungkus dengn daun pisang ada gogoso. Ini merupakan panganan yang terbuat dari beras ketan. Cara pemasakannya tidak dikukus, melainkan dibakar di atas bara api. Isiannya berupa abon sapi ataupun daging ayam. Kuliner ini banyak disajikan sebagai camilan yang biasanya juga disajikan bersama dengan kacang rebus.

Burasa

Buras, via Instagram/medanfoodblog
Buras, via Instagram/medanfoodblog

Nah, yang satu ini memang paling kondang dari Sulawesi, yaitu burasa atau buras. Bentuknya mirip dengan lontong namun agak pipih, dibungkus dengan daun pisang dan tak lupa ditali. Biasanya burasa menjadi sajian pada hari-hari besar seperti Idul Fitri. Tidak dimakan sendirian, burasa biasanya disantap bersama dengan coto Makassar. Kombinasi yang sangat pas dan menjadi idola banyak pengunjung.

Itulah ragam kuliner khas Sulawesi dibungkus daun. Rekomended buat dicicipi saat jelajah ke Sulawesi. Bagaimana, Teman Traveler pernah coba yang mana nih? Next

ramadan

Here is The Fact Behind A British Influencer that Blacklisted in Bali

Angkringan Semar Jogja

Angkringan Semar Jogja, Bersantap Ditemani Syahdunya Malam