in ,

Selingkuh Sampai Keladi, 6 Kuliner Sorong Wajib Dicipi

Enam Kuliner Sorong Dengan Cita Rasa Unik

Kue Lontar khas Sorong
Kue Lontar khas Sorong via Instagram ditalopdeth

Nama Sorong belakangan ini mulai akrab di telinga traveler lokal maupun mancanegara. Maklum saja, kota ini bagaikan pintu gerbangnya Raja Ampat, spot diving yang keindahannya sudah bergaung hingga ke berbagai belahan dunia. Namun jangan salah, kuliner Sorong ternyata juga tak bisa dilewatkan begitu saja.

Baca juga : Mengenang Kepergian Chef Harada Melalui Kuliner Ini

Ada banyak sajian di Sorong yang punya citarasa unik. Pastinya sulit ditemukan di kota-kota besar seperti Bandung atau Jakarta. Tentunya sayang sekali jika tak sempat mencicipi ketika berkunjung ke sana. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan rekomendasi enam kuliner sorong yang patut dicoba.

1. Abon Gulung

Abon gulung
Abon gulung via Instagram abongulungpace

Abon Gulung disajikan dalam bentuk lonjong mirip roti. Sesuai namanya, kuliner satu ini dihidangkan dengan isian abon. Seiring berjalannya waktu dan tren, abon gulung hadir dengan beragam rasa menarik seperti susu, sosis, cokelat, dan masih banyak lagi.

Oleh-oleh khas ini sebenarnya lebih tenar di daerah Manokwari, namun menemukannya di Sorong tidaklah sulit. Konon salah satu merk Abon Gulung yang sudah teruji kelezatannya adalah Billy Bakery. Bagi yang ingin mencoba kuliner unik ala Indonesia Timur, abon gulung sangat direkomendasikan.

2. Kue Lontar

Kue Lontar
Kue Lontar via Instagram cremeuxtart

Jika dilihat sepintas, bentuk kue lontar mirip sekali dengan pie susu yang biasa dijual di Bali. Saat masuk ke mulut, rasanya pun tak jauh beda. Hal ini karena bahan dasarnya terdiri dari susu kental manis, margarin, dan telur, bukan daun lontar seperti yang diperkirakan kebanyakan orang.

Terlepas dari kemiripannya dengan pie susu Bali, kue lontar tetap merupakan kuliner Sorong yang khas. Banyak yang mengatakan belum sah ke Sorong jika belum mencicipi kue lontar. Bahkan menurut beberapa sumber, setiap gadis Papua yang hendak menikah wajib punya kemampuan membuat kue ini.

3. Papeda

Papeda
Papeda via Instagram echal

Bening dan lengket mirip lem. Itulah kesan pertama yang melintas di pemikiran banyak orang ketika melihat sajian papeda. Namun jangan salah, kuliner Sorong ini bakal terasa sangat nikmat jika dimakan bersama dengan ikan kuah kuning. Perpaduan rasa asam dan pedasnya sungguh pas.

Menemukan papeda juga bukan hal yang sulit. Wisatawan bisa menjajalnya di restoran maupun warung-warung yang tersebar di seluruh wilayah Sorong.

4. Udang Selingkuh

Udang Selingkuh makanan khas Sorong
Udang Selingkuh makanan khas Sorong via Instagram mahsunmax

Sorong punya satu kuliner unik bernama Udang Selingkuh. Lantas, apakah makanan ini disajikan sebagai hukuman untuk mereka yang sudah mengkhianati cinta pasangannya? Tentu saja tidak.

Nama selingkuh terinspirasi dari bahan dasar udang, yang merupakan hasil ‘perselingkuhan’ atau perkawinan antara udang, kepiting, dan lobster. Penyajian makanan khas ini pun bermacam-macam, ada yang digoreng biasa maupun dibakar atau direbus. Sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat dan sambal.

5. Seafood Tembok Berlin

Pantai Tembok Berlin di Sorong
Pantai Tembok Berlin di Sorong via Instagram pelu_faisal

Bukannya Tembok Berlin ada di Jerman? Well, kawasan serupa ternyata juga ada di Sorong, tepatnya di kawasan Jl. Yos Sudarso. Di sana terdapat sebuah pantai yang dibatasi tembok besar dan kemudian oleh warga sekitar sering disebut sebagai Tembok Berlin. Para wisatawan sering mampir ke daerah ini untuk sekedar mencari udara segar atau menikmati pemandangan matahari terbenam.

Seafood di Tembok Berlin Sorong
Seafood di Tembok Berlin Sorong via Instagram francisgerson

Begitu malam tiba, waktunya menikmati hidangan seafood di warung-warung yang buka di sekitar Tembok Berlin. Berbeda dengan warung sejenis di kota lain, di Sorong ikan yang disajikan terasa lebih segar dan menggunakan bumbu dengan citarasa berbeda.

6. Keripik Keladi

Kripik Keladi pedas manis
Kripik Keladi pedas manis via Instagram dswidjaja

Hampir setiap daerah di Indonesia punya keripik khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Sorong sendiri punya keripik keladi. Sesuai namanya, keripik ini dibuat dari keladi (talas) yang dipotong tipis berbentuk bulat atau kecil panjang-panjang.

Seiring perkembangan tren, para perajin keripik keladi mulai menawarkan beragam varian rasa. Selain original, pengunjung bisa memilih rasa pedas, jagung, dan masih banyak lagi. Jika kebetulan mengunjungi Sorong, keripik satu ini sangat layak dijadikan oleh-oleh.

Itulah tadi beberapa sajian kuliner Sorong yang layak untuk dicoba. Selain namanya unik, beberapa hidangan tersebut punya rasa lezat yang siap memanjakan lidah. Bagaimana, ada yang berencana mencoba dalam waktu dekat? Next

ramadan
Muhammad Jusuf Hamka

Menyentuh, Mualaf Tionghoa Jual Nasi Kuning 3 Ribu Rupiah demi Amal

Deretan Bandara Paling Sibuk di Dunia, Indonesia Ranking Berapa ya?