in , ,

5 Kuliner Khas Timur Tengah, Saat Ramadan dan Lebaran

Kuliner Timur Tengah saat Ramadan dan Idul Fitri

fi kuliner timur tengah

Tidak hanya Indonesia yang selalu menghidangkan makanan khas saat bulan suci ini, di negeri Arab juga punya makanan spesial saat Ramadan dan Lebaran. Yuk simak 5 daftar kuliner khas Timur Tengah yang selalu dinanti masyarakat Muslim di sana.

Baca juga : Negara Bebas Dikunjungi Selama Pandemi, Destinasi Liburan Akhir Tahun

1. Baklava

baklava
Ilustrasi via pexels Meruyert Gonullu

Makanan pertama ada Baklava, mungkin Teman Traveler sudah tidak asing dengan namanya. Selain hits di Indonesia ternyata hidangan penutup satu ini adalah salah satu makanan favorit serta disukai semua negara Arab. Terbuat dari lapisan filo atau pastry yang dicampur mentega dan kacang pistachio, kemudian direndam dalam sirup gula dengan aroma bunga mawar.

2. Qatayef

qatayef
Ilustrasi via instagram nadiatommalieh

Selanjutnya ada Qatayef, sekilas bentuknya mirip pastel tetapi isiannya adalah adonan keju dengan kacang. Kuliner ini merupakan warisan lebih dari seribu tahun, ada pada kekhalifahan Abbassid yang memerintah Timur Tengah bagian Irak dan Iran modern.

Qatayef biasanya dijual oleh pedagang kaki lima serta dibuat di rumah-rumah di Levant dan Mesir menjelang Ramadan. Kue ini dapat bertahan beberapa minggu atau lebih jika dimasukkan ke dalam freezer.

3. Musakhan

musakhan
Ilustrasi via instagram si_shijon

Berikutnya ada Musakhan makanan tradisional khas Palestina yang populer, tidak hanya saat Ramadan pada perayaan musim panen zaitun juga selalu dihidangkan. Musakhan dibuat dengan ayam berbumbu sumac, ditaruh di atas roti pipih yang dikenal sebagai tabun, biasanya disajikan dengan sup freekeh dan yoghurt.

4. Aseeda

Aseeda
Ilustrasi via instagram love.bake.cook

Kemudian ada Aseeda makanan sejenis puding yang terbuat dari tepung gandum dan madu lalu dimasak. Kudapan ini dinikmati saat Idul Fitri dan perayaan keagamaan lain di Yaman, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Sudan serta Libya.

5. Laasida

laasida
Ilustrasi via instagram symmetrybreakfast

Terakhir ada Laasida hidangan manis saat Lebaran di Maroko, makanan ini mirip dengan puding beras. Bahannya terdiri dari couscous bahan khas Maroko, mentega, madu dan beberapa bahan lainnya. Sebagai pelengkap biasanya ada kacang pistachio, buah pomegranate dan buah tin.

Demikian ulasan 5daftar kuliner khas Timur Tengah saat Ramadan serta Idul Fitri. Sudah pernah mencobanya Teman Traveler? Next

ramadan

Candi Prambanan yang melegenda

fi masjid kuno bondan

Masjid Kuno Bondan di Indramayu, Memiliki Kisah Seperti Prambanan