in ,

8 Kuliner Langganan Jokowi Saat Mudik, Bisa Jadi Referensi Saat Datang ke Solo

Kuliner Langganan Jokowi di Solo

Via Instagram kulinerdisolo

Solo merupakan kampung halaman orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa dengan Jokowi. Tidak hanya terkenal menjadi tanah kelahiran Presiden Jokowi saja, kuliner Solo juga populer sekali. Tak salah jika Presiden Jokowi juga memiliki banyak langganan tempat kuliner yang nikmat. Berikut ini ada 8 tempat kuliner langganan Jokowi.

Baca juga : Mau Bermain di Negeri Atas Awan? Di Sini Tempatnya!

1. Timlo Sastro

Seporsi Timlo Satro, Via Instagram jajansolo

Timlo sendiri merupakan sup khas Solo yang biasanya berisi irisan dadar gulung, irisan ati ampela, telur pindang, bihun dan juga suwiran ayam. Timlo Sastro ini berlokasi di Jl. Kapten Mulyadi No. 8, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta. Buka setiap hari mulai pukul 06:00 pagi sampai 03:30 sore. Banyak tempat makan yang menyediakan timlo, tapi Timlo Sastro menjadi salah satu yang cukup populer dan jadi salah satu kuliner langganan Jokowi.

2. Sate Kere Mbak Tugiyem

Sate Kere Mbak Tug, Via Instagram amazingindonesiafood

Tempat makan yang jadi kuliner langganan Jokowi selanjutnya adalah yang berlokasi di Jl. Arifin No. 63, Sate Kere Mbak Tugiyem. Di sini ada sate khas Solo yang bernama sate tempe gambus yang berbahan dasar ampas tahu. Tidak hanya sate tempe gambus saja, lokasi ini juga menawarkan sate jeroan sapi seperti halnya usus dan juga paru. Untuk sausnya adalah bumbu kacang dengan tekstur kental.

3. Tahu Kupat dan Tahu Telur Solichin

Tahu Kupat Solichin, Via Instagram shiichiko

Selanjutnya ada Tahu Kupat dan Tahu Telur Solichin. Lokasinya berada di pojokan Jl. Gajahmada. Dalam seporsi tahu kupat, biasanya akan ada irisan tahu goreng, bakwan, kacang goreng, yang dikombinasikan dengan mie kuning dan juga kubis. Rasanya perpaduan antara pedas dan manis dari kecap dan irisan cabai. Tambah segar ditambah dengan irisan daun seledri.

4. Bakmi Jawa Radjiman

Bakmi Jawa Radjiman, Via Instagram hartonotradecentre

Meskipun memiliki nama Bakmi Jawa Radjiman, namun banyak juga menu yang ditawarkan di sini. Ada nasi mawut, bakmi goreng, bestik solo, dan lain-lain. Lokasi tempat wisata kuliner satu ini berada di seberang Masjid Fatimah yang ada di Jl. Dr. Radjiman. Uniknya, Bakmi Jawa Radjiman ini tidak menggunakan kompor, melainkan anglo yang terbuat dari tanah liat dan arang untuk memasak.

5. Rujak Cingur Prabu

Rujak Cingur Prabu, Via Instagram fajar_puspitasari_moeljono

Ternyata Presiden Jokowi juga gemar makan rujak cingur, terutama yang berada di Jl. Sutan Syahrir No. 143, Setabelan, Banjarsari. Konon, Rujak Cingur Prabu ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Ada dua pilihan rujak cingur yang dipilih, dengan menggunakan sayuran rebus ataupun dengan sayuran mentah. Selain rujak cingur, ada olahan lainnya yang bisa dicicipi, yakni lotek dan juga gado-gado.

6. Gudeg Ceker Mbak Yus

Gudeg Mbak Yus, Via Instagram sweet_oceana

Nah, ada juga langganan Jokowi lainnya yakni Gudeg Ceker Mbak Yus yang enak dan nikmat. Racikan Gudeg Mbak Yus ini sudah ada sejak tahun 1992 yang lalu. Menu yang paling populer adalah bubur gudeg yang disajikan dengan lauk lengkap dan sambal terasi yang enak. Lokasi pertama gudeg Mbak Yus ini berada di Jl. RA Kartini, kemudian membuka cabang di Hartono Trade Center.

7. Nasi Pecel Grogol

Pecel Laris Manis, Via Instagram kulinerdisolo

Lokasi lainnya yang juga digemari Presiden Jokowi adalah Nasi Pecel Grogol yang berlokasi di Jl. Solo-Sukoharjo, Madegondo, Grogol, Solo. Terkenal dengan Nasi Pecel Grogol, nama aslinya adalah Nasi Pecel Madiun dan Dawet Ayu Laris Manis. Di sini ada sop matahari klasik yang bisa membuat kamu yang mencicipi seakan berteleportasi ke masa lalu. Silahkan berkunjung dan mencicipinya jika sedang berada di Solo.

8. Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi Liwet Bu Sarmi bikin air lur mengucur, Via Instagram yelyakurniawan

Ada juga Nasi Liwet Bu Sarmi yang terletak di Jl. Lojiwetan. Di sini nasi liwet disajikan dengan nasi gurih dengan suwiran ayam, labu siam, dan juga areh yakni semacam bubur gurih dari kelapa. Citarasanya adalah perpaduan antara gurih dan asin, nikmat sekali.

Itulah delapan kuliner yang disantap Jokowi saat sedang pulang kampung ke Solo. Mungkin bisa jadi rekomendasi santapan kuliner saat sedang berada di Solo yah. Next

ramadan
Hotel murah dekat Bandara Ngurah Rai

Hotel Murah Dekat Bandara Ngurah Rai, Istirahat Hemat Setelah Penerbangan Malam

Mie Ayam Populer di Bandung, Banyak Varian Menu yang Diserbu Pelanggan