in ,

30 Kuliner Medan yang Enak dan Menggiurkan, Sekali Coba Bikin Ketagihan

Kuliner Medan yang Enak dan Terkenal

Kuliner Medan yang Enak

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, sekaligus kota terbesar ketiga di Indonesia. Selain panorama alam yang indah, Medan juga juga terkenal dengan makanannya yang enak. Teman Traveler pun juga bakal menemukan masakan lezat yang sudah ada sejak puluhan tahun lamanya. Beberapa di antaranya ada di daftar kuliner Medan rekomendasi Travelingyuk berikut ini.

Baca juga : Kampung Kapitan, Jejak Langkah Pertama Tiongkok di Palembang

1. Kedai Ucok Durian

Kuliner Medan Ucok Durian Medan
Kuliner Medan Ucok Durian Medan via instagram/@riodewanto

Liburan ke Medan, tak lengkap jika belum mencoba durian di Kedai Ucok atau Pak Zainal Abidin. Kedainya terletak di Jalan KH Wahid Hasyim No 30-32 dan sudah terkenal di kalangan artis ibu kota hingga pejabat negara. Saking terkenalnya, Presiden Joko Widodo juga pernah mampir ke sini. Warung yang memiliki tagline ‘Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian’ ini tak hanya menawarkan durian kupas, tapi juga pancake, durian beku, serta es krim durian. Rasanya nikmat dengan kualitas buah yang terbaik.

2. Mie Sop Methodist

Kuliner Medan Mie Sop Methodist
Kuliner Medan Mie Sop Methodist, via instagram/@fannygondra

Mie Sop ini juga dikenal dengan nama Bakso Methodist. Disebut demikian karena kuliner Medan ini dulunya berada di samping kampus Universitas Methodist Indonesia. Seporsi bakso kuliner legendaris Medan ini terdiri dari bola daging, mie kuning, bihun, kwetiau, kecambah, jeroan serta irisan daging. Belum lagi kaldunya yang bearoma sedap. Porsinya memang besar, tapi kamu bisa memesan setengah. Makin penasaran kan? Langsung saja datang ke Jalan T. Cik Ditiro.

3. Martabak Piring Murni

Kuliner Medan Martabak Piring
Kuliner Medan Martabak Piring, via instagram/@kulinermedan

Sudah bosan dengan martabak biasa? Kamu wajib coba martabak piring yang cukup legendaris di Medan. Letaknya di Jalan Surabaya No. 39. Sesuai dengan namanya, camilan ini dicetak menggunakan piring di atas tungku arang. Kamu bisa memesan martabak tipis atau tebal dengan topping keju, meses, serta cokelat. Bungkusnya pun unik dengan menggunakan daun pisang. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

4. Soto Keswan

Kuliner Medan Soto Kesawan
Kuliner Medan Soto Kesawan, via instagram/@jogjabikinlaper

Tjong A Fie Mansion merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Medan. Saat berkunjung ke sini, mampirlah ke Warung Soto Kesawan yang berada tak jauh dari sini. Sesuai dengan namanya, menu yang ditawarkan di sini adalah soto dengan kuah gurih yang menggiurkan. Isian dari udang, paru kering, daging sapi serta ayam kampung memiliki tekstur empuk yang mudah dikunyah. Campuran rempah yang kuat membuat sajian ini pas disantap sore hari.

5. Lontong Kak Lin

Kuliner Medan Lontong Kak Lin
Kuliner Medan Lontong Kak Lin, via instagram/@call_me_poci

Selain Bakso Methodist, kuliner di Jalan T. Cik Ditiro juga banyak. Salah satunya Lontong Kak Lin yang cocok untuk menu sarapan. Pemiliknya yang bernama Nuzlina berjualan sejak tahun 1994 dan menawarkan banyak varian lontong. Ada lontong sayur, lontong pecal, lontong mie, hingga lontong tahu goreng. Soal kelezatannya tak diragukan lagi. Buktinya, pelanggan yang datang tak pernah berkurang.

