in ,

5 Kuliner Wajib saat Perayaan Imlek, Nikmati Hidangan Lezat Bertabur Makna Filosofis

Rayakan harmoni kebersamaan dengan sajian lezat

Perayaan Imlek biasanya identik dengan aneka tradisi dan budayanya yang unik, termasuk makanan yang dihidangkan. Berikut 5 kuliner wajib saat Perayaan Imlek yang punya makna filosofis dan tradisi kental.

Baca juga : Deretan Hotel Berfasilitas Hot Spring, Bisa Berendam Sepuasnya

1. Yu Sheng

Image may contain: people sitting, table and food
Yu Sheng via Instagram/foodie_travel_hk

Hidangan ini berupa salad ikan segar, biasanya tuna atau salmon, yang ditambah irisan sayuran segar, misalnya lobak dan wortel. Nantinya ikan tersebut direndam kombinasi minyak goreng, minyak wijen, dan merica, kemudian diaduk dengan saus khusus berbahan dasar buah prem, gula pasir, dan kayu manis.

Menurut tradisi, ikan dan sayuran bakal diaduk dengan saus sambil diangkat tinggi-tinggi bersama seluruh anggota keluarga. Hal ini dipercaya sebagai tingkat peruntungan pada tahun baru yang semakin baik. Kebiasaan ini disebut sebagai ‘lo hei‘.

2. Eight Treasure Soup

Image may contain: food
Eight Treasure Soup via Instagram/orientalbowl.my

Sup ini menggunakan 8 bahan dasar tradisional yang biasa dipakai masyarakat Tionghoa. Bahan tersebut antara lain teripang, jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginko, serta biji lotus.

Harapannya, siapapun yang memakannya bakal dianugerahi kesehatan yang prima di tahun mendatang. Hal tersebut mengingat bahan-bahan tersebut dipercaya menambah stamina dan energi positif bagi tubuh.

3. Aneka Mie

Image may contain: food and indoor
Hidangan mie lezat via Instagram/surlatable

Nah, hidangan ini termasuk kuliner wajib saat Perayaan Imlek. Hal tersebut terjadi karena mie melambangkan usia yang panjang. Salah satu jenis mie yang dibuat saat hari syukur ini adalah ‘Sie Mie’. Hidangan ini mempunyai struktur yang kenyal, rasa yang gurih, dan ukuran yang lebih panjang dari mie pada umumnya. Harapannya, siapapun yang memakan ini dikaruniai umur yang panjang, kesehatan, serta kebahagiaan.

4. Aneka Ikan

Image may contain: food, kuliner wajib saat perayaan imlek
Dumpling Connection via Instagram/dumplingconnection

Dalam tradisi Tionghoa, ikan dikenal sebagai lambang keberuntungan dan kelancaran pekerjaan/usaha/studi yang harus dikonsumsi di tahun baru. Tingkat ke-hoki-an bakal semakin tinggi jika ikan yang disajikan utuh dari atas sampai bawah. Biasanya, ikan yang disajikan berupa bandeng atau ikan khas yang ditemukan di daerah setempat.

5. Ayam Kodok

Image may contain: food, kuliner wajib saat perayaan imlek
Ayam kodok via Instagram/momswhocook

Nah, kalau hidangan yang satu ini juga paling ditunggu-tunggu. Prosesnya sendiri diawali dari pengambilan tulang ayam hingga tak bersisa satupun. Lalu, daging ayam dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas beserta daging hewan lainnya, seperti sapi dan babi.

Nah saat sudah matang, sajian ini bakal mengembang besar dan berbentuk menyerupai kodok. Ayam kodok umumnya ditemani oleh saus khas, rebusan wortel, buncis, hingga kacang polong. Makanan ini dipercaya membawa kebahagiaan dan keberuntungan bagi yang memakannya.

Itulah tadi deretan kuliner wajib saat Perayaan Imlek. Selain terasa lezat, makna dan nilai budaya yang terkandung di dalamnya sangat kental, loh! Next

ramadan

5 Vihara Bersejarah di Jakarta, Cocok Dikunjungi Saat Liburan Imlek

Mengenal Scuba Diving, Wisata di Samudera Sambil Olahraga