in , ,

Mencicip 4 Kuliner Unik dari Palangkaraya

Palangkaraya punya sederet kuliner unik yang patut dicoba, bukan hanya dari bahan dasarnya tapi keunikannya juga berasal dari rasa yang diciptakan.

Kuliner unik Palangkaraya

Indonesia begitu kaya akan kulinernya yang beragam. Salah satunya yang unik dari Palangkaraya. Tak hanya unik karena bahan dasarnya, tapi juga rasa yang diciptakan. Kurang afdal kalau kamu ke Palangkaraya tapi nggak mencicipi kuliner-kuliner di bawah ini!

Baca juga : Deretan Resort di Bali yang Punya Kolam Renang Mirip Pantai, Bisa Main Pasir Seharian!

Keripik Kalakai

Kalakai adalah tanaman sejenis pakis yang digunakan sebagai bahan dasar keripik ini. Tanaman ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sangat baik untuk kesehatan. Seperti untuk menambah stamina hingga peremajaan kulit.

Keripik Kalakai
Foto via Helloindonesia.id

Tanaman kalakai yang sudah dibersihkan, dibalut adonan berbumbu kemudian digoreng. Keripik yang gurih dan renyah, cocok banget buat disantap sore hari bersama teh atau kopi.

Bangamat

Bukan hanya unik, kuliner dari Palangkaraya ini cukup ekstrem. Bahan dasarnya adalah kelelawar. Tapi bukan sembarang kelelawar yang bisa dijadikan makanan ini. Kelelawar pemakan buahlah yang hanya bisa dijadikan sebagai bahan dasar bangamat karena ukurannya yang lebih besar daripada kelelawar lainnya.

Kuliner unik Palangkaraya
Foto via Backpackerjakarta.com

Tentu saja kelelawar pemakan buah dibersihkan secara menyeluruh. Kemudian dimasak dengan bumbu berlimpah yang membuatnya begitu digandrungi.

Juhu Singkah Enyuh

Juhu Singkah Enyuh
Foto via Cookpad.com

Bukan berasal dari hewan yang ekstrem kok! Kuliner satu ini berasal dari bagian dalam pohon kelapa muda. Bagian itu dipilih kemudian dimasak dengan kuah berbumbu rempah melimpah. Teksturnya lembut, rasanya gurih dan sedikit manis.

Juhu Umbut Rotan

Jika juhu singkah enyuh terbuat dari pohon kelapa muda, juhu umbut rotan berbahan utama pucuk rotan. Bagian ini sangat muda dan lunak, maka itulah bisa digunakan untuk masakan satu ini.

Kuliner unik Palangkaraya
Foto via Instagram

Setelah dibersihkan dari duri di bagian luarnya, pucuk rotan dimasak dengan bumbu melimpah. Selain gurih dan segar, ada rasa pait yang terasa di masakan satu ini. Tapi justru rasa pahit itulah yang membuatnya spesial.

Itulah 4 kuliner unik dari Palangkaraya yang bisa banget kamu coba saat berada di sana. Mulai dari yang unik rasanya hingga unik bahan dasarnya. Kuliner mana nih yang paling bikin kamu penasaran? Next

ramadan
Malang Skyland

Malang Skyland, Perpaduan Wisata Modern dan Menyatu dengan Alam

Tempat Sarapan di Malang

Ala Singapura sampai Barat, Ini 4 Tempat Sarapan Enak di Malang