in ,

9 Kuliner Tretes Terfavorit, Kelezatannya Bikin Nagih

Sudah coba yang mana?

kuliner tretes
kuliner tretes

Tretes adalah sebuah kawasan yang terletak di kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Teman Traveler yang berada di Tretes wajib banget untuk coba beberapa kuliner yang enak dan hangat. Berikut ini ada beberapa rekomendasi kuliner Tretes yang bisa dicoba.

Baca juga : Rujak Cingur Achmad Jais di Surabaya, Legendaris dengan Harga Fantastis

Tahu Campur Cak Ali

img_20190903_101503_adb.jpg
Tahu Campur Cak Ali Tretes via Instagram/@tahucampur.cak_ali.tts

Tahu Campur adalah kuliner yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Isiannya berupa tetelan sapi, lontong, tahu, selada air, tauge, dan perkedel singkong. Kuahnya sangat gurih dan sedap karena dimasak menggunakan kaldu sapi dan bumbu lainnya yang dicampur dengan petis dan bawang goreng.

Di Tretes, ada warung tahu campur enak yang beralamat di Jl. Limas, arah ledug sebelum gereja. Namanya Tahu Campur Cak Ali yang buka dari jam 11.00 WIB -20.00 WIB. Harga satu porsi tahu campur ditambah krupuk hanya Rp 15.000.

Sate Asin Pak Tawi

sate_p_tawi_W12.jpg
Sate Ayam Pak Tawi via Instagram/@surabayafoodies

Warung sate ini buka dari pagi sampai malam. Alamatnya di jl. Pasar Indah, Tretes (persis di depan pintu masuk pasar). Di sini menjual sate ayam yang dibakar dengan bumbu kecap (seperti sate pada umumnya) dan sate asin yang dibakar tanpa bumbu kecap sehingga tampilannya seperti sate taichan.

Kedua sate ini bisa dimakan dengan nasi maupun lontong. Harga per porsi Rp 15.000 yang berisi 10 tusuk. Bumbu kacangnya enak serta didukung dengan sambelnya yang juga pedes nendang. 

Kupang Lontong Pak Coboy

kupang_p_coboy_PHa.jpg
Kupang Lontong Pak Coboy via Instagram/@surabayafoodies

Salah satu rekomendasi makan siang yang bisa dicoba selanjutnya adalah Kupang Lontong Pak Coboy. Lokasinya di Jl. Dr. Soetomo (seberang RM Sri – Istana Ayam Goreng). Buka dari jam 12 sang sampai 5 sore, warung ini selalu ramai hampir tidak pernah sepi.

Seporsi kupang lontong dijual dengan harga 13 ribu rupiah, sedangkan sate kerangnya seribu rupiah per tusuk. Rasa Kupang Lontong ini sangat gurih dan segar karena bumbu utamanya adalah petis, bawang putih, dan jeruk nipis. Jika ingin rasa yang lebih pedas bisa minta ditambahkan cabai. 

Soto Ayam Gondrong

soto_gondrong_kzW.jpg
Soto Ayam Gondrong via Instagram/@surabayafoodies

Kawasan Tretes yang dingin sangat cocok untuk menikmati makanan yang hangat seperti soto ayam. Salah satu warung yang menjual soto ayam di Tretes berlokasi di Pandurata Pujasera, Jl. Penanggungan No. 277. Namanya Soto Ayam Gondrong yang buka dari jam 09.00 WIB – 20.00 WIB tiap hari namun pada hari Senin tutup.

Harga soto ayam per porsi dibanderol Rp 27.000. Selain itu ada juga menu lain seperti sate ayam, kupang, dan lainnya. Soto ayam di sini diberi taburan koya yang gurih dan sangat nikmat jika ditambah sambal dan perasan jeruk nipis. 

