in , ,

Rekomendasi Kuliner Suriah dan Yaman di Istanbul, Kelezatan Memanjakan Turki

Deretan Kuliner Suriah dan Yaman di Istanbul

Makanan khas di Saruja
Makanan khas di Saruja (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Selain deretan bangunan dengan arsitektur ikonik, Istanbul punya berbagai sajian kuliner istimewa. Kota besar di Turki tersebut siap memanjakan para pelancong dengan beragam makanan khas dengan rasa menggoyang lidah.┬áBerikut adalah beberapa rekomendasi kuliner Suriah dan Yaman di Istanbul, berdasarkan pengalaman kontributor Travelingyuk – Prisca Lohuis.

Baca juga : Wisata Mirip Luar Negeri di Malaysia, Bisa Nikmati India Hingga Maroko dari Negeri Tetangga

1. Hadramot Yemeni Restaurant

Makanan ala Yaman yang menggoda (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Makanan ala Yaman yang menggoda (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Sama seperti namanya, restoran ini menyajikan makanan khas negeri Yaman. Hadramot merupakan nama salah satu kota di negeri Timur Tengah tersebut. Citarasa sajian di sini tak jauh berbeda dengan makanan khas Turki. Tak heran, karena kuliner ala Yaman memang kaya akan rempah.

Menu primadona disini adalah Fahsah dengan roti Prata. Tampilannya mirip seperti semur daging, hanya saja berkuah kental. Fahsah lebih pas dimakan bersama roti prata ketimbang nasi.

Ada juga menu lain seperti nasi dengan daging kambing atau ayam. Namun deretan sajian tersebut biasanya dihidangkan dalam porsi ekstra besar. Sebaiknya tanyakan dulu sebelum memesan, karena biasanya satu porsi cukup dimakan dua orang.

2. Saruja Restaurant

Hidangan khas Suriah (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Hidangan khas Suriah (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Restoran ini terletak di seberang Hadramot Yemeni Restaurant. Sebelum datang berkunjung, Teman Traveler perlu tahu bahwa restoran ini selalu dipenuhi pelanggan. Antrian panjang sudah biasa terlihat di sini.

Pertama datang pun Prisca harus menunggu selama 30 menit. Tak hanya warga lokal, turis pun banyak yang makan disini. Jika tak ingin mengantre lama, bisa melakukan reservasi sebelumnya. Memesan tempat terlebih dahulu akan sangat membantu. Pasalnya selain ramai pengunjung, ruang untuk pelanggan di Saruja pun termasuk kecil.

Makanan ala Suriah (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Makanan ala Suriah (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Kedua restoran tersebut terletak di area Fatih. Jaraknya sekitar 10 menit dari kawasan Sultanahmet. Baik Hadramot Yemeni maupun Saruja menawarkan menu dengan harga yang tidak terlalu mahal, rata-rata 70 lira per orang.

Citarasa yang dihadirkan juga sangat otentik. Namun perhatikan besarnya porsi hidangan yang dipesan, karena biasanya mereka akan menyajikan porsi untuk dua orang.

Makanan rumahan ala warteg ini sangat sayang dilewatkan jika mengunjungi Istanbul. Seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Meski berkunjung ke Istanbul, kuliner Suriah dan Yaman pun bisa dinikmati. Bagaimana, tertarik mencoba? Next

ramadan

Written by Prisca Lohuis

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Daftar Keunikan Alam Indonesia yang Mengagumkan, Undangan untuk Para Wisatawan

kedai nasi goreng pak djie malang

Nasi Goreng Pak Djie, Kuliner Sekitar Stasiun Malang dengan Porsi Raksasa