in , , ,

Masjid Kuno Bondan di Indramayu, Memiliki Kisah Seperti Prambanan

Wisata Religi di Majid Kuno Bondan yang punya cerita seperti Prambanan

fi masjid kuno bondan

Indonesia memang menyimpan banyak sejarah dan budaya, salah satunya ada masjid yang memiliki kisah seperti Candi Prambanan. Adalah Masjid Kuno Bondan di Indramayu sebuah tempat ibadah didirikan hanya semalam. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Jendela Alam, a Wonderful Educational Tourism in Bandung

Didirikan Sebelum Adanya Cirebon dan Indramayu

didirikan sebelum adanya cirebon
Ilustrasi via [image source]

Masjid Kuno Bondan atau yang disebut Masjid Sapu Angin, atau Masjid Darussajidin Bondan Barat ini berada di Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu. Dibangun oleh Syekh Datul Kahfi atau dikenal Syekh Nurjati pada tahun 1414 Masehi di bantaran Sungai Cimanuk.

Masjid ini ada sebelum kota Cirebon dan Indramayu ada karena Kesultanan Cirebon terbentuk pada tahun 1482 Masehi. Sementara Indramayu pada tahun 1527.

Dibangun Hanya Semalam

dibangun hanya semalam
Ilustrasi via [image source]

Kemudian menurut cerita pembangunan masjid ini hanya dalam waktu semalam dan keesokan harinya saja. Syekh Datul Kahfi juga membuat bedug dari kayu Sidaguri yang bila ditabuh suaranya terdengar hingga Cirebon. Namun sayangnya bedug ini tidak diketahui keberadaannya.

Masjid Dengan Bangunan Unik

masjid dengan bangunan unik
Ilustrasi via [image source]

Selanjutnya jika Teman Traveler memasuki masjid ini akan disambut dua area bangunan, pertama teras dengan bangunan baru hasil renovasi kemudian ada bagian utama masjid. Pada area utama bangunan terbuat dari kayu jati mulai dari atap, dinding hingga lantainya.

Keunikan bangunan ini berbentuk rumah panggung setinggi sekitar 50 cm, bagian ruang utama ini masih asli sejak 1414 Masehi. Ukurannya cukup kecil yaitu 9×9 meter. Selain itu bangunan utama ini memiliki atap berbentuk limasan khas masjid kuno di Indonesia.

Dahulu Pusat Penyebatan Agama Islam

dahulu pusat penyebaran islam
Ilustrasi via [image source]

Sementara itu untuk tahun berdirinya memang sudah ada tanda papan tulisan tahun pada atap masjid. Hal ini menunjukkan bahwa wilayah Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang dahulu pusat penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Syekh Datul Kahfi.

Diperkirakan bahwa wilayah Bondan masuk dalam kekuasaan Kerajaan Pakuan Pajajaran. Bahkan menurut cerita tempat ini menjadi lokasi pertemuan antara Prabu Siliwangi dan Nyai Subang Larang.

Demikian ulasan Masjid Kuno Bondan di Indramayu yang memiliki sejarah panjang. Next

ramadan
fi kuliner timur tengah

5 Kuliner Khas Timur Tengah, Saat Ramadan dan Lebaran

Djawatan

Menemukan Hutan Fangorn di Ujung Timur Pulau Jawa