RM Sri – Istana Ayam Goreng 

ayam_rm_sri_Wyk.jpg
Ayam Goreng 1 ekor via Instagram/@surabayafoodies

Rumah makan ini termasuk legendaris di Pandaan. Sesuai dengan namanya, menu yang paling wajib dicoba adalah ayam goreng. Daging ayamnya lembut dan empuk sangat cocok dipadukan dengan rasa manis dan gurih dari bumbu kecap. Apalagi tempatnya juga nyaman dan tersedia area bermain anak-anak. Harga ayam goreng per ekor berkisar Rp 100.000.

Selain ayam goreng, ada banyak menu lain khas Jawa Timur yang ditawarkan. Alamatnya di Jl.  DR. Sutomo, No. 3-4, Sumber Gedang, Pandaan, arah ke Tretes. Jam buka mulai dari jam 08.00 WIB – 22.00 WIB. Parkirannya pun terbilang luas dan mudah dijangkau.

Warung Ayam Goreng Cak San

ayam_c_san_Wde.jpg
Ayam Goreng Cak San via Instagram/@surabayafoodies

Jika Teman Traveler sedang di Tretes dan ingin makan ayam goreng, silahkan datang ke Warung Ayam Goreng Cak San. Alamatnya di Jl. Foresta 13, Tretes (masuk gang depan Foresta Inn). Jam bukanya mulai dari jam 07.00 WIB – 20.00 WIB.

Harganya pun cukup murah, satu ekor ayam hanya Rp 60.000. Lauk pendampingnya tersedia terong, tempe, telur dadar, dan sambal terasi yang pedas dan nikmat. 

Lontong Kikil depan Hotel Surya

img_20190829_145934_TIL.jpg
Lontong Kikil via Instagram/@surabayafoodies

Salah satu makanan enak yang mungkin jarang ada yang tahu, ada lontong kikil ini dijual di belokan dekat pasar Tretes. Jam bukanya mulai dari jam 11 siang sampai habis. Harganya Rp 20.000 per porsi. Kikilnya empuk dan kenyal coco dipadukan dengan kuahnya tidak begitu kental tapi rasanya gurih. Lontong kikil ini sangat cocok dimakan dengan sambal dan perasan jeruk nipis. 

Warung Sudi Mampir

img_20190829_145909_5Tn.jpg
Klepon Warung Sudi Mampir via Instagram/@surabayafoodies

Setelah membahas banyak makanan berat di Tretes, kita beralih ke jajanan atau kue basah bernama klepon. Bahan utamanya terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau agar lebih menarik. Kamu bisa menemukan klepon ini di Warung Sudi Mampir, Jl. Raya Prigen No. 2, Pasuruan.

Jam bukanya mulai dari jam 8 pagi sampai habis. Harga per box berisi 25 klepon dengan harga Rp 30.000, sedangkan untuk yang berisi 50 klepon seharga Rp 60.000. Selain klepon, di sini juga menjual aneka menu masakan khas Jawa Timur seperti nasi rawon, nasi campur, dan sebagainya.

Jajanan Malam

img_20190906_055454_L9W.jpg
Jagung Bakar dan Angsle via Instagram/@jakulpandaan

Destinasi kuliner di malam hari sangat mudah ditemui di depan Hotel Surya. Di antaranya ada jagung bakar rasa pedas manis asin (utuh atau yang sudah diserut), minuman hangat (angsle, ronde, kacang kuah), sate kelinci, bakso, dan lain sebagainya. Semua jajanan ini dijual di pedagang kaki lima dengan harga yang relatif murah mulai dari Rp 7.000.

Itu dia sederet kuliner Tretes terfavorit yang bisa dicoba. Kamu pun bisa menyesuaikan isi perut dan isi kantong untuk mencobanya. Jadi kapan mau coba salah satunya? Next

ramadan

Tips Snorkeling untuk Pemula, Yuk Simak Teman Traveler

Ekspedisi ‘Tanah Jahanam’, Pompa Adrenalin ala Film Horor Joko Anwar