6. Mie Aceh Titi Bobrok

Kuliner Medan Mie Aceh Titi Bobrok
Kuliner Medan Mie Aceh Titi Bobrok, via instagram/@foodys.story

Mie Aceh tak hanya kondang di kampung halamannya, tapi juga menjadi kuliner di Medan yang terkenal. Salah satu yang mencuri perhatian banyak orang adalah Mie Aceh Titi Bobrok yang terletak di Jalan Setia Budi No.17 D. Tak hanya rempah yang menyatu dengan mie, kepiting yang jadi topping-nya pun berukuran jumbo. Tentu puas banget makan di warung ini.

7. Mie Sop Multatuli D 30

Mie Sop Multatuli
Mie Sop Multatuli via instagram/@makandoang

Mie Sop merupakan menu paling pas untuk menemani soremu di Medan. Kuliner ini disajikan di atas mangkok dengan kuah bening beraroma sedap. Salah satu tempat yang terkenal dengan kuliner Medan ini ada di Kompleks Multatuli Blok D No. 30. Namanya Mie Sop Multatuli yang seporsinya berisi tahu, irisan daging ayam, bakso, serta bihun. Kamu pun bisa memesan tambahan kwetiau dan kerupuk.

8. Bihun Bebek Asie

Kuliner Medan Bihun Bebek Kumango
Kuliner Medan Bihun Bebek Kumango via instagram/@iwanlaksmana

Pernah dengar nama Bihun Bebek Kumango? Warung ini terkenal dengan kelezatan bihun yang bercampur daging bebek. Campuran bihun dengan rempah benar-benar nikmat dan bikin ketagihan. Sementara daging bebeknya memiliki tekstur empuk meskipun ukurannya besar. Tak lupa pula sayuran serta sambal yang nikmat di lidah. Kuliner ini pun menjadi opsi kuliner Medan Halal yang paling diburu. Makin penasaran dengan rasanya kan? Kunjungi saja warungnya di Jalan Kumango, Kesawan.

9. Sate Memeng

Kuliner Medan Sate Memeng
Kuliner Medan Sate Memeng via instagram/@tjonghendra

Kuliner di Medan memang tak pernah mengecewakan. Termasuk Sate Memeng yang sudah ada sejak tahun 1945 ini. Warung makan ini terletak di Jalan Irian Barat No.2, Gang Buntu, Kota Medan dan terkenal dengan ukuran daging sate yang besar. Meski ukurannya jumbo, kematangan sate ini merata hingga bagian terdalam. Belum lagi dengan saosnya yang menggunakan kuah sate Padang serta bumbu kacang. Enak banget!

10. TST Pak Haji

Kuliner Medan TST Pak Haji
Kuliner Medan TST Pak Haji via instagram/@pemrisitindaon

Teh Susu Telur merupakan salah satu wedangan paling difavoritkan oleh warga Medan. Tempat yang paling terkenal dengan menu ini adalah TST Pak Haji yang sudah populer sejak tahun 1960-an. Letaknya yang berada di Jalan Puri tak pernah sepi oleh pembeli. Paduan teh, susu, serta telur dari bebek atau ayam kampung tak pernah berubah. Kamu yang butuh stamina untuk jelajah kota Medan, wajib coba wedangan ini!

11. Mie Balap Mail

Kuliner Medan Mie Balap Mail
Kuliner Medan Mie Balap Mail via instagram/@zhoueats

Jika Surabaya punya lontong balap, Medan memiliki mie balap yang biasa disantap untuk sarapan. Warung yang terkenal dengan menu ini adalah Mie Balap Mail yang berlokasi di Jalan Krakatau. Sajian kuliner ini sederhana yaitu diletakkan di atas daun pisang. Isinya yang terdiri dari bihun atau kwetiaw, telur, dan seafood pas untuk dijadikan energi sebelum mencoba makanan enak lain.

