in , , ,

Pulau Socotra di Yaman, Seperti Berada di Planet Lain

Pulau alien di Yaman

fi pulau socotra

Disebut sebagai pulau alien karena pemandangan hingga tumbuhan dan hewan di sini unik. Pulau Socotra di Yaman daerah yang memiliki sebutan Galapagos di Samudra Hindia ini, seperti berada di planet lain lho! Penasaran? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : 5 Tempat Makan Legendaris di Penang Malaysia, Populer Namanya Nikmat Sajiannya

Rumah Bagi Spesies Endemik

rumah tanaman endemik
Ilustrasi via instagram fam.travel

Pulau Socotra terletak di Samudra Hindia yang disebut unik dan misterius karena menjadi rumah bagi sepertiga dari 825 spesies tumbuhan, 90 persen spesies reptil dan 95 persen spesies siput endemik. Pulau ini juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tak hanya itu, lokasi syuting film Alice in Wonderland ini memiliki pemandangan alam sekitar sangat cantik serta menakjubkan. Seperti lautnya yang biru, air terjun, tebing-tebing dan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan uniknya.

Terkenal Dengan Pohon Darah Naga

pohon naga
Ilustrasi via instagram viaggiaconmela

Kemudian di sini juga terkenal dengan pohon darah naga atau dracaena cinnabari, berbentuk unik seperti payung memiliki getah berwarna merah. Diyakini penduduk lokal sebagai darah naga. Jaman dahulu getah pohon ini dicari untuk obat, pewarna, dan kosmetik. Saat ini digunakan untuk cat serta pernis.

Selain pohon naga ada juga moraceae, pohon mentimun (dendrosicyos socotranus), sukulen raksasa (dorstenia gigas), socotrana, delima socotrana langka (punica protopunica), aloe perryi, boswellia.

Terisolasi Selama 20 Juta Tahun

terisolasi
Ilustrasi via instagram fam.travel

Banyak yang meyakini pulau ini adalah salah satu bagian dari benua super Gondwana, pernah ada di era Neoproterozoikum hingga periode Jurasik. Namun, pulau ini bergeser memisahkan diri sejak 20 juta tahun lalu.

Pulau unik ini terletak 340 km dari daratan Yaman, karena jauh jadi sangat sulit dijangkau oleh pelaut. Membuat pulau ini terisolasi secara geografis, di sini juga ditempati sekitar 44.000 jiwa penduduk. Namun masih dianggap asing oleh masyarakat Yaman sendiri.

Cara Menuju Pulau Socotra

cara menuju pulau socotra
Ilustrasi via instagram adventuresoflilnicki

Selanjutnya jika Teman Traveler ingin mengunjungi pulau ini bisa terbang dari Kairo Mesir menuju Seiyun di Yaman. Lalu naik Yemen Airways menuju pulau Socotra yang hanya melakukan penerbangan seminggu sekali. Sebelum perjalanan ada baiknya memeriksa jadwal penerbangan, juga keamanan daerah tersebut, sebab kondisi politik di Yaman tidak menentu.

Demikian ulasan Pulau Socotra di Yaman yang unik seperti di planet lain. Penasaran ingin ke sana Teman Traveler? Next

ramadan
fi casu marzu

Casu Marzu Keju Dari Sardinia, Paling Berbahaya di Dunia

fi 4 pantai di gunungkidul

4 Pantai di Gunungkidul, Salah Satunya Ada Yang Hits