in ,

Kuliner Serba Nasi Merah, Enak dan Spesial untuk Diet

4 Kuliner Nasi Merah Nusantara

Kuliner Serba Nasi Merah

Hidangan Indonesia memang sering bikin gagal diet. Apalagi yang berhubungan dengan aneka lauk dengan kandungan lemak tinggi. Namun, kini ada cara lain agar kamu bisa diet tanpa harus puasa makan enak. Salah satunya menyantap nasi merah. Apa saja kuliner nasi merah yang nendang di lidah ini? Yuk, simak ulasannya berikut.

Baca juga : Kegiatan Seru di Karimun Jawa, Bikin Liburanmu Tak Terlupakan

1. Pecel Ndeso Yu Temu

Pecel Ndeso Yu Temu di Solo
Pecel Ndeso Yu Temu di Solo via instagram/@septlest

Kuliner dengan menu nasi merah pertama ada di Solo. Namanya Pecel Ndeso Yu Temu. Selain nasinya yang menggunakan beras merah, keunikan dari menu sarapan ini terdapat pada bumbunya. Berbeda dari lainnya yang memakai kacang, bumbu pecel di sini terbuat dari wijen. Teksturnya kental dengan warna kehitaman. Sementara lauknya juga banyak mulai dari daun kenikir, daun kemangi, bunga tuir, dan jantung pisang.

Pecel Ndeso Yu Temu
Pecel Ndeso Yu Temu via instagram/@ditateja

2. Pecel Menangan

Pecel Menangan
Pecel Menangan via instagram/@solofoodgram

Selain Yu Temu, kedai lain yang menawarkan pecel dengan nasi merah adalah Pecel Menangan. Hidangan lezat khas Solo ini berada di daerah Pasar Kliwon. Selain menggunakan sambel wijen, tempat makan ini menyediakan menu dengan sambal kacang. Nasi juga tak harus merah. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya hanya Rp9.000. Itupun sudah porsi jumboa dengan sayuran segar serta kerupuk karak renyah.

Pecel Menangan, Solo
Pecel Menangan, Solo via instagram/@wiwiekhanafiyuwono

3. Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wiji

Seporsi Sego abang Mbah Wiji
Seporsi Sego abang Mbah Wiji via instagram/@riesardhy

Takut diet gagal saat liburan ke Jogja? Tak perlu khawatir, di sini juga ada menu enak dengan paduan nasi merah. Namanya Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wiji di Kabupaten Sleman. Sajian ini unik karena dipadukan dengan bahan sehat seperti lodeh tempe sambal ijo, serta gudeg daun pepaya. Soal rasanya tak diragukan lagi. Belum lagi harganya yang sangat terjangkau.

Seporsi sego abang khas Gunung Kidul
Seporsi sego abang khas Gunung Kidul via instagram/@jogjabikinlaper

4. Sambal Karmila

Sambal Karmila nasi merah
Sambal Karmila nasi merah via instagram/@jktfoodbang

Berikutnya kuliner nasi merah yang bisa kamu coba adalah Sambal Karmila. Tempat makan ini menyediakan aneka macam ayam bakar dan goreng rempah dengan nasi hangat. Menunya memang bikin berat naik, tapi ada satu yang pas untuk kamu. Paduan ayam dengan nasi merah. Tak lupa sambal pedas yang bikin ketagihan. Sambal Karmila ini dapat kamu temukan di Jakarta, Tangerang dan Bandung.

Sambal Karmila
Sambal Karmila via instagram/@edodharmadi

Nah, itulah kuliner serba nasi merah yang enak dan menggiurkan. Belum lagi dengan kandungan nutrisi yang tak bikin timbangan bergerak ke arah kanan. Jadi, mana nih yang ingin kamu coba dulu? Next

ramadan

Kopi Kemasan di Surabaya, Praktis Tinggal Bawa

Gereja Tua di Melaka

Menengok Pesona Melaka, Jejak Portugis di Malaysia