in ,

Kuliner Laris di Salatiga, Mulai dari Ronde Legendaris Sampai Burung Puyuh Semua Ada

Makan Enak di Kuliner Laris di Salatiga, Agendakan Secepatnya!

Kuliner laris di Salatiga tersedia dalam menu yang beragam. Mulai dari ronde yang usianya sudah puluhan tahun, hingga olahan burung puyuh. Letak Kota Salatiga yang berbatasan secara langsung dengan Semarang, strategis untuk dikunjungi. Selain itu, kota ini juga berada di lereng bagian timur Gunung Merbabu. Sehingga cuaca dan suhu udaranya cukup sejuk. Jadi, ada banyak alasan untuk berwisata kuliner ke kawasan ini. Nah! Kalau begitu, berikut adalah beberapa pilihan tempat makan di Salatiga yang patut Teman Traveler sambangi.

Baca juga : Deretan Kafe Bertema Pink di Bali, Siapkan Pose Terbaikmu

1. Soto Esto

Soto Esto Khas dengan Kerupuk Karak via Instagram/ gabrielasimap

Salah satu kuliner laris di Salatiga bisa Teman Traveler dapatkan saat berkunjung ke kedai Soto Ayam Esto yang ada di sekitar Jln. Langensuko, Salatiga. Ia sekaligus merupakan tempat makan legendaris yang ada di kota ini. Menggunakan daging ayam kampung sebagai campuran, serta kuah kuning yang berempah, kedai ini selalu antre dengan pembeli. Harga seporsi Soto Esto mulai dari Rp 10 ribu per porsi. Istimewanya, soto ini disajikan bersama kerupuk karak khas Salatiga.

2. Ayam Goreng Bu Toha

Ayam Goreng Bu Toha Jagoannya Salatiga via Instagram/ foodandcapture

Ayam Goreng memang tidak ada habisnya. Ia salah satu comfort food bagi banyak orang. Nah! Di Salatiga ada sebuah tempat makan khusus ayam goreng. Namanya adalah Ayam Goreng Bu Toha. Ia berada di Jln Raya Suruh – Karanggede, Tuntang, Kabupaten Semarang. Sebuah jalan utama yang menjadi penghubung antara Semarang – Salatiga dan Solo. Sajiannya benar-benar hanya berupa nasi dan ayam kampung goreng serta sambal, tetapi pembelinya luar biasa. Selain ayam di sini juga tersedia bebek goreng, Sop Ayam Kampung dan Dawet Ireng. Harganya, untuk satu potong ayam kampung goreng sekitar Rp 20 ribu – Rp 30 ribu.

3. Gudeg Aan

Gudeg Aan, Warung Sederhana dengan Pembeli yang Selalu Ramai via Instagram/ eviandrianti_

Kuliner laris di Salatiga yang selanjutnya bisa Teman Traveler coba adalah Gudeg Koyor yang ada di Gudeg Aan. Kedai sederhana yang ada di pinggir jalan ini berada di sekitaran Jln. Pungkursari, Salatiga. Buka mulai pukul 07.00 WIB sampai siang ke sore hari. Berbeda dengan warung gudeg lainnya, di Gudeg Aan, pengunjung bisa mencoba Gemak Goreng atau Burung Puyuh Goreng. Selain itu, cita rasanya juga lebih kering dan gurih. Jika Teman Traveler penasaran dengan rasanya, langsung datang saja! Harga satu porsinya mulai dari Rp 15 ribu.

4. Sate Kambing Muda Blotongan Pak Masyudi

Sate Kambing Muda Blotongan Disajikan di Atas Hot Plate via Instagram/ haryono_sugiarto

Sesampainya di Salatiga, Teman Traveler akan dengan mudah menemukan banyak kedai yang menjual sate kambing muda. Namun, ada satu yang legendaris sejak 1979. Namanya adalah Sate Kambing Muda Blotongan Pak Masyudi. Daging kambing yang digunakan di sini berasal dari kambing muda yang usianya di bawah satu tahun. Proses pembakaran juga tidak lebih dari lima menit. Sehingga menghasilkan tekstur daging yang lembut.

Sate kemudian disajikan di atas hot plate agar kehangatannya tetap terjaga. Sate Kambing Muda Pak Masyudi berada di sekitaran Jln. Fatmawati No. 98 Blotongan, Sidorejo, Kota Salatiga.

5. Ronde Jago

Ronde Jago, Hangat-hangat yang Legendaris di Salatiga via Instagram/ tarivc

Di tengah hawa kota yang sejuk, menyantap makanan atau minuman yang hangat, merupakan pilihan yang tepat. Kebetulan, Kota Salatiga juga punya jagoan! Kuliner laris di Salatiga yang harus dicoba selanjutnya adalah Ronde Jago. Ia merupakan salah satu kuliner Salatiga yang legendaris sebab sudah mulai berdiri sejak 1965. Harga semangkuk wedang ronde di tempat ini mulai dari Rp 13 ribu.