12. Mie Pecal Pak Yus

Kuliner Medan Mie Pecal
Kuliner Medan Mie Pecal via instagram/@medanfoodblog

Pernah dengar nama Mie Pecal? Makanan ini banyak ditemukan di Medan. Seporsi kuliner ini terdiri dari mie kuning yang dicampur dengan bihun. Kemudian ada tambahan potongan bakwan yang memiliki cita rasa unik. Kemudian, mie tersebut disiram dengan bumbu pecel. Rasanya nikmat, sementara harganya murah meriah, termasuk mie pecal buatan Pak Yus.

13. Es Pokat

Pokat Kocok di Medan
Pokat Kocok di Medan via instagram/@jogjabikinlaper & instagram/@intanmutiatjg

Baru-baru ini es pokat kocok tengah hits di sosial media. Sangat sederhana, minuman ini terbuat dari alpukat yang dihancurkan dan kemudian ditambah dengan susu serta gula merah. Sebelum populer, Es Pokat Kocok Bu Lia sudah dikenal banyak orang. Bahkan, banyak orang yang rela antre berjam-jam demi mendapatkannya.

14. Soto Sinar Pagi

Kuliner Medan Soto Sinar Pagi
Kuliner Medan Soto Sinar Pagi via instagram/@horizonhoman

Soto Medan memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan lainnya. Seporsinya terdiri dari kuah santan kental dengan warna kuning kehijauan. Rasa gurihnya nendang, begitu pula dengan isiannya yang melimpah. Rumah Makan Soto Sinar Pagi menjadi salah satunya yang menawarkan kuliner Medan ini. Tak hanya pecinta kuliner, pejabat negara juga banyak yang berlangganan makan di sini.

15. Ci Cong Fan

Kuliner Medan Ci Cong Fan
Kuliner Medan Ci Cong Fan via instagram/@godzillatummy

Makanan tradisional juga menjadi santapan wajib saat liburan di Medan. Seperti ci cong fan yang bentuknya mirip dengan kwetiau. Hidangan ini terbuat dari tepung beras dan tang mien yang disajikan dengan siraman kecap asin serta taburan bawang goreng. Isinya juga beragam, ada yang daging sapi, babi, serta sayuran. Tinggal pilih sesuai seleramu.

16. Nasi Kentut

Kuliner Medan Nasi Kentut
Kuliner Medan Nasi Kentut via instagram/@kreatifood

Namanya aneh, tapi kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya. Disebut nasi kentut karena dibungkus menggunakan daun kentut. Aromanya wangi dengan perpaduan rempah yang khas. Seporsi nasi ini disajikan bersama dengan ikan pepes, ayam goreng, tahu, serta tempe. Rasanya pun semakin nikmat dengan paduan sambal terasi, sambal hijau, atau sambal goreng.

17. Rujak Kolam Takano Juo Medan

Kuliner Medan Rujak Kolam
Kuliner Medan Rujak Kolam via instagram/@cakmaan3004

Pernah dengar rujak kolam? Kuliner Medan ini terletak di dekat Kolam Deli serta Masjid Raya Al Mashun. Penjual rujak tersebut cukup banyak, dan salah satunya adalah Takana Juo yang terbilang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Tak jauh beda dengan lainnya, camilan ini terdiri dari potongan buah segar yang disiram dengan bumbu rujak. Tak lupa taburan kacang yang rasanya renyah.

18. Bika Ambon Yen-yen

Kuliner Medan Bika Ambon Yen-Yen
Kuliner Medan Bika Ambon Yen-Yen via instagram/@bikaambonyenyen

Mau tahu oleh-oleh yang wajib dibawa saat pulang dari Medan? Yap, apalagi kalau bukan Bika Ambon yang memiliki tekstur lembut dan bikin penikmatnya ketagihan. Penjual camilan ini cukup banyak, dan Toko Yen-yen salah satunya. Letaknya di Jalan Mojopahit No.26, Petisah Tengah, Medan Petisah. Tak jauh dari situ, ada juga Bika Ambon Zulaikha yang beralamat di Jalan Mojopahit No.96.

