in , ,

Tips Snorkeling untuk Pemula, Yuk Simak Teman Traveler

Prinsip Dasar Snorkeling yang Wajib Diketahui Pemula

Adakah di antara Teman Traveler yang berniat mencoba sensasi snorkeling? Akitivitas ini memang sangat menggoda untuk dijajal, apalagi jika kalian tertarik menjelajah pesona alam bawah laut. Nah, berikut ini ada beberapa tips snorkeling untuk pemula yang bisa kalian praktekkan. Simak baik-baik agar petualangan bahari kalian tetap menyenangkan.

Baca juga : The Blooms Garden, Destinasi Wisata Baru di Bali

Pilih Perlengkapan Nyaman

Ilustrasi snorkeling via Unsplash

Pertama-tama Teman Traveler harus lebih dulu memilih perlengkapan nyaman untuk digunakan. Sebelum membeli atau menyewa, cobalah kenakan dulu. Rasakan apakah nyaman atau tidak saat digunakan.

Sebelum turun ke laut, pastikan Teman Traveler sudah coba memasang masker dengan benar. Hal ini penting untuk meminimalisir air yang masuk ke dalam masker.

Selain itu, Teman Traveler juga harus memeriksa pelampung yang akan digunakan. Pilihlah yang nyaman dan kenakan dengan benar. Jika masih bingung caranya, jangan sungkan meminta pertolongan guide atau instruktur.

Ingat, keselamatan adalah nomor satu. Jangan menyepelekan pemanasan sebelum snorkeling, apalagi untuk pemula. Hal ini penting untuk menghindari kram saat berada di dalam air.

Wajib Pakai Pelampung

miguel_a_amutio_efc_wvilrs4_unsplash_7Ho.jpg
Ilustrasi pelampung via Unsplash

Pelampung merupakan salah satu perlengkapan penting untuk menjaga keselamatan Teman Traveler saat snorkeling, apalagi jika kalian tidak bisa berenang. Pastikan bentuknya dan ukurannya benar-benar pas di badan.

Jika merasa terlalu longgar, jangan sungkan meminta bantuan guide di kapal. Jangan sampai dibiarkan karena hal ini akan membuat pelampung berisiko terlepas saat sedang asyik snorkeling. Pastikan semua peralatan terpasang dengan benar sebelum menceburkan diri ke laut.

Jangan Panik

tips snorkeling untuk pemula
Jangan panik begitu di dalam air via Unsplash

Bagi pemula, rasa panik adalah sesuatu yang wajar. Tapi perlu diingat, begitu sudah menceburkan diri ke laut, Teman Traveler harus pintar-pintar
mengendalikan emosi. Tenang, ingatlah bahwa kalian sudah mengenakan pelampung.

Rilekskan badan dan cobalah santai menikmati keindahan alam bawah laut. Jika Teman Traveler panik, tubuh justru akan terasa kaku dan cepat lelah. Hal ini justru akan membahayakan keselamatan kalian.

Perhatikan Kondisi Sekitar

tips snorkeling untuk pemula
Snorkeling berkelompok via Unsplash

Selalu ikuti instruksi guide selama snorkeling. Sebagai contoh, Teman Traveler mungkin akan selalu diingatkan untuk tidak merusak karang. Selain itu, perhatikan soal spot-spot yang dianjurkan. Terkadang ada beberapa titik yang harus dihindari karena berbahaya, karena ada sekumpulan bulu babi atau gelombang laut kencang misalnya.

Selanjutnya jangan lupa perhatikan kondisi sekitar. Jangan sampai terlena dengan suguhan alam bawah laut. Biasanya sebelum snorkeling guide akan mengingatkan agar tidak bergerak terlalu jauh dari kapal. Hal ini penting sekali, terutama untuk pemula. Akan lebih aman jika Teman Traveler melakukan snokeling secara berkelompok.

Itulah sekilas ulasan mengenai tips snorkeling untuk pemula. Bagaimana, adakah Teman Traveler yang berniat ingin mulai menjelajah keindahan bawah alam Indonesia? Mau ke Raja Ampat atau Karimun Jawa nih? Next

ramadan

Traveling Unyu ala Sandiaga Uno, Mesra Dengan Istri di Nami Island

kuliner tretes

9 Kuliner Tretes Terfavorit, Kelezatannya Bikin Nagih