in ,

Kuliner Khas Tual, Citarasa Otentik Indonesia Timur Perlu Dijajal

Inilah Ragam Kuliner Khas Tual, Rasa Otentik yang Perlu Dijajal

kuliner khas Tual
kuliner khas Tual

Tual merupakan salah satu bagian dari Nusantara yang bisa dibilang merupakan potret asli kehidupan masyarakat Indonesia Timur. Alamnya begitu istimewa dan orang-orangnya menambah keragaman Nusantara. Tidak hanya alam dan masyarakatnya saja yang menarik untuk dikulik namun kulinernya juga enak-enak. Inilah jajaran kuliner khas Tual, Maluku yang bisa dijajal.

Baca juga : Pasar Malam Sekaten Jogja, Main Seru ke Rumah Hantu Hingga Kulineran Enak

Embal

Makanan dari Tual, via Instagram/fot_kai
Makanan dari Tual, via Instagram/fot_kai

Embal merupakan salah satu kuliner pokok di Tual. Kuliner ini terbuat dari singkong dan bisa dinikmati dengan beragam cara. Mulai dengan memanfaatkan teh hangat, dikonsumsi dengan kuah sayur, dan lain-lain.

Perlu kamu ketahui nih Teman Traveler, embal terbuat dari singkong beracun namun sudah diolah sedemikian rupa sehingga sudah tidak membahayakan lagi. Embal juga banyak dijadikan oleh-oleh. Jika berkunjung ke Tual, kuliner satu ini perlu dicicipi ya.

Bubuhuk

Bubuhuk, via Instagram/meldy1991
Bubuhuk, via Instagram/meldy1991

Selain Embal, kamu juga perlu mencicipi kuliner khas Tual lainnya yang bernama bubuhuk. Merupakan panganan yang terbuat dari parutan singkong dengan rasa yang gurih. Proses pembuatannya cukup sederhana namun rasanya istimewa. Yang membuat kuliner ini istimewa adalah karena bubuhuk biasanya disantap dengan ikan kuah kuning. Untuk bubuhuk sendiri rasanya adalah hambar.

Pisang Goreng Embal

Pisang Goreng Embal, via Instagram/dedi.maturbongs
Pisang Goreng Embal, via Instagram/dedi.maturbongs

Tak bisa dipungkiri jika singkong memang merupakan panganan utama. Karena hal ituulah banyak dikreasikan menjadi berbagai panganan enak dan menggiurkan. Seperti halnya pisang goreng yang biasanya digoreng menggunakan tepung beras namun di Tual memanfaatkan tepung embal. Karena menggunakan tepung embal bentuknya jadi cantik dan lebih solid.

Olahan Lat

Urap Rumput Laut, via Instagram/rheawulan88
Urap Rumput Laut, via Instagram/rheawulan88

Kemudian ada olahan laut atau rumput laut. Merupakan kombinasi antara lad yang dicampur dengan olahan kelapa, cabai, terasi, dan juga bawang putih. Kuliner ini begitu kondang di Tual. Banyak orang mencicipinya karena dianggap begitu unik.

Selain memiliki rasa yang unik, rumput lau mengandung banyak nutrisi. Citarasa rumput lautnya begitu segar karena tidak direbus terlebih dahulu. Jika dilihat sekilas, lad ini seperti urap namun bahan utamanya adalah rumput laut.

Itulah kuliner-kuliner unik dan enak yang bisa kamu coba saat jalan-jalan ke Tual, Maluku. Kekayaan alam Indonesia memang begitu istimewa untuk terus dieksplore ya. Jadi, jalan-jalan kemana lagi, kamu? Next

ramadan
rawon dengan nama unik

Rawon dengan Nama Unik di Surabaya, Anti Mainstream Namun Rasanya Juara

Wisata Keluarga Selimau Park di Tanjung Selor, Cocok untuk Akhir Pekan