19. Bolu Meranti

Kuliner Medan Bolu Meranti
Kuliner Medan Bolu Meranti via instagram/@jepret2nuy

Selain bika ambon, Bolu Meranti juga bisa menjadi oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang. Camilan ini berupa bolu gulung khas Medan yang menjadi buruan wajib wisatawan. Rasa dari kue ini bermacam-macam, ada yang keju, blueberry, cokelat, stroberi, nanas, hingga abon ayam. Nah, untuk dapat mencicipi makanan ini, kamu bisa langsung mampir ke Jalan Kruing No. 2 K atau di Jalan Sisingamangaraja No. 19B.

20. Ubi Tumbuk

Kuliner Medan Ubi Tumbuk
Kuliner Medan Ubi Tumbuk via instagram/@romantic_kitchen90

Ubi tumbuk menjadi hidangan berikutnya yang wajib kamu coba saat liburan ke ibukota Sumatera Utara. Sayuran ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk sederhana menggunakan lesung. Kemudian, tumbukan tersebut dioseng bersama rempah-rempah sehingga aromanya semerbak. Tidak susah mendapatkannya karena banyak rumah makan yang menyediakan.

21. Martabak Gapa

Kuliner Martabak Gapa Medan
Kuliner Martabak Gapa Medan via instagram/@linaoendiana

Letaknya yang dekat dengan Malaysia membuat Medan dipengaruhi oleh Budaya Melayu. Tak heran pula jika roti cane juga ada di kota ini. Salah satu tempat yang menjual camilan ini adalah Martabak Gapa Perniagaan. Selain itu, ada juga menu martabak mesir, martabak telur, hingga roti tissue yang belakangan populer. Kamu yang penasaran dengan menu khas Melayu ini, mampir saja ke Jalan letjend S. Parman, Patisah Tengah.

22. Sop Sumsum Langsa

Kuliner Medan Sop Sumsum Langsa
Kuliner Medan Sop Sumsum Langsa via instagram/@trembiz

Dikenal sejak tahun 1990, warung yang dimiliki oleh H. Lukmanul Hakim ini mengandalkan sop sumsum langsa sebagai menu utama. Hidangan sumsum ini disajikan di atas piring lengkap dengan kuah sedapnya. Konon, yang membuat warung ini tak pernah sepi adalah kelezatan dari kuah sopnya. Tak berubah, racikan makanan ini masih menggunakan resep turun temurun dari keluarga terdahulunya.

23. Sate Padang Al Fresco

Kuliner Medan Sate Padang Al Fresco
Kuliner Medan Sate Padang Al Fresco via instagram/@juliaching79

Sate Padang juga menjadi makanan wajib yang harus kamu coba saat liburan ke Medan. Penjualnya banyak, tapi sayang jika tak mampir ke warung Sate Padang Al-Fresco. Disajikan di atas piring dengan alas daun pisang, sate ini memiliki tekstur lembut ketika digigit. Sedangkan sambalnya begitu pekat lengkap dengan taburan bawang goreng yang menggoda. Rasanya enak banget.

24. Wajir Seafood

Kuliner Medan Wajir Seafood
Kuliner Medan Wajir Seafood via instagram/@surahman.20

Selain Mie Ayam Titi Bobrok, ada rumah makan lain yang menyajikan makanan laut dengan rasa istimewa. Namanya Rumah Makan Seafood yang juga dikenal dengan nama Wajir Seafood. Alamatnya di Jalan Kolonel Sugiono No.31 dengan sajian seafood segar yang menggugah selera. Saat mampir ke sini, kamu wajib mencoba kepitingnya.