6. Opor Bebek Mak Yah

Makan Bersama Opor Bebek Mak Yah Memang Paling Mewah via Instagram/ tarra_herwinata

Opor Ayam tentu saja sudah biasa, tetapi bagaimana dengan Opor Bebek? Daging bebek yang dibalut dengan bumbu opor kental, bisa bikin lupa diet. Proses pengolahan daging bebek di sini masih menggunakan bahan bakar kayu. Teman Traveler juga bisa memesan Bebek Goreng. Rasanya sama-sama lezat. Opor Bebek Mak Yah baru buka saat menjelang siang. Tetapi, bisa langsung habis dalam hitungan jam. Penasaran? Datang saja langsung ke sekitar Jln. Muncul Raya, Banyubiru, jalur alternatif Salatiga dan Ambarawa.

7. Lawuh Ndeso

Prasmanan di Lawuh Ndeso via Instagram/ lie_junna

Menjual beragam menu masakan khas Jawa tradisional, Lawuh Ndeso seperti surga bagi para pecintanya. Dengan konsep prasmanan, pengunjung bebas mengambil menu yang diinginkan. Terdapat puluhan menu masakan khas Jawa tradisional yang bisa Teman Traveler pilih. Seperti Mangut, Sambal Goreng Krecek, Brongkos, Sambel Tumpang, Oseng Daun Pepaya, Buntil, Sayur Lodeh, Tahu dan Tempe Bacem hingga beraneka gorengan. Jika ingin mencobanya, lokasi kuliner laris di Salatiga ini berada di sekitar Jln Langenrejo No. 6 Gendongan ya,Teman Traveler.

8. Bakso Sari Roso ABC

Bakso ABC Rasanya Memang Oke via Instagram/ nandarozzax

Kulineran tanpa bakso, rasanya kurang echo! Pun ketika kulineran di Salatiga. Salah satu bakso laris di kota ini adalah Bakso Sari Roso ABC atau Bakso ABC. Kedainya selalu ramai, tidak peduli sudah lewat jam makan sekalipun. Bulatan baksonya tidak terlalu besar, tetapi punya tekstur yang lembut dan daging banget. Kuahnya juga enak dan gurih. Bakso ABC ada di Jln. Jenderal Sudirman No. 274, Ledok, Argomulyo, Salatiga. Harganya mulai dari Rp 10 ribu per porsi.

9. Waroeng Goenoeng Kopeng

Seporsi Iga Gongso di Waroeng Goenoeng Kopeng via Instagram/ saltofliving

Penggemar iga saat jalan-jalan ke Salatiga harus mampir ke Waroeng Goenoeng Kopeng. Tongseng iga pedas dipadukan dengan bandrek hangat, siap mengalahkan dinginnya suhu lereng Gunung Merbabu! Teman Traveler butuh kehangatan seperti ini? Langsung saja meluncur ke kawasan Jln Raya Salatiga – Kopeng. Ada tiga jenis olahan iga yang bisa dicoba saat ada di sini: Iga Gongso, Tongseng Iga dan Sup Iga Goreng. Oh iya! Jangan lupa coba Nasi Jagung Gorengnya ya!

10. Cicipi Milik Salatiga

Nongkrong Dulu di Cicipi Milk Dong Salatiga via Instagram/ ragil_arga

Setelah kenyang dengan beragam kuliner yang berat-berat, saatnya nongkrong tipis-tipis di cafe sambil minum susu! Setuju? Kalau begitu, langsung saja menuju ke Cicipi Milk yang ada di sekitaran Jln Langensuko No. 14, Kota Salatiga. Menu yang disajikan di sini bermacam-macam. Mau makan lagi atau sekadar nyemil, bisa sekali. Harganya terjangkau! Untuk aneka nasi goreng mulai dari Rp 15 ribu. Sementara itu untuk menu-menu susunya mulai dari Rp 7 ribu saja.

Penasaran dan ingin coba kuliner laris di Salatiga di atas? Nggak usah pikir lama, langsung niatkan untuk liburan, berburu kuliner ke sini! Bagaimana, mau ajak siapa nih untuk ekplor wisatanya? Next

ramadan
Deretan pulau cantik yang ada di Kalimantan Barat

Jejeran Pulau di Kalimantan Barat yang Eksotis, Cocok Untuk Melepas Penat

Tempat Nongkrong Bernuansa Hutan Pinus di Bandung

Tempat Nongkrong Bernuansa Hutan Pinus di Bandung, Kenikmatan yang Tak Terbendung