25. Es Krim Tip Top

Kuliner Medan Es Krim Tip Top
Kuliner Medan Es Krim Tip Top via instagram/@gieno.1

Restoran Tip Top merupakan salah satu satu toko legendaris di Medan. Surganya dessert ini sudah ada sejak era kolonial dan sudah difavoritkan banyak orang. Menu andalan di sini adalah es krim yang teksturnya lembut saat di lidah. Nah, kamu yang penasaran dengan berbagai menu di restoran ini, singgahlah ke Jalan Ahmad Yani. Jangan lupa mencoba kue-kue legit yang cocok menjadi teman di sore hari.

26. Rumah Makan Laksa Medan

Kuliner Laksa Medan
Kuliner Laksa Medan via instagram/@lennytandika

Sore hari pasti seru menikmati laksa Medan. Rasanya tak jauh beda dengan laksa di negeri seberang. Kuliner khas Medan ini terdiri dari mie beras putih, timun, daun mint, serta tambahan ikan dan kuah asam. Selain laksa, kamu juga bisa mencoba otak-otak, lemper, es cendol, es campur, dan jus buah di rumah makan yang terletak di Jalan Yose Rizal ini.

27. Kedai Kopi Apek

Kuliner Medan Kopi Apek
Kuliner Medan Kopi Apek via instagram/@ardiashary

Suka kopi? Kamu wajib coba kedai legendaris yang sudah ada sejak tahun1923 ini. Namanya Kopi Apek yang menawarkan secangkir minuman hitam yang diracik dengan kopi lokal pilihan terbaik. Letaknya di Jalan Hindu No.37 Medan. Berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencoba roti bakarnya. Pas banget menjadi teman kopi legendaris Medan ini.

28. Kerang Rebus Kapuas

Kuliner Medan Kerang Rebus Kapuas
Kuliner Medan Kerang Rebus Kapuas via instagram/@katanya_diet

Sesuai dengan namanya, warung ini terletak di Jalan Kapuas dan tak jauh dari kedai Martabak Piring. Sajian utamanya adalah kerang yang terdiri dari dua jenis yaitu kerang bulu dan batu. Kamu bisa memesan dengan kematangan sesuai dengan selera. Bisa setengah matang atau matang merata. Menu ini biasanya disantap dengan sambal kacang istimewa.

29. Mie Pangsit Tiong Sim

Kuliner Medan Pangsit Tiong Sim
Kuliner Medan Pangsit Tiong Sim via instagram/@michaelblisss

Mie Pangsit Tiong Sim, begitulah nama kuliner Medan yang ada di Jalan Selat Panjang 7 ini. Menu ini cukup unik karena mie yang memiliki ukuran kecil, sementara teksturnya halus tapi kenyal saat dikunyah. Seporsinya disajikan dengan topping bawang bombay, daging ayam serta pangsit.

30. Kwetiau Ateng

Kuliner Medan Kwetiau Ahong
Kuliner Medan Kwetiau Ahong via instagtam/@kulinerkoko

Kwetiau goreng menjadi menu kuliner di Medan yang paling banyak ditemukan. Rasanya sedap apalagi digoreng dengan campuran udang. Nah, kamu yang hobi makan kwetiau, mampirlah ke Warung Kwetiau Ahong di Jalan Sumatera. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi kwetiau goreng di sini hanya Rp26.000. Ada juga menu lain yang tak kalah menggugah selera.

Nah, itulah 30 daftar kuliner Medan yang enak dan menggiurkan. Selain nendang di lidah, masakan tersebut juga kaya akan rempah Nusantara. Bagaimana, mana nih yang sudah kamu coba? Atau punya rekomendasi lain selain di atas? Next

ramadan
Hotel dunia dari bahan yang unik

Unik Banget, Empat Hotel Ini Dibuat dari Bahan yang Tak Biasa

Makan Kepiting

Tips Cara Makan Kepiting yang Jarang Orang